Selamat

Selasa, 5 Juli 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

23 Mei 2022

12:00 WIB

Gunung Munara, Tak Terlalu Tinggi Tapi Bikin Senang Hati

Gunung yang tak begitu tinggi ini mungkin tak begitu mengintimidasi, tapi jangan salah, di balik kekerdilannya ternyata treknya cukup menantang.

Penulis: Gema Bayu Samudra,

Editor: Rendi Widodo

Gunung Munara, Tak Terlalu Tinggi Tapi Bikin Senang Hati
Perspektif dari puncak Gunung Munara, Rumpin, Bogor. Shutterstock

JAKARTA - Bogor memang selalu punya cerita yang menarik tentang wisatanya. Topografinya yang didominasi dengan  bukit dan pegunungan membuat Bogor begitu kaya akan wisata pegunungan, mulai dari gunung tinggi hingga ke gunung-gunung setengah bukit seperti Gunung Munara yang ada di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Gunung yang tak begitu tinggi ini mungkin tak begitu mengintimidasi, tapi jangan salah, di balik kekerdilannya ternyata trek yang menantang akan membuat keringat kalian bercucuran selama pendakian.

Walau tingginya hanya 367 mdpl, namun medan perjalanan yang ditawarkan sangat tidak biasa.

Perjalanan dimulai dengan melewati rumah penduduk sekitar, menyeberangi sungai dengan menggunakan jembatan, lalu melewati perkebunan penduduk sekitar.

Di awal perjalanan, kita masih bisa menemukan banyak warga sekitar yang melakukan kegiatan mereka sehari-hari, mengambil kayu bakar di hutan dan mengurus perkebunan.

Melihat pemandangan ini tentunya pengunjung harus tetap sopan, membaur, dan menyapa warga sekitar.

Setelah 15 menit perjalanan, barulah tanpa sadar tak ada lagi warga yang terlihat dan medan pendakian mulai menanjak.

Medan yang berliku di gunung ini banyak dihiasi batu-batuan besar yang membuat kalian harus mengambil langkah-langkah lebar dalam melaluinya.

Tentunya, kegiatan ini memerlukan tenaga ekstra. Maka dari itu, kesiapan fisik dari rumah begitu penting untuk melakukan pendakian di Gunung Munara.

Tak hanya fisik, kalian juga harus menyiapkan logistik lain seperti minuman dan makanan kecil pribadi, siapa tahu kalian tidak cocok dengan makanan-makanan warung yang tersedia.

Penggunaan peralatan hiking agak serius seperti sepatu gunung pun cukup dianjurkan. Hal ini untuk menghindari terpeleset atau licin selama mendaki.

Beristirahat dan menikmati keindahan jalur Gunung Munara dengan tempat yang lebih nyaman bisa dilakukan selama perjalanan.

Ada warga sekitar yang membuka warung di tengah-tengah perjalanan menuju puncak atau sekitar 40 menit mulai dari awal pendakian. Warung ini menyediakan makanan dan minuman, mulai dari kopi, susu, mi, dan segala jenis gorengan dengan harga yang murah meriah.

Setelah beristirahat, perjalanan yang dibutuhkan dari warung ini sekitar 1-1,5 jam hingga puncak. Pendakian dilanjutkan dengan medan yang tentunya semakin curam menjelang puncak.

Namun, jangan takut, semua lelah kalian akan terbayar lunas sesampainya di puncak karena indahnya tanah Rumpin, Bogor terlihat jelas dari sana.

Puncak Gunung Munara terdiri dari batuan yang besar, batuan ini bisa dinaiki namun sangatlah curam.

Cuaca yang sejuk di puncak pun akan mendinginkan tubuh kalian yang tentunya telah bercucuran keringat.

Sensasi ingin berlama-lama di puncak pun merupakan hal yang wajar karena keindahan pemandangan yang ditawarkan sangat membuat betah.

Setelah menikmati Gunung Munara dari ketinggian, saat turun gunung, biasanya pendaki bertemu dengan segerombolan monyet. Satwa liar ini keluar di saat sore ketika pendaki turun gunung.

Walaupun mereka akan mengganggu, kita tetap tidak boleh mengusik monyet-monyet tersebut dan tetap tenang. Anggaplah sebagai bagian dari kedekatan kalian dengan alam liar Rumpin.

Tertarik mendaki Gunung Munara?




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

Huawei Rilis Varian Nova 10 Series

Menteri Basuki Ingatkan Aspek Konstruksi Proyek Tol Semarang-Demak

Presiden Ingatkan Rakyat Awasi Kinerja Polri

BKKBN Fokus Tekan Angka Stunting Indonesia Dengan Kolaborasi

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor

Emas Antam Mentok Di Level Rp989.000/gram

Jam Malam Anak Efektif Di Yogyakarta

Legenda Bob Tutupoly Tutup Usia