Selamat

Jumat, 24 September 2021

15 September 2021|20:34 WIB

Bioskop Di Jakarta Buka Besok, Ada 12 Film Siap Tayang

Operasional bioskop harus menerapkan screening Peduli Lindungi

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ImagePetugas memeriksa suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki Cinema XXI Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Antara foto/dok

JAKARTA – Jaringan bioskop di Ibu Kota akan buka serentak besok, Kamis (16/9). Kabar itu dipastikan oleh Asosiasi Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), menyusul adanya relaksasi di sektor hiburan dan pariwisata di masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali periode 14-20 September 2021.

Ketua GPBSI, Djonny Syafruddin mengatakan bahwa pembukaan tersebut sudah disepakati oleh seluruh jaringan bioskop yang ada, mulai dari Cineplex 21, Cinepolis maupun CGV. Pihak asosiasi pun telah mendistribusikan film-film yang akan tayang mulai Kamis ke seluruh jaringan bioskop.

“Kemarin sore, saya bilang ke teman-teman pengelola bioskop, ‘Bagaimana ini, kita buka kapan?" Dan mereka sepakat buka mulai tanggal 16. Sudah clear itu, besok buka,” ungkap Djonny saat dihubungi Validnews, Rabu (15/9).

Izin pembukaan kembali bioskop-bioskop sebenarnya telah ada sejak Selasa (13/9) lalu oleh pemerintah, termasuk dari pemerintah DKI Jakarta. Namun, pembukaan kembali di tanggal tersebut belum bisa dilakukan mengingat ada banyak persiapan yang harus dilakukan oleh pengelola bioskop.

Djonny mengatakan, saat ini semua persiapan tersebut sudah rampung. Bioskop-bioskop sudah terintegrasi dengan Peduli Lindungi, sebagai salah satu syarat operasional saat ini. Bioskop-bioskop juga telah mempersiapkan protokol operasional yang aman, serta ada sebanyak 12 film pilihan yang siap tayang.

Ia tidak merinci apa saja judul film-film yang telah disiapkan untuk tayang tersebut. Namun, berdasarkan pantauan di media sosial resmi Cineplex, Cinepolis hingga CGV, ada banyak film menarik yang dipersiapkan tayang bulan ini. Di antaranya yaitu film “Sang Chi and the Legend of the Rings”, “Malignant”, “Suicide Squad”, “Free Guy” “Hard Hit” hingga film “Black Widow”.

“Kita ada 12 judul film yang sudah ada stock-nya dan itu semuanya sudah dikirim ke bioskop-bioskop. Mengenai mana yang akan duluan dimainkan nanti diatur,” kata Djonny.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengizinkan bioskop di daerah PPKM level 3 dan 2 untuk buka kembali di masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali terbaru. Izin itu dibarengi dengan aturan bagi bioskop dan pengunjungnya untuk menegakkan protokol kesehatan yang ketat.

Aturan yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2021 menyebutkan, operasional bioskop harus menerapkan screening melalui sistem Peduli Lindungi. Selain itu, bioskop hanya boleh buka dengan kapasitas maksimal 50%, dan hanya boleh menerima pengunjung dengan kategori hijau atau sudah divaksin.

Peraturan lainnya, anak di bawah 12 tahun dilarang masuk ke dalam bioskop, serta pengunjung dilarang makan ataupun minum selama menonton.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER