01 Agustus 2022
19:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA - Sukses menjadi media sosial paling digandrungi saat ini, TikTok dilaporkan akan melebarkan sayapnya menjadi sebuah platform musik. Hal itu diketahui setelah terungkapnya aplikasi merek dagang yang diajukan perusahaan induk TikTok, ByteDance, ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.
Dalam laporan yang terungkap, pengajuan tersebut sudah dilakukan ByteDance pada tanggal 13 Mei 2022 lalu. Dengan nama "TikTok Music", pengajuan tersebut menunjukkan bahwa merek dagang tersebut dapat diterapkan ke aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna untuk membeli, memutar, berbagi, dan mengunduh musik.
Berdasarkan pengajuan tersebut, maka kemungkinan TikTok akan membuat platform musiknya sendiri, berbeda dari platform media sosial TikTok yang ada saat ini. Sebab meskipun TikTok kerap mendorong berbagai lagu ini menjadi populer lewat platform media sosialnya, TikTok tidak memiliki platform streaming musik sendiri secara umum di semua negara.
Saat ini, pengguna TikTok masih harus beralih ke platform musik seperti Spotify dan Apple Music, untuk bisa mendengarkan sebuah lagu, yang potongannya mereka dengarkan lebih dulu di platform TikTok.
ByteDance sebenarnya telah mengoperasikan layanan streaming musik bernama Resso. Namun itu hanya ada di India, Brasil, dan Indonesia serta secara popularitas juga masih tertinggal dari Spotify dan Apple Music.
Dikutip dari Techcrunch, seorang mantan karyawan ByteDance mengungkapkan bahwa ByteDance memang telah mempertimbangkan untuk meluncurkan Resso ke berbagai pasar global di bawah moniker "TikTok Music". Di mana secara khusus, mereka telah mempertimbangkan peluncuran di pasar yang matang seperti Inggris dan Australia.
Jika sampai Resso ataupun jika nantinya dinamakan TikTok Music sampai diluncurkan di Amerika Serikat, berbagai pihak meyakini itu akan menjadi sebuah ancaman besar dalam persaingan platform sejenis di Negeri Paman Sam itu. Sebab dengan hubungannya yang dekat dengan TikTok dalam aspek jejaring sosialnya, Resso akan secara otomatis akan menarik banyak pengguna.
Belum lagi seperti yang sudah ada saat ini di berbagai negara, Resso menawarkan tampilan antarmuka pengguna mirip seperti TikTok - dan juga seperti yang diajukan dalam merek dagang TikTok Music, di mana pengguna dapat dengan mudah melewati lagu dengan menggulir ke atas dan ke bawah.
Pengarsipan ByteDance sendiri mencantumkan banyak kasus penggunaan untuk merek dagang TikTok Music.
Satu kasus penggunaan yang tercantum dalam pengarsipan untuk TikTok Music termasuk aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming audio dan video, bersama dengan opsi untuk mengedit dan mengunggah foto sebagai sampul daftar putar.
Selain itu, dilaporkan juga bahwa layanan TikTok Music dapat digunakan untuk streaming langsung audio dan video pemrograman media interaktif di bidang hiburan, mode, olahraga, dan acara terkini. Termasuk juga untuk mendengarkan siaran audio, atau yang saat ini dikenal sebagai podcast.