c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

24 September 2021

20:30 WIB

4 Tips Cocok Memilih Jam Tangan

Sebagai pelengkap penampilan, jam tangan perlu juga dicocokkan dengan pakaian yang akan dipakai. Jadi jangan lupa pastikan pakaian kita klik dengan jam tangan.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Rendi Widodo

4 Tips Cocok Memilih Jam Tangan
4 Tips Cocok Memilih Jam Tangan
Ilustrasi jam tangan. Pexels/Mister Mister

JAKARTA – Jam tangan merupakan salah satu aksesori yang sering dipakai untuk menjadi pelengkap penampilan. Tidak hanya itu saja, kini jam tangan juga bisa dijadikan koleksi atau investasi. 

Di tengah banyaknya opsi model dan jenis tangan yang semakin beragam, menentukan jam tangan mana yang cocok tentu bisa membuat kita kebingungan dalam memilih.

Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak salah membeli jam tangan. Berikut tips membeli jam tangan.

Identitas diri
Banyak orang yang sering lupa kalau pilihan jam tangan bisa menjadi identitas atau karakter kita. Jenis jam tangan seperti apa yang kita pakai, akan menjadi kesan bagi orang lain untuk menilai siapa dan seperti apa karakter kita.

Misalnya jika kita menggunakan jam tangan outdoor yang tahan banting, tentu orang akan menilai kita sebagai pribadi yang aktif. Lalu jika pilihannya adalah jam tangan mahal yang terlihat berkilau, kita akan menjadi seseorang yang dandy untuk pria atau preppy untuk wanita.

Jadi, jangan lupa untuk memilih jam tangan dengan karakter apa yang ingin kalian bangun ya.

Cocokkan dengan occasion
Jam tangan bisa digunakan di berbagai macam kesempatan. Tetapi, ada beberapa kondisi yang lebih cocok jika menggunakan jam tangan model tertentu. Semisal ketika melakukan kegiatan outdoor atau saat sedang berpesta.

Untuk traveling, pilih jam tangan yang memiliki model sporty, tahan air, dan juga mempunyai fitur penerangan dan beberapa pilihan zona waktu. 

Sementara, untuk aktivitas dalam ruangan seperti pesta, bisa menggunakan jam tangan dengan hiasan berlian dan sentuhan yang elegan. Jam tangan model klasik dan resmi biasanya cocok untuk dipakai ke kantor karena menciptakan looks yang profesional.

Sesuaikan dengan pakaian
Dikutip dari Blibli, sebagai pelengkap penampilan, jam tangan perlu juga dicocokkan dengan pakaian yang akan dipakai. Sebelum membeli jam, periksa terlebih dulu bagaimana personal style diri agar bisa sesuai dengan pilihan model jam tangan yang ingin dibeli.

Apabila baju yang dimiliki kebanyakan berwarna monokrom dan potongan minimalis, jam tangan mekanik dengan gaya klasik bisa menjadi solusi yang bagus. Pilihan lainnya adalah jam tangan berpotongan modern seperti gelang. 

Untuk mereka yang suka memakai baju berwarna cerah dengan motif yang bold, lengkapi koleksi jam tangan dengan model yang lebih kasual yang simpel. Ini bertujuan agar penampilan tidak terlalu ramai.

Bagi mereka yang suka memakai perhiasan yang memberikan statement seperti kalung yang besar atau gelang bermotif unik, jam tangan dengan model atau warna yang mencolok bisa melengkapi penampilan tersebut.

Paham bujet
Setelah menentukan untuk apa dan bagaimana jam tangan akan dikenakan, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah menyesuaikan budget. 

Model, bahan, brand, dan fitur yang tersedia menentukan harga sebuah jam. Pastikan membeli jam tangan di toko resmi karena selain bisa memberikan benefit lebih seperti promo khusus dan keaslian, tentu garansi menjadi bagian terpenting yang harus dipikirkan.

Tak ada harga yang mahal untuk sebuah jam tangan. Karena aksesori ini memiliki nilai tersendiri, di mana jika kamu membeli sebuah jam tangan mewah, tentu nilai jualnya akan tetap tinggi jika dijual kembali. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membeli jam tangan. Pastikan membeli jam tangan sesuai dengan kebutuhan agar tidak berlebihan baik dari segi fungsi, tampilan, maupun budget.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER