c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

25 Februari 2025

16:23 WIB

UMKM Wajib Tahu, Ini Kategori Produk Paling Laris di Bulan Ramadan

SIRCLO mencatat terdapat lima kategori produk paling laris sepanjang bulan Ramadan.  

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

<p id="isPasted">UMKM Wajib Tahu, Ini Kategori Produk Paling Laris di Bulan Ramadan</p>
<p id="isPasted">UMKM Wajib Tahu, Ini Kategori Produk Paling Laris di Bulan Ramadan</p>

Warga menggunakan perangkat elektronik berbelanja online di Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/10/2024). Sumber: AntaraFoto/Yudi Manar

JAKARTA - Kebutuhan ibu dan anak, healthcare, beauty and personal care, homeliving, dan fesyen, menjadi lima kategori produk dengan penjualan tertinggi sepanjang Ramadan. Hal ini diungkapkan melalui data internal SIRCLO.

Ramadan memang menjadi momen yang dinantikan oleh masyarakat. Hari Kemenangan pun diramaikan dengan berbagai hal untuk menambah semarak dan keindahannya, mulai dari aneka makanan hingga fesyen terkini. Lonjakan konsumsi masyarakat pun tampak bahkan sejak dua minggu sebelum Ramadan.

Survei dari InMobi dan Glance menunjukan sebanyak 40% pelanggan Indonesia telah mulai berbelanja sejak dua minggu sebelum Ramadan. Pola konsumsi diperkuat dengan pertumbuhan jumlah uang yang beredar pada 2024 yang mencapai Rp8888,4 triliun atau bertumbuh 7,2% secara tahunan.

Data internal SIRCLO juga memperlihatkan pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi belanja online sebesar 76,5% dan jumlah konsumen turut meningkat sebesar 23,5% dalam periode tahun 2022 hingga 2024.

Baca Juga: Ini Tip Ekonom Agar Belanja Lebaran Tidak Boncos!

"Data ini menunjukan bahwa tren pertumbuhan e-commerce selama Ramadan terus berlanjut dari tahun ke tahun. Dengan belanja yang semakin terdigitalisasi, bisnis memiliki peluang emas untuk mengoptimalkan strategi digital, menjangkau lebih banyak pelanggan, serta meraih pertumbuhan yang lebih besar di Ramadan 2025," ungkap Chief Operating Officer SIRCLO Danang Cahyono dalam keterangan persnya, Jakarta, Selasa (25/2).

Sementara itu, kebutuhan ibu dan anak, healthcare, beauty and personal care, homeliving, dan fesyen menjadi lima kategori produk dengan penjualan tertinggi sepanjang Ramadan 2024. Pola konsumsi ini mencerminkan fokus masyarakat dalam persiapan fisik dalam menunjang aktivitas selama Ramadan, seperti kesehatan tubuh, sampai persiapan tradisi ngabuburit.

Baca Juga: SIRCLO: Optimisme Konsumen Saat Ramadan Masih Membuncah

SIRCLO turut mencatat lonjakan sebesar dua kali lipat dibandingkan jumlah transaksi pada tahun 2023 dalam kategori Fast Moving Consumer Goods (FCMG) dan perawatan kendaraan. Pertumbuhan signifikan pada FMCG menunjukan konsumen semakin mengandalkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan pokok Ramadan.

Sementara peningkatan transaksi di kategori perawatan kendaraan menegaskan pentingnya persiapan mudik dengan masyarakat yang mulai berinvestasi pada perawatan yang lebih awal agar perjalanan menjadi lebih lancar dan nyaman. Dengan temuan ini, diharapkan UMKM dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar