18 Maret 2025
16:58 WIB
Belanja Saat Sahur Jadi Tren Ramadan 2025
Kalau selama ini ngabuburit jadi waktu untuk membeli takjil dan belanja lainnya, kini ada pergeseran. Masyarakat jadi lebih senang belanja online saat sahur.
Penulis: Annisa Nur Jannah
Seseorang mengakses aplikasi TikTok di kanal shop yang telah resmi bekerja sama dengan Tokopedia di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2023). ValidNewsID/Irvan Syahrul |
JAKARTA - Ada tren belanja baru di momen Ramadan 2025 ini. Banyak masyarakat yang melakukan transaksi belanja online saat waktu sahur.
"Kita pikir mungkin (berbelanja) itu buat ngabuburit, ya, kata orang Sunda itu menghabiskan waktu sebelum buka mungkin itu salah satu waktu yang ingin digunakan. Cuma ternyata waktu yang paling digemari masyarakat itu waktu sahur," kata Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.
Masyarakat, kata Adit, melihat waktu sahur sebagai kesempatan ideal untuk melakukan transaksi dan pembelian produk di kedua aplikasi. Kesimpulan itu didapatkan dari catatan perilaku berbelanja masyarakat baik di Tokopedia maupun di TikTok Shop selama pekan pertama Ramadhan pertama pada 1-6 Maret 2025.
"Kami melihat nilai transaksi di Tokpedia dan TikTok Shop itu naik 10,5 kali lipat di bulan Ramadan saat sahur. Jadi, itu luar biasa sekali, itu adalah waktu yang cukup menarik dari waktu awal bulan Ramadan ini," bebernya.
Membahas produk-produk yang paling dicari masyarakat selama awal Ramadan 2025, Tokopedia mencatat pencarian produk berupa parsel, kurma, dan camilan menjadi yang paling laris dari kategori makanan dan minuman. Sementara untuk di TikTok Shop, bahan pokok seperti minyak goreng dan gula, lalu kue, serta kurma menjadi yang paling banyak dicari.
Untuk kategori fesyen, Tokopedia pencarian di Tokopedia lebih banyak berupa baju muslim wanita, tas pria, dan hijab. Pada kategori yang sama di TikTok Shop, pengguna lebih banyak mencari baju muslim pria, peralatan ibadah seperti mukena, serta hijab.
Dalam kategori rumah tangga, pengguna Tokopedia selama Ramadan 2025 lebih banyak mencari produk rumah tangga seperti pewangi pakaian, kantong plastik, dan bantal. Sementara di TikTok Shop, pencarian pengguna lebih beragam, mulai dari tempat penyimpanan seperti rak sepatu, peralatan kamar mandi seperti handuk dan keset, bahkan payung serta jas hujan.
Untuk kategori kecantikan dan perawatan diri, di Tokopedia produk perawatan kulit menjadi produk yang paling dicari disusul perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo, serta riasan. Sementara untuk di TikTok Shop produk perawatan hidung mulut, parfum, dan riasan menjadi yang paling dicari.
Terakhir, dari sisi elektronik, pengguna Tokopedia cenderung mencari elektronik seperti ponsel pintar, barang elektronik dapur, dan jam tangan pintar. Sementara untuk di TikTok Shop pengguna cenderung mencari produk-produk menunjang untuk pembuatan konten seperti power bank, lampu latar, tripod, serta jam tangan pintar.