Selamat

Rabu, 23 Juni 2021

TEKNO

05 Maret 2021|16:53 WIB

Honda Civic Hatchback Dites Di India

Honda City Hatchback RS di RI tak disematkan turbo seperti di Thailand
ImageHonda City Hatchback RS . Foto: dok. Honda Prospect Motor

JAKARTA – Secara global, Honda City Hatchback ini disebut produsen dilansir resmi mulai November 2021. Kini, beberapa negara Asia memang menunggu kehadiran pengganti Jazz ini. Di beberapa negara, Honda City Hatchback ini sudah mengaspal. Namun di India, justru 'penampakan' Honda Civid Hatchback tengah sedang jadi perbincangan.

Tampilan-tampilan hasil jepretan fotografer dan warga net terhadap 'penampakan' ini membuat perbincangan kian hangat, salah satunya disebutkan oleh India Car News. Eksterior menjadi hal utama yang diulas dari model yang disebutkan akan dilansir resmi pada 2022.

Sementara, di Tanah Air, Honda baru melansir Honda City Hatchback. Terhadap model ini, warga Thailand sudah lebih dahulu bisa membelinya.

Tak Pakai Turbo
Namun, ada perbedaan model yang dilansir di Thailand dengan yang ada di negeri tercinta ini. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengakui ada perbedaan mesin yang diusung Honda City Hatcback RS di dua negara itu.

Perbedaan itu berdasarkan, diselaraskan dengan variasi kebutuhan dan permintaan dari masyarakat di kedua negara. Salah satunya adalah penyematan Turbo.

"Mesin yang kami berikan ke Honda City Hatchback RS ini adalah yang memang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan konsumen pasar di Indonesia," ungkap Yusak Billy dalam acara peluncuran Honda City Hatchback RS secara virtual, Rabu (3/3).

Honda City Hatcback RS di Indonesia, diklaim memiliki konsumsi lebih hemat dibandingkan dengan yang terdahulu. Sementara soal turbo, produsen menilai, penyematan teknologi mesin DOHC sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Karenanya, opti turbo tak disematkan dilansiran di Indonesia.

"Kami juga akan pelajari terus seperti apa keinginan dan kebutuhan konsumen Indonesia, sehingga kita menghasilkan produk yang memang benar-benar diinginkan, jadi dengan mesin yang 1.5L DOHC ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen kita," katanya.

Mengantisipasi publik yang kini inginkan mesin ramah lingkungan dengan penghematan sumber daya, gas buang pada model ini telah sesuai standar EURO 4. Buat mereka yang ingin irit bahan bakar, ada ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara.

Fitur Premium
Pengganti Honda Jazz yang sudah berhenti produksi sejak bulan lalu ini sendiri disematkan transmisi CVT & 6 M/T yang didukung oleh 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Dengan mesin ini, performanya mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. Di kelas ini, Honda City Hatchback merupakan terbesar di kelasnya.

"Kami telah mempelajari kebutuhan dari konsumen muda hatchback dan berupaya keras dalam mengembangkan mobil yang sporty, stylish, dan sekaligus fungsional untuk memenuhi gaya hidup dari penggunanya," kata Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor, dikutip dari Antara.

Di interiornya, HPM menyatakan, kendaraan Hatcback ini dilengkapi dengan desain yang terlihat sangat sporty.  Ada panel instrumen yang didesain dengan Sporty Meter Cluster dengan aksen merah dan  8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Pengendara juga bisa amat bertelepon dengan fitur Smartphone Connection.

Untuk memudahkan parkir, Honda melengkapi Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan guna membantu pengendara memarkir mobilnya.

Area kabinnya juga terkesan dinamis dan bergaya muda. Kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat. Penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Honda City Hatchback RS juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum Anda memasuki kendaraan. Nah, di kelas ini, Honda City Hatchback RS lah yang merupakan model pertama yang punya fitur ini. Biasanya, fitur ini ada pada model-model premium seperti All New Honda Accord, New Honda Civic, dan juga New Honda CRV.

Fitur-fitur yang wajib ada di mobil-mobil premium, semisal One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Voice Recognition sudah ada juga.

Di sisi keamanan, ada  6 airbags untuk perlindungan lengkap, dengan rancangan struktur tulang yang kuat. Sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, dan, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) juga melengkapi sektor keamanan ini. Lengkap ya. (Rikando Somba)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA