Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

SENI & BUDAYA

19 Juli 2021|14:58 WIB

Film-film Tentang Perjalanan Waktu

Ada cerita yang masuk akal, ada pula yang sepertinya mustahil terjadi

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi perjalanan waktu. Shutterstock/dok

JAKARTA – Menurut astrofisikawan dari Ohio State University, Paul Sutter, manusia bisa melakukan perjalanan waktu. Karena menurutnya perjalanan waktu berkaitan dengan teori relativitas yang dibuat oleh Albert Einstein. 

Meski begitu, perjalanan waktu hanya bisa dilakukan ke masa depan, bukan ke masa lalu. Sebab hal itu bertentangan dengan aturan fisika, walaupun ada beberapa skenario yang memungkinkan seseorang untuk pergi ke masa lalu. 

Ini tentunya banyak menginspirasi para pembuat film untuk menciptakan karya yang berkisah tentang perjalanan waktu. Ada cerita yang masuk akal, ada pula yang sepertinya mustahil terjadi di dunia nyata. Dikutip dari berbagai sumber, berikut film-film tentang perjalanan waktu.

Interstellar (2014)
Interstellar merupakan film arahan sutradara Christopher Nolan yang menceritakan Bumi, sebagai tempat yang sudah tidak layak dihuni. Mereka pun mencoba untuk mencari planet baru dengan harapan bisa menjadi rumah baru bagi umat manusia. 

Film ini memasukkan perjalanan waktu, di mana para tokoh masuk ke dalam lubang cacing yang mengantarkan mereka ke dunia lain, yang memiliki perbedaan waktu yang sangat signifikan dengan Bumi, sehingga mereka seperti berada di masa depan. Belum lagi salah satu tokohnya, yang masuk ke dalam lubang hitam dan mengantarkannya ke masa lalu. 

Meski film ini mendapat banyak pujian atas penggambaran fakta pada beberapa topik sains, tetapi peneliti masih meragukan mengenai perjalanan waktu yang mereka lakukan di lubang cacing dan lubang hitam. Sebab hingga saat ini lubang cacing belum pernah ditemukan dan belum ada orang yang pernah masuk dan meneliti ke dalam lubang hitam.

Predestination (2014)
Film ini merupakan adaptasi dari cerita fiksi sains 'All You Zombies' karya Robert A. Heinlein. Film ini berkisah mengenai seorang penulis androgini yang dikenal dengan nama "Unmarried Mother" dan seseorang yang melakukan perjalanan waktu "The Barkeep". 

Keduanya ternyata saling berhubungan satu sama lain dengan cara yang tidak biasa, yang melibatkan perjalanan waktu. Dalam film ini, mereka diketahui menggunakan prinsip konsistensi diri Novikov yang dikembangkan oleh fisikawan asal Russia Igor Dmitriyevich Novikov pada pertengahan 1980-an. 

Prinsip ini menyatakan bahwa segala kejadian yang bisa menyebabkan paradoks atau perubahan di masa lalu, tidak memiliki kemungkinan sama sekali. Film ini mempunyai alur yang menarik meskipun sedikit membingungkan dan tidak bisa ditebak.

Looper (2012)
Looper merupakan film lain yang mengusung konsep perjalanan waktu. Ceritanya mengenai seorang pemuda yang bekerja untuk sebuah perusahaan mafia.

Ia bekerja sebagai looper, yang tugasnya membunuh para penjahat yang dikirim dari masa depan. Kemudian ia mengetahui kalau target berikutnya adalah dirinya sendiri di masa depan. 

Dikutip dari Screenrant, perjalanan waktu yang ada di film ini kurang logis dan tidak tepat. Seorang fisikawan Nicolas Gisin mengatakan, masa lalu atau sekarang tidak ada karena waktu tidak memiliki koneksi fisik terhadap realita. Sehingga berpindah-pindah waktu seperti yang ada di film Looper mustahil untuk dilakukan.

The Lake House (2006)
Film yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan Keanu Reeves ini memang termasuk sebagai film romantis, namun mereka juga mengusung konsep perjalanan waktu. Di mana keduanya tinggal di rumah yang sama, namun terpisah jarak dua tahun. Mereka pun berhubungan melalui kotak surat yang ada di depan rumah itu. 

Meskipun filmnya sangat menenangkan dan bagus, bahkan digadang sebagai salah satu film paling romantis, namun konsep perjalanan waktu yang ada di film itu kurang masuk akal. Sebab keduanya dapat berhubungan melalui surat yang diletakkan di dalam kotak surat 'ajaib' itu.

Back to the Future (1985)
Back to the Future merupakan film tentang seorang remaja yang tinggal di California, AS. Ia tidak sengaja melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, dari tahun 1985 ke tahun 1955. Ia bertemu orang tuanya yang kala itu masih sekolah dan disukai oleh ibunya. 

Pemuda ini pun harus memperbaiki kerusakan sejarah dengan membuat orang tuanya jatuh cinta sambil mencari cara kembali ke masa depan. 

Film ini menjadi salah satu film fiksi sains terhebat sepanjang masa. Sayangnya, teori mengenai perjalanan waktu ke masa lalu mustahil untuk dilakukan karena membutuhkan massa yang negatif dan silinder panjang yang berotasi tidak terbatas yang masih mustahil untuk dilakukan.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA