c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

KULTURA

23 September 2021

20:30 WIB

Impossible Foods Bikin 'Daging Babi' Berbahan Tumbuhan, Halalkah?

Dengan bahan dasarnya itu, 'daging babi' buatan Impossible Foods diklaim halal untuk dimakan umat muslim

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

Impossible Foods Bikin 'Daging Babi' Berbahan Tumbuhan, Halalkah?
Impossible Foods Bikin 'Daging Babi' Berbahan Tumbuhan, Halalkah?
Ilustrasi daging. Pixabay/Michaelvave

JAKARTA – Perusahaan yang berfokus pada pengembangan makanan, Impossible Foods, kembali meluncurkan sebuah produk terbarunya, yaitu daging babi yang 100% terbuat dari bahan dasar tanaman atau plant-based.
 
Dengan bahan dasarnya itu, 'daging babi' buatan Impossible Foods diklaim halal untuk dimakan umat muslim. Meski dalam pengelolaannya menjadi menu makanan akan sangat tergantung restoran yang menyajikan.

Selain didesain halal, perusahaan asal California itu juga menjelaskan bahwa daging babi yang diberi nama 'Impossible Pork' tersebut, dijamin lebih ramah lingkungan atau berkelanjutan daripada daging babi giling asli yang ada di pasaran saat ini.

Hal itu terjadi karena Impossible Pork diproduksi dengan menggunakan air hingga 85% lebih sedikit dan lahan sebanyak 82% lebih sedikit, daripada yang dibutuhkan untuk produksi daging babi pada umumnya. 

Jadi membuat Impossible Pork secara langsung bisa mengurangi pembuangan emisi gas rumah kaca hingga mencapai 77% lebih sedikit juga.

Dari segi kesehatan Impossible Foods juga mengklaim bahwa 'daging babi' berbahan dasar tanaman buatan mereka, memiliki lebih sedikit kalori, lebih sedikit lemak, dan lebih banyak zat besi daripada daging babi giling 70/30 USDA (United States Department of Agriculture).

Di mana dalam kandungannya Impossible Pork bebas gluten dan tidak mengandung hormon hewani atau antibiotik. 

Impossible Pork juga mengandung 16 gram protein, 3mg zat besi, 0mg kolesterol, 13g lemak total, 7g lemak jenuh dan 220 kalori dalam porsi empat ons. Pada saat daging babi asli memiliki 17g protein, 1mg zat besi, 86mg kolesterol, total 32g lemak, 11g lemak jenuh dan 350 kalori dalam ukuran porsi yang sama.

Secara rasa, sudah diuji dalam pameran teknologi Consumer Technology Association (CES) 2020 lalu, bahwa Impossible Pork benar-benar memiliki rasa yang serupa dengan daging babi asli.

Dan untuk saat ini sendiri, Impossible Pork sudah bisa dinikmati kehadirannya di Momofuku Ssäm Bar milik Chef David Chang di Manhattan New York. Mulai hari kamis (23/9), dalam sajian kue beras pedasatau spicy rice cakes.

Baru selanjutnya mulai tanggal 4 Oktober mendatang, lebih dari 100 restoran di Hong Kong juga akan menawarkan hidangan menggunakan bahan dasar Impossible Pork tersebut. Kemudian menyusul hadir di sejumlah menu restoran di Singapura pada beberapa minggu setelahnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER