Selamat

Rabu, 23 Juni 2021

PARIWISATA

24 Februari 2021|10:05 WIB

Berwisata Ke Pulau Serba Ungu di Korea Selatan

Jembatan, telepon, hotel, hingga peralatan makan semua berwarna ungu
ImagePurple Island, Salah Satu Destinasi Wisata di Korea Selatan. Sumberfoto: Googlemaps/dok

JAKARTA – Ada yang unik di Korea Selatan. Di Pulau Banwol, Provinsi Jeolla terdapat destinasi wisata yang memiliki pemandangan tak biasa nan menyegarkan mata. Rumah-rumah, fasilitas umum, jembatan, hingga telepon, semua berwarna ungu. Ya, wajar saja bila kawasan ini disebut Pulau Ungu (Purple Island).

Dilansir dari Korea Travel Post, konsep ini pertama kali dicetuskan komunitas petani yang mengelola ladang bunga di Pulau Banwol. Mereka menanam berbagai macam bunga berwarna ungu, seperti lavender, aster New England, serta aneka jenis bunga liar berwarna ungu.

Mulanya, ide ini terinspirasi dari bunga lonceng ungu lokal atau dikenal dengan nama campanula. Campanula kadung banyak tumbuh di pulau ini sehingga warga mendekorasi kampung mereka menjadi kampung ungu. Setidaknya, ada 400 atap rumah warga yang dicat ungu.

Kombinasi rumah-rumah, ladang ataupun fasilitas umum yang dicat ungu menghasilkan pemandangan memukau. Pengunjung akan merasakan kesan magis ketika menyusuri tempat ini.

Pulau Banwol telah menjadi tujuan wisata baru dan trending di Korea Selatan, sejak diresmikan pertengahan tahun lalu. Konsep tersebut berhasil menarik minat wisatawan dari berbagai daerah di sekitarnya. Saat perjalanan wisata ke luar negeri dibatasi, wisatawan domestik banyak yang memilih berwisata ke Pulau Ungu.

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Banwol. Mulai dari berfoto dengan latar belakang hamparan ladang bunga ungu, berjalan-jalan di pesisir pantai sambil menikmati pemandangan, atau menyewa sepeda untuk berkeliling pulau. Jika masih kurang, Anda bisa berkeliling menaiki mobil sewaan yang juga berwarna ungu.

Selain itu, Anda bisa menikmati pemandangan Pulau Ungu dari ketinggian. Di dekat perkampungan ini, terdapat Gunung Engage dengan ketinggian sekitar 201 meter. Lokasi ini mungkin cocok bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas hiking ringan.

Spot yang tak kalah menarik adalah Jembatan Cheonsa, jembatan besar berwarna ungu yang menghubungkan Pulau Banwol dengan Pulau Bakji di sampingnya. Jembatan ini menjadi salah-satu ikon wisata Pulau Ungu yang bisa menjadi spot foto menarik bagi para wisatawan.

Setelah puas berjalan-jalan, ada banyak restoran yang menawarkan aneka sajian makanan laut atau makanan khas Korea lainnya. Saat makan, jangan terkejut jika Anda menemukan semua peralatan makan di restoran-restoran ini juga berwarna ungu.

Lalu, ketika malam menjelang, Anda bisa beristirahat di hotel atau penginapan yang ada di sekitar pulau. Tentu saja, bangunan dan interiornya dipenuhi warna ungu!

Membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk menuju Pulau Banwol dari Seoul. Dari Seoul, Anda bisa naik Korean Train eXpress (KTX) sampai Stasiun Mokpo, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki bus menuju Pulau Banwol. (Andesta Herli)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER