03 November 2023
11:24 WIB
Penulis: Annisa Nur Jannah
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA - Ada banyak cara untuk merayakan dan merawat kekayaan budaya bangsa. Beruntungnya saat ini ada banyak inovasi yang dikembangkan untuk mengangkat potensi budaya dan menyatukannya dengan tren yang sedang berjalan, khususnya bagi generasi muda.
Hasilnya, kita dapat melihat munculnya beragam produk lokal berkualitas yang sangat disukai oleh masyarakat. Bahkan, produk lokal kini telah menyusup ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari mulai dari kain tradisional sebagai item fesyen kekinian, kuliner lokal menggugah selera, hingga alunan musik dengan lirik-lirik yang memancarkan keindahan sastra Indonesia.
Bicara soal musik, media ini sering kali menjadi sarana untuk menyampaikan dan merayakan identitas budaya. Sebut saja rapper Baskara Rizqullah, yang lebih dikenal sebagai Basboi. Ia mengaku terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia setiap kali menciptakan sebuah karya.
"Karena sebenarnya, ketika berbicara tentang hip hop, kita tahu bahwa banyak elemen yang diadaptasi dari budaya barat. Ya, kenapa tidak padukan budaya kita sendiri dalam lirik musik ini? Terutama, aku mencoba memasukkan berbagai bahasa dari berbagai daerah mulai dari Medan, Bandung, hingga Jakarta," ujar Basboi saat berbicara dalam acara kampanye Shopee di Jakarta pada Kamis (2/11).
Basboi menambahkan, melalui lagu-lagu yang menggabungkan nuansa bahasa daerah, ia merasa dapat merefleksikan jati dirinya sendiri.
Selain melalui karya musik, Basboi juga aktif menampilkan keunikan budaya Nusantara lewat kecintaan terhadap dunia fesyen dalam negeri.
Tidak sampai di situ, rapper berusia 26 tahun ini juga aktif dalam memperkenalkan budaya dan produk lokal dengan bekerja sama dengan berbagai brand fesyen lokal. Dia menciptakan gaya yang unik, sehingga berhasil mengenalkannya produk lokal dengan cara yang khas.
"Kalau bicara soal gaya, aku suka unsur kemeja cowok dengan sentuhan feminin seperti motif bunga, emoji senyum, pelangi, atau gambar-gambar yang khas. Tapi kemeja tetap dalam potongan cowok," jelasnya.
Kampanye Shopee 11.11 Big Sale
Menjawab minat masyarakat sekaligus meningkatkan produk lokal, Shopee dengan bangga mempersembahkan Kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Pada puncak belanja kali ini, pihaknya memiliki tujuan yakni mengangkat kekayaan produk dan budaya Indonesia, sehingga mendukung pertumbuhan produk lokal.
"Dengan memilih menggunakan produk lokal, masyarakat bukan hanya sekadar mengikuti tren semata, melainkan juga mengambil peran yang aktif dalam menjaga dan memperkaya warisan budaya," ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna.
Kampanye 11.11 saat ini tengah berjalan dan akan berakhir pada 11 November mendatang. Pihaknya telah merancang berbagai kegiatan seru dan menawarkan penawaran terbaik, terutama untuk produk-produk lokal, selama periode Kampanye 11.11 Big Sale ini berlangsung.