Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

TEKNO

22 Juli 2021|11:52 WIB

Apple Hentikan Produksi Iphone 4G

Mulai tahun depan seluruh produk Iphone diproduksi dengan teknologi 5G

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi Logo Apple, Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Sumber foto: Shutterstock/dok

JAKARTA – Di tengah rumor kehadiran Iphone 13, September mendatang, Apple dikabarkan tak akan lagi memproduksi smartphone dengan versi 4G mulai tahun depan. Sebagai gantinya, seluruh produk Iphone yang diproduksi pada tahun 2022 nanti akan mendukung teknologi terbaru, 5G. 

Sumber internal perusahaan asal Amerika Serikat itu menyebutkan bahwa penggunaan teknologi 5G itu, bahkan akan diterapkan Apple pada smartphone versi termurah mereka, IPhone SE.

Iphone SE akan menjadi versi perdana smartphone 5G besutan Apple, yang akan langsung memasuki pasar pada awal paruh pertama tahun 2022.

Sumber yang sama menjelaskan, produk Iphone SE 5G nantinya akan ditenagai oleh prosesor buatan Apple sendiri, prosesor A15. Sementara konektivitas 5G-nya akan diaktifkan oleh chip modem Qualcomm X60. Atau chip yang sama dengan yang tersemat pada Iphone 12.

Seperti model SE sebelumnya, iPhone SE versi 5G akan terlihat seperti versi iPhone 8 yang diperbarui dan masih menggunakan layar liquid crystal diode (LCD) 4,7 inci, alih-alih layar organic light-emitting diode (OLED) yang lebih canggih.

Kehadiran Iphone SE versi 5G ini, diringi dengan kepastian bahwa Apple tak akan lagi memproduksi Iphone Mini tahun depan. Lantaran smartphone premium dengan layar yang lebih kecil tersebut gagal menarik perhatian konsumen.

Dengan harga US$699 atau yang paling terjangkau di antara iPhone kelas premium lainnya, Iphone Mini, masih kalah laris dibandingkan Iphone SE yang memiliki harga dikisaran 399 US Dolar.

Sebagai gantinya, tahun depan untuk kategori Iphone kelas premium, Apple akan menawarkan IPhone Pro Max yang memiliki ukuran 6,7 inci.

Dengan kehadiran Iphone Pro Max tersebut, berarti jumlah model iPhone premium yang rencananya akan dirilis pada paruh kedua tahun 2022 akan tetap berjumlah empat (dua handset 6,1 inci dan dua yang 6,7 inci).

“Sudah diputuskan bahwa tidak akan ada (Iphone) Mini tahun depan, dan (sebagai gantinya) akan ada versi iPhone Pro Max terbesar yang relatif hemat biaya. Namun, desain untuk spesifikasi rinci untuk empat model baru tahun depan. belum dipastikan," ungkap salah satu sumber kepada Nikkei Asia.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER