Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

PARIWISATA

22 Juli 2021|11:07 WIB

Hangatnya Wedang Tahu, Minuman Legendaris Khas Semarang

Konon berasal dari China, yang dibawa masuk ke Semarang pada abad 19

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageMinuman Wedang Tahu. Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA – Mendengar kata tahu, pasti yang terlintas pertama adalah sebuah kudapan sederhana yang biasanya dinikmati dengan cara digoreng atau dibacem. Namun di Semarang, Jawa Tengah, ada sebuah kudapan berbahan dasar tahu yang disuguhkan menjadi sebuah minuman.

Ya, kuliner tersebut adalah wedang tahu khas Kota Semarang, yang belakangan ini tergolong sulit ditemui. Menurut cerita, minuman wedang tahu ini pertama kali masuk ke Pulau Jawa pada abad ke-19. Dibawa oleh seorang imigran dari negeri tirai bambu, yang tinggal di sekitaran Kota Semarang.

Adapun bahan yang biasanya disajikan adalah tahu yang terbuat dari susu kedelai, yang dicampur dengan garam dan bubuk agar-agar sehingga menjadi kembang tahu yang kenyal. 

Untuk kuahnya sendiri, menggunakan air rebusan jahe yang sudah diolah dan dicampur sedikit gula.

Sementara itu, untuk membuat kuah jahe, gula merah, gula pasir, daun pandan, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan garam direbus hingga gula larut dan wangi kemudian disaring agar tidak ada rempah yang tertinggal.

Sekilas, kuah wedang tahu memang mirip dengan wedang ronde. Hal yang membedakan, kalau wedang ronde memiliki beberapa kondimen tambahan seperti roti, kacang, dan mutiara. Sementara wedang tahu hanya ada tahu sebagai poin utama dalam hidangan.

Dahulu, wedang tahu dijual dengan cara dipikul dan dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Hal yang membuat khas, para penjual menggunakan benda yang bisa berbunyi nyaring dan dipukul dengan kayu untuk menarik perhatian pembeli.

Untuk penyajiannya, kembang tahu disendoki tipis-tipis dan diletakkan di mangkuk serta dituangi kuah jahe. Hidangan ini disajikan dalam keadaan hangat. Banyak yang percaya wedang tahu berkhasiat bisa menghangatkan tubuh dan oleh karenanya sangat cocok pada musim penghujan.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER