c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

23 September 2021

19:31 WIB

Deretan Tablet Keren Yang Dirilis Di Surface Event 2021

Ada Surface Pro 8 yang menawarkan update yang signifikan berbeda dari jajaran Surface Pro sebelumnya

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

Deretan Tablet Keren Yang Dirilis Di Surface Event 2021
Deretan Tablet Keren Yang Dirilis Di Surface Event 2021
Keluarga komputer tablet Surface Microsoft. Dok. Microsoft.com

JAKARTA - Microsoft baru saja mengelar acara bertajuk Surface Event, untuk meluncurkan sederet perangkat komputer tablet terbaru mereka, Rabu waktu Amerika Serikat, (22/9).

Sederet perangkat komputer tablet Microsoft, yang semuanya masih mengusung nama Surface tersebut, hadir dengan sejumlah pembaruan (update) dibandingkan perangkat pendahulunya. Di antaranya lewat kehadiran Surface Duo 2 dan Surface Pro 8,  yang menjadi dua perangkat komputer tablet unggulan dari perusahaan milik Bill Gates tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Validnews rangkumkam deretan komputer tablet Microsoft Surface terbaru yang diluncurkan dalam acara bertajuk Surface Event 2021.

Surface Duo 2
Di saat sejumlah perusahaan sedang marak melirik parangkat ponsel lipat atau berlayar ganda, Microsoft tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan perangkat terbarunya Surface Duo 2.

Surface Duo 2 memang merupakan sebuat komputer tablet, alih-alih ponsel. Namun, dalam versi kedua dari tablet berlayar ganda yang bisa dilipat ini, Microsoft menghadirkan pembaruan besar-besaran yang membuat komputer tabletnya ini tidak kalah dari sebuah ponsel lipat.

Terutama, dengan adanya sistem tiga kamera di bagian belakang Surface Duo 2. Dengan cakupan satu lensa telefoto dan dua lensa sudut lebar (wide), yang membuatnya tampil beda dengan kebanyakan komputer tablet yang ada di pasaran.

Selain itu dengan dukungan jaringan 5G, ada juga kehadiran Glance Bar, yang bisa menampilkan notifikasi, penunjuk waktu, sisa baterai dan hal lainnya, ketika Surface Duo 2 ditutup.

Surface Pro 8
Produk unggulan berikutnya Microsoft adalah Surface Pro 8. Yang kehadirannya benar-benar menawarkan sesuatu hal baru yang signifikan berbeda dari jajaran Surface Pro sebelumnya.

Dari segi desain, perubahan sudah sangat terlihat. Saat ini Surface Pro 8 hadir dengan bezel yang sangat tipis, di samping layar sentuh 13 inci yang lebih besar. Dan sudah mengusung PixelSense dengan kecepatan refresh 120Hz.

Dalam hal kecepatan pun demikian. Surface Pro 8 akan semakin memanjakan penggunanya dengan tersematnya berkat prosesor generasi ke-11 terbaru Intel. Dan juga berkat dukungan Thunderbolt 4, yang akhirnya hadir setelah lama dinantikan.

Bersamaan dengan kemunculan Surface Pro 8, Microsoft juga mengumumkan hadirnya Slim Pen 2. Stylus Pen terbaru yang memiliki dukungan motor haptic, yang diklaim Microsoft membuatnya terasa seperti meletakkan pena di atas kertas (daripada kaca) ketika digunakan.

Ada juga dukungan aksesori baru lainnya, Surface Adaptive Kit. Yaitu penggabungan koleksi add-on yang memudahkan untuk menemukan kunci tertentu, menemukan port, dan membuka laptop atau penyangganya.

Surface Pro X
Masih dari jajaran Surface Pro, ada juga kehadiran Surface Pro X, yang disebut Microsoft sebagai versi termurah dari Surface Pro.

Sayangnya, kehadiran Surface Pro ini menghadirkan pandangan negatif dari sejumlah pihak. Setelah Surface Pro X kini mengusung ARM, yang membuatnya tak bisa dipakai menggunakan konektivitas seluler.

Dengan dukungan ARM, Surface Pro X juga sudah menggunakan Windows 11, yang baru dalam beberapa minggu kedepan meluncur ke pasaran.

Termasuk adanya versi terbaru Office yang dioptimalkan dengan dukungan untuk add-in 64-bit dan dukungan penuh untuk emulasi x86 dan x64. Serta baterai, yang diyakini akan lebih tahan lama dibanding dnegan Surface Pro yang mengusung konektivitas seluler.

Surface Go 3
Tak ketinggalan, Microsoft juga menghadirkan perangkat terbarunya dari versi Surface terkecil, Surface Go 3, yang juga hadir dengan sejumlah pembaruan.

Dengan embel-embel 2-in-1 di belakangnya, Surface Go 3 yang baru ini menggunakan prosesor yang lebih cepat dari Intel. Yaitu CPU Pentium Gold 6500 Y dalam model paling dasar. Lebih baik dari Surface Go yang hanya menggunakan prosesor Pentium Gold 4425Y.

Sementara, dalam varian atau model yang lebih mahal, Surface Go3 sudah menggunakan CPU Core i3 generasi ke-10. Dengan kecepatan 60 persen lebih cepat dari Core m3 yang sebelumnya ditawarkan dengan Go 2.

Surface Laptop Studio
Terakhir yang tidak kalah menarik, Microsoft juga menghadirkan anggota keluarga terbaru dari keluarga Microsoft Surface, yaitu Surface Laptop Studio.

Berbeda dengan Surface lainnya yang juga mengusung konsep 2-in-1, Surface Laptop Studio hadir dengan layar yang tidak bisa dilepas pasang dari keyboard.

Sebagai gantinya, Surface Laptop Studio memiliki bagian panel layar yang dilengkapi dengan tambahan engsel. Sehingga memungkinkan layarnya terlipat penuh menjadi tablet. Atau, bisa dimiringkan ke depan keyboard.

Dari segi spesifikasi, komputer tablet berlayar sentuh PixelSense Flow 14.4 inci ini sudah ditenagai prosesor Intel Core i5 atau Intel Core i7 dari keluarga Intel Core Generasi ke-11.

Tambahan opsi kartu grafis juga disediakan dengan Intel Iris Xe atau dengan Nvidia GeForce RTX 3050 Ti. Agar lebih bertenaga, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Selain itu dengan rasio aspek layar 3:2, Surface Laptop Studio juga sudah bisa menampilkan resolusi 2400 x 1600 pixel dan mendukung refresh rate 120 Hz, sehingga terhitung bagus di kelasnya. 

Terlebih Surface Laptop Studio juga hadir dengan bezel layar yang sangat tipis, namun tidak menghilangkan keberadaan kamera depan dengan fitur Windows Hello lengkap dengan mikrofon Studio ganda.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER