Selamat

Senin, 23 Mei 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

26 Januari 2022

19:20 WIB

BMW, Audi, Dan Mercedes Bukan Mobil Mewah Di Inggris

Mobil-mobil dari beberapa pabrikan mewah seakan seperti mobil yang umum dimiliki oleh orang-orang Inggris.

Penulis: Kevin Sihotang,

Editor: Rendi Widodo

BMW, Audi, Dan Mercedes Bukan Mobil Mewah Di Inggris
Ilustrasi logo merek Mercedes-Benz, BMW, dan Audi. Shutterstock

JAKARTA – Ingin tampil beda merupakan salah satu sifat natural manusia, termasuk dalam pemilihan kendaraan. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang berduit yang memilih mobil-mobil mewah sebagai kendaraan mereka, dan ini memang jadi semacam fenomena sosial yang terjadi di seluruh dunia, tak terkecuali di Inggris. 

Dikutip dari Autoexpress, hanya tujuh pabrikan mobil yang berbasis di empat negara, yakni Jerman, Jepang, Perancis, dan Korea Selatan yang memasok 8 dari 10 mobil baru yang terjual di Inggris. 

Nyaris seperempat dari total mobil yang berada di Inggris dikuasai oleh grup Volkswagen-Audi (termasuk SEAT dan Skoda). Disusul grup Stellantis (Peugeot, Fiat, Vauxhall, dll.), grup BMW-Mini, Hyundai-Kia, Toyota-Lexus, Nissan-Renault (termasuk Dacia), dan grup Mercedes-Smart. 

Sementara itu, grup Jaguar Land Rover (JLR) menyumbang porsi lebih kecil, yakni 4 dari setiap 100 unit mobil baru yang terjual di Inggris. Kemudian Volvo-Polestar menyumbang 3 dari 100 unit mobil baru. 

Para pemain tunggal seperti Ford dan Tesla memiliki catatan tersendiri terkait penjualan di kawasan Eropa khususnya Inggris. Ford, sempat merajai pasar mobil Inggris tahun 2020 dengan mencatatkan penjualan sebanyak 208.000 unit, sebagaimana dikutip dari data Statista Namun pada tahun 2021, pabrikan asal Amerika Serikat ini mengalami penurunan penjualan hingga 23,9% atau menjadi 116.577 unit. 

Sementara Tesla, khususnya Model 3, merajai pasar mobil Britania yang bahkan mengalahkan mobil terpopuler beberapa tahun belakangan, Toyota Yaris.

Berdasarkan laporan Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) pada tahun 2021, sudah sebanyak 1,65 juta unit mobil terjual di Inggris. Secara keseluruhan pasar mobil di Inggris dipimpin oleh VW dengan total penjualan sebanyak 147.826 unit, kemudian diikuti Audi (117.953 unit), BMW (116.577 unit), Ford (116.305 unit), dan Toyota (100.895 unit). 

Sementara itu, dikutip dari Autocar, mobil yang paling populer atau yang paling banyak terjual adalah Vauxhall Corsa yang terjual sebanyak 40.919 unit. Disusul Tesla Model 3 sebanyak 34.783 unit, Mini 3dr/5dr sebanyak 31.792 unit, Mercedes-Benz A-Class sebanyak 30.710 unit, serta Volkswagen Polo sebanyak 30.634 unit. 

Melihat data tersebut, tak muncul beberapa merek buatan Jepang yang dulunya populer seperti Honda, Mazda, dan Suzuki. Kemudian merek dari Korea Selatan dan Inggris, SsangYong dan MG, juga sudah lebih jarang menghiasi jalanan di Inggris. 

Hal ini membuat keberadaan mobil-mobil dari pabrikan tersebut menjadi lebih langka dan eksklusif dibandingkan dengan merek-merek “wah” seperti VW, Audi, BMW, dan Mercedes. 

Kini, di Inggris, mobil-mobil dari keempat pabrikan mewah ini seakan seperti mobil yang umum dimiliki oleh orang-orang Inggris. Media Autoexpress bahkan melabeli merek-merek ini dengan “common as muck”. Menurut media tersebut, kini eksklusifitas tak melulu soal mahalnya harga, namun lebih kepada seberapa jarang mobil tersebut terlihat di jalanan.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER