Selamat

Senin, 26 Juli 2021

SENI & BUDAYA

21 Juli 2021|17:12 WIB

Bob Dylan Sapa Penggemar Lewat Konser Virtual

Diusianya yang sudah menginjak 80 tahun, dia tetap aktif tampil sebagai musisi bersahaja

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageTangkapan layar Bob Dylan dalam konser virtual bertajuk ‘Shadow Kingdom’. Sumber foto: Youtube Bob Dylan/dok pribadi

JAKARTA – Bob Dylan, nama besar di panggung musik Amerika akhirnya kembali menyapa penggemarnya, setelah setahun lebih tak menggelar konser karena pandemi. Kali ini, Dylan tampil dalam format konser virtual, bertajuk 'Shadow Kingdom'.

Konser ini berlangsung Minggu (18/7), yang disiarkan melalui platform Veeps. Melansir New York Post, konser ini menjual tiket seharga US$25 atau setara Rp360 ribu.

Konser virtual Bob Dylan merupakan sesuatu yang mengejutkan banyak penggemar. Mengingat sosok musisi ini sepanjang hidupnya selalu tampil anti-mainstream, berjalan sendiri di jalur yang tak banyak dijajaki orang lain. 

Kini, ia melakukan apa yang dilakukan oleh banyak orang, yaitu tampil di ruang virtual.

'Shadow Kingdom' berlangsung kurang dari satu jam dan dikatakan disiarkan langsung untuk penggemar. Namun, sejatinya konser tersebut bukan sebuah pertunjukan langsung, melainkan rekaman permainan Dylan bersama band-nya, yang telah dipersiapkan untuk disiarkan lewat virtual.

Dylan tampil bersama band beranggotakan empat orang, dengan lanskap hitam-putih berlatar ruangan gubuk kayu. Dalam penampilannya, penyanyi berusia 80 tahun itu melantunkan dengan tenang tanpa banyak berinteraksi dengan kamera.

Tak banyak menampilkan lagu-lagunya yang hits, kecuali satu lagu terkenal berjudul “Forever Young”. Selain itu, ia lebih banyak membawakan lagu-lagu lawas yang ada di album-album awalnya, yang jarang muncul dalam konser-konser Dylan selama ini.

Konser Dylan dibuka dengan lagu dari periode 1970-an, “When I Paint My Masterpiece”. Selanjutnya ada 12 lagu lain yang dinyanyikan, di antaranya lagu-lagu yang lebih lawas seperti “Tombstone Blues", "Queen Jane About”, "The Wicked Messenger", "Pledging My Time", "What Was It You Wanted" tahun 1989 dari albumnya "Oh Mercy". Konser ditutup dengan lagu "It's All Over Now, Baby Blue" dari albumnya tahun 1965.

Pertunjukan Dylan kali ini menawarkan sesuatu yang berbeda kepada penontonnya, ketika penyanyi lagu "Like a Rolling Stone" tersebut memilih kembali ke masa-masa awal kariernya. 

Penggemar mendapat kesempatan menyaksikan sang maestro menyanyikan lagu-lagu yang jarang diperdengarkan, yang dibawakan dengan sangat bersahaja.

Dylan terakhir tampil live pada Desember 2019, dan praktis sejak saat itu belum tampil lagi, sampai konser virtual beberapa hari lalu. Namun meskipun tidak tampil live selama pandemi, Dylan tetap aktif. Terbukti pada Juni 2020 lalu, pelantun lagu “Blowin in The Wind” ini merilis album studio ke-39 bertajuk “Rough and Rowdy Ways".

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA