Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

GAYA HIDUP

11 Juni 2021|11:14 WIB

Deretan Rekor Individu Yang Bisa Terpecahkan Pada Euro 2020

Mulai dari pemain termuda hingga pencetak gol terbanyak

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi EURO 2020. Sumberfoto : Shutterstock/dok

JAKARTA – Seperti banyak turnamen lainnya, catatan rekor selalu menjadi hal yang menarik. Bahkan jika dibandingkan gelar juara itu sendiri. 

Pada Euro misalnya, banyak rekor yang masih belum terpecahkan selama puluhan tahun. Baik itu rekor secara tim, maupun torehan rekor individu.

Bisa jadi gelaran Euro 2020 yang mulai berlangsung pada akhir pekan ini akan penuh dengan kejutan. Mungkin saja rekor-rekor yang ada, bakal terpecahkan di tahun ini. 

Terkait rekor individu pemain, setidaknya ada empat rekor menarik yang bisa terpecahkan pada Euro 2020 nantinya. Mulai dari rekor pemain termuda, hingga rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah gelaran Euro.

Hadirnya sejumlah nama pemain bintang pada Euro 2020 nanti, membuat deretan rekor yang sudah lama bertahan, terancam direbut dalam catatan yang lebih baik. Apa saja rekor yang bisa terpecahkan itu? Berikut Validnews merangkumkan.

Pemain Termuda di Euro
Dimasukkannya Jude Bellingham ke dalam skuat Timnas Inggris oleh pelatih Gareth Southgate, membuat catatan rekor pemain termuda yang tampil di ajang Euro, berpotensi terpecahkan.

Rekor pemain termuda di Euro saat ini masih dipegang oleh pemain asal Belanda, Jetro Willems. Yang pada usia 18 tahun dan 71 hari, tampil tiga kali untuk Tim Oranye pada Euro 2012.

Baru akan berulang tahun ke-18 di tanggal 29 Juni, Bellingham otomatis bisa mengalahkan catatan rekor Willems, sekalipun nantinya dia tak langsung dimainkan Timnas Inggris sejak menit pertama.

Kalaupun nantinya Bellingham baru bermain di laga pamungkas Euro 2020, andai Timnas Inggris berhasil masuk ke final di tanggal 11 Juli, pemain asal Borussia Dortmund itu masih akan tetap bisa merebut catatan pemain termuda yang tampil di Euro. Dalam catatan usia 18 tahun 12 hari.

Dengan kualitas yang ditunjukkannya musim ini bersama Dortmund, besar kemungkinan Bellingham akan mendapatkan kesempatan bermain pada Euro 2020 nanti. 

Namun untuk bisa merebut catatan rekor ini, dirinya tak sendiri. Sebab, masih ada gelandang muda Timnas Polandia, Kacper Kozlowski dari Polandia, yang bahkan lebih muda darinya 109 hari.

Pencetak Gol Termuda
Selain catatan pemain termuda, Jude Bellingham dan Kacper Kozlowski juga berpeluang memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro.

Rekor itu bisa mereka rebut dari kaki pemain asal Swiss, Johan Vonlanthen, yang sukses mencetak satu gol ke gawang Prancis di ajang Euro 2004 silam. Saat itu Vonlanthen mencatak gol pada tanggal 21 Juni 2004, dalam usia 18 tahun 141 hari.

Menariknya, keberhasilan Vonlanthen memegang rekor tersebut kini, dilakukan dengan merebut catatan pemain muda asal Inggris kala itu, Wayne Rooney, yang melesatkan gol ke gawang Swiss pada tanggal 17 Juni. Atau empat hari sebelum akhirnya Vonlanthen mencetak gol ke gawang Prancis.

Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Euro
 Mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo juga berpeluang memecahkan catatan rekor pada ajang Euro 2020 nanti. Salah satunya rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan Eropa tersebut.

Saat ini Ronaldo yang telah tampil di empat ajang Euro sebelumnya, memang telah berada di daftar teratas sebagai pemain dengan torehan gol terbanyak di kompetisi antarnegara Eropa ini. Namun dirinya masih harus bersanding bersama dengan legenda Prancis, Michael Platini, dengan torehan sama, sembilan gol.

Dengan statusnya yang masih akan tampil pada Euro 2020 nanti, saat Platini sudah lama pensiun, Ronaldo jelas berpeluang besar untuk melaju seorang diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Euro. Kendati nantinya hanya bisa menorehkan satu gol sepanjang turnamen kali ini.

Meski begitu, sebenarnya Ronaldo bukan satu-satunya yang memiliki peluang untuk merebut rekor pencetak gol terbanyak Euro. Sebab ada juga penyerang Prancis, Antoine Griezmann, yang saat ini memiliki enam gol di Euro. 

Mencetak minimal 4 gol, dan pada saat yang sama Ronaldo sama sekali tak mencetak gol, maka dipastikan rekor tersebut akan jatuh ke kaki Griezmann.

Jumlah Gol Terbanyak
Masih berkaitan dengan jumlah gol, Ronaldo, Griezmann dan beberapa pemain lainnya juga berpeluang memecahkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu gelaran turnamen, pada Euro 2020 nanti.

Sebab, hingga saat ini, belum ada satupun pemain yang bisa merebut catatan jumlah gol terbanyak di satu turnamen, yang ditorehkan Michael Platini di Euro 1984. Saat itu, kapten Timnas Prancis tersebut mencetak total sembilan gol hanya dalam lima pertandingan, untuk juga membawa Prancis keluar sebagai juara di tahun itu.

Sejauh ini sendiri baru ada Antoin Griezmann yang bisa mendekati. Ketika dirinya bisa mencetak total enam gol pada Euro 2016. Dan melihat jumlah peserta dan pertandingan yang akan jauh lebih banyak (maksimal satu tim bisa menjalani tujuh pertandingan), peluang untuk terpecahkannya rekor Platini itu jelas akan sangat terbuka di Euro 2020 ini.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA