Selamat

Selasa, 21 September 2021

17 Maret 2021|16:48 WIB

Hidden Paradise in Jambi, Kampanye Bangkitkan Kembali Pariwisata Indonesia

Sebuah gerakan untuk mengangkat potensi wisata dan produk unggulan daerah-daerah di Indonesia
ImagePoster 'The Hidden Paradise in Jambi'. Ist/dok

JAKARTA – Setahun sudah pariwisata di Indonesia mati suri akibat pandemi. Kini, seiring dengan berjalannya vaksinasi, pemerintah, baik pusat dan daerah mulai berupaya menggeliatkan kembali sektor pariwisata. 

Karena tak bisa dibantah, bahwa pariwisata sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang hanya bergantung pada sektor tersebut. 

Bersama dengan Pemerintah Pusat, Provinsi Jambi meluncurkan kampanye wisata Jelajah Jambi "The Hidden Paradise in Jambi". Ini menjadi bagian untuk membangkitkan kembali pariwisata di daerah tersebut. 

Melalui kampanye tersebut, pemerintah Jambi mengajak para wisatawan hingga investor untuk datang ke daerah tersebut.

"Saya yakin perekonomian Jambi juga akan cepat tumbuh dan berkembang. Sebab di negeri 'Sepucuk Jambi Sembilan Lurah' ini kaya akan potensi pariwisata,” ucap Penjabat Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni di Jambi, Selasa (16/3).

Jambi memiliki kekayaan alam dan sejarah yang luar biasa. Seperti Candi Muaro Jambi yang merupakan candi tertua di Indonesia, Gunung Kerinci, Perkebunan Teh Kayu Aro, hingga lanskap alam mempesona yang tersebar di kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat, Bukit 30, Bukit 12, dan Taman Nasional Berbak.

Tak hanya alam dan situs bersejarah, Jambi juga menyuguhkan ragam produk kuliner dan UMKM. Mulai dari batik Jambi, Gule Ikan Semah, padamaran, buah Durian Jambi hingga kopi liberika di Jambi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan dukungan pemerintah agar pariwisata di Jambi bisa kembali bergulir. Namun dengan tetap memprioritaskan protokol kesehatan.

"Kami yakin Jambi siap menyambut wisatawan dengan standar protokol kesehatan yang baik," ucapnya. 

Menurut Luhut, Jambi memiliki potensi pariwisata yang sangat beragam. Karena itu perlu terus dikembangkan sebagai salah-satu tujuan pariwisata penting di nusantara.

"Masyarakat Jambi boleh berbangga atas potensi yang dimiliki. Mari terus kembangkan dengan kreativitas, jaga nila-nilai luhur dan kearifan lokal," ujarnya.

Kampanye Jelajah Jambi "The Hidden Paradise in Jambi” merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #diIndonesiaAja (BBW). Gerakan ini bertujuan mengangkat potensi wisata dan produk unggulan daerah-daerah di Indonesia.

Jambi tengah dipersiapkan menjadi tuan rumah program BBI tahun 2022. Daerah ini memiliki banyak sekali destinasi yang bisa disuguhkan untuk keperluan pariwisata.

Selain Candi Muaro Jambi, Kebun Teh ataupun Gunung Kerinci, destinasi lainnya yang tak kalah menarik seperti Geopark Merangin, Air Terjun Tegan Kiri, Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, Danau Gunung Tujuh hingga Danau Kaco. (Andesta Herli)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER