Selamat

Sabtu, 16 Oktober 2021

14 Oktober 2021|20:00 WIB

Google Assistant Rayakan Ulang Tahunnya Yang Ke-5

Google Assistant menyatukan semua teknologi yang telah dibangun oleh Google selama bertahun-tahun

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi ulang tahun Google Assistant. Dok. Google

JAKARTA – Google rayakan ulang tahun Google Assistant yang ke-lima. Pertama kali diluncurkan pada 2016 lalu, Google Assistant telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia. 

Google Assistant telah membantu menjawab miliaran pertanyaan, mengirimkan jutaan pesan, membuat jutaan resep, mengatur miliaran pengingat, dan masih banyak lagi, hanya mengandalkan suara pengguna.

Awalnya, Google Assistant hanya menawarkan dua suara yang tersedia di speaker Google Home dan ponsel Pixel. Namun sekarang, setelah tersedia di lebih dari 90 negara dan hampir 30 bahasa, Google Assistant menawarkan 10 suara yang bisa dipilih untuk bekerja dengan lebih dari 100 juta perangkat rumah pintar, termasuk lampu, sistem keamanan, dan termostat.

Google Assistant menyatukan semua teknologi yang telah dibangun oleh Google selama bertahun-tahun. Mulai dari Grafik Pengetahuan hingga Pemrosesan Bahasa Alami. Salah satu terobosan terbaru mereka adalah ketika menerapkan BERT atau Bidirectional Encoder Representations from Transformers. 

Lewat teknologi ini, Google Assistant dapat memahami konteks dan dialog yang lebih panjang dan memungkinkan pengguna melakukan percakapan bolak-balik dengan Google Assistant secara alami.

"Kami pertama kali menemukan teknologi ini di 2018 dan membawakannya ke Search agar membuatnya bisa memproses kata yang berhubungan dengan semua kata lainnya dalam satu kalimat, ketimbang harus satu per satu. Karena perkembangan teknologi ini, Google Assistant sekarang dapat merespons hampir 100% akurat pada alarm dan pengingat," kata Yuri Purinsky Director Product Management Google dikutip dari laman resminya.

Google Assistant saat ini telah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Seperti seorang asisten, Google Assistant dapat mengerjakan berbagai tugas dengan perintah suara. Mulai dari membuat janji, menemukan lokasi, memberikan informasi, membantu menemukan resep, dan masih banyak lagi.

Dalam versi terbarunya, Google Assistant diketahui dapat membantu saat seseorang sedang menyetir. Hanya dengan mengatakan 'Hey Google, let's drive', Google Assistant dapat membantu pengguna bernavigasi dengan tampilan mode mengemudi. 

Tampilan mode mengemudi ini tentunya akan sangat memudahkan agar pengguna dapat fokus di jalanan tanpa terlalu sering menoleh ke layar handphone untuk mencari jalan.

Meski begitu, pengalaman mengemudi bersama Google Assistant ini masih baru dirilis dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, dan Italia. Negara-negara yang masih mengaksesnya pun baru Amerika Serikat, Australia, Kanada, Irlandia, India, Singapura, Inggris, Jerman, Spanyol, Meksiko, Prancis, dan Italia.

Ke depannya, mereka akan berupaya agar fitur ini dapat dirasakan oleh pengguna Google Assistant di negara lain. Baru-baru ini Google Assistant juga bekerja sama dengan Honda untuk membangun sistem Google di dalam kendaraan tersebut. 

Pengguna nantinya tidak perlu repot membuka atau membutuhkan handphone jika ingin mengakses Google Maps, Google Assistant, atau Google Play. Setelah Honda, mereka menargetkan perusahaan lainnya seperti Ford, General Motors, Polestar, Renault, dan Volvo Cars untuk bekerjasama di masa depan.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER