Selamat

Rabu, 5 Oktober 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

24 September 2022

09:23 WIB

Amankah Menempelkan Bawang Putih Ke Jerawat?

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat sebagai antibakteri, namun disarankan untuk tidak menempelkannya ke jerawat.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

Amankah Menempelkan Bawang Putih Ke Jerawat?
Ilustrasi sedang memencet jerawat. Freepik

JAKARTA - Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Jerawat sendiri merupakan gangguan pada folikel rambut dan kelenjar minyak atau sebum yang terjadi karena produksinya yang berlebih dan menyumbat muara kelenjar, sehingga terjadi penumpukan sebum.

Dari sana, bakteri penyebab jerawat pun berkoloni pada sumbatan tersebut dan memperparah peradangan dan jerawat. Selain tidak nyaman karena jerawat tengah meradang, kehadiran jerawat juga mengganggu penampilan.

Ketika berjerawat, biasanya akan banyak cara yang dilakukan oleh orang.  Salah satu cara yang sering dilakukan oleh orang banyak adalah dengan menempelkan bawang putih ke jerawat. 

Bawang putih 'digeprek' hingga keluar cairan dan kemudian ditempelkan pada jerawat agar mengempis dan tidak meradang. Hal itu dilakukan karena bawang putih diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya sebagai anti bakteri yang sangat bagus untuk mengatasi permasalahan jerawat. Namun, benarkah demikian?

Dokter spesialis kulit dari Universitas Tanjungpura Pontianak, dr Ambar Rialita mengatakan, walaupun bawang putih memang memiliki anti bakteri yang bagus untuk jerawat, tetapi ia tidak menganjurkan untuk menggunakan bawang putih langsung ke area jerawat yang tengah meradang. Sebab, bukannya jerawat sembuh malah bisa semakin iritasi dan bertambah parah.

"Pemakaian topikal (oles) tidak bisa langsung ke luka, nanti akan terjadi iritasi. Perlu ada zat pembawa lain agar bawang putih ini lebih nyaman dan aman untuk dioleskan di kulit. Selain itu, menempelkan bawang putih ke kulit kan panas, nanti malah menimbulkan masalah baru," katanya dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Dirinya menambahkan, zat atau komponen yang ada pada bawang putih sangatlah kuat pada kulit, sehingga tidak bisa diaplikasikan begitu saja. Oleh karenanya dr. Ambar menganjurkan untuk melakukan perawatan khusus atau berkonsultasi ke dokter kulit apabila alami permasalahan jerawat. Tujuannya agar jerawat bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak bertambah parah.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER