c

Selamat

Sabtu, 20 April 2024

EKONOMI

09 September 2022

11:15 WIB

Transformasi Digital Berdampak Pada Talenta dan SDM Di Indonesia

Pada 2030, nilai ekonomi digital bisa mencapai angka Rp4.300 triliun atau hampir 30% dari ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Transformasi Digital Berdampak Pada Talenta dan SDM Di Indonesia
Transformasi Digital Berdampak Pada Talenta dan SDM Di Indonesia
Pekerja menyelesaikan pemasangan jaringan pipa gas bumi di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

JAKARTA – Semakin intensifnya transformasi digital tentu akan berimplikasi terhadap peningkatan kebutuhan talenta digital di tanah air. Berdasarkan riset McKinsey dan Bank Dunia, Indonesia membutuhkan sekitar sembilan juta talenta digital dalam kurun waktu 2015 hingga 2030. Itu artinya, Indonesia harus mencetak 600.000 tenaga ahli di bidang teknologi digital setiap tahunnya.

Talenta digital ini pula yang akan menjadi bagian dari growth engine bagi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan Kementerian BUMN tumbuh delapan kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Dengan laju tersebut, pada 2030, nilai ekonomi digital bisa mencapai angka Rp4.300 triliun atau hampir 30% dari ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara yang totalnya diperkirakan akan mencapai US$1 triliun.

Menurut Jeffrey Wang, Vice President, Management Transformation Huawei Indonesia, terkait kebutuhan SDM di bidang digital, selain kelangkaan dalam hal jumlah, tantangan lain yang dihadapi Indonesia adalah kesenjangan talenta atau talent gap. 

Survei LinkedIn di tahun 2019 lalu menemukan, jumlah talenta digital di tanah air hanya 0,2 persen dari total angkatan kerja. Angka itu pun memosisikan Indonesia di urutan ke-9 dari total 11 negara yang disurvei. 

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi RI mencatat bahwa dari total 4.000 kampus yang ada di Indonesia, hanya sebanyak 20 yang memiliki program studi Teknologi Informasi atau Sistem Informasi.

"Selain persoalan kuantitas yang belum terpenuhi, ada persoalan kualitas yang harus dijawab. Berbagai skillset baru yang muncul akibat kemajuan teknologi digital menyebabkan SDM digital Indonesia perlu diasah lagi kecakapannya agar dapat lebih siap pakai di industri," kata Jeffery dalam keterangan resminya, Jumat (09/09).

Untuk menjawab berbagai tantangan ini, ia menuturkan keterlibatan dan sinergi seluruh pemangku kepentingan sangat dibutuhkan sehingga Indonesia dapat mencetak SDM dengan kecakapan digital yang mumpuni dan sesuai standar industri.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Suharti juga pernah menekankan pentingnya kolaborasi multi-heliks antara pemerintah, industri, dan institusi pendidikan dalam memecahkan permasalahan SDM digital di Indonesia.

Pengembangan Talenta Digital Indonesia 
Sebagai perusahaan riset global terkemuka dengan investasi R&D mencapai 22,4% dari total pendapatan tahun lalu, Jeffery menegaskan Huawei berpartisipasi aktif dalam mendukung maupun menyelenggarakan berbagai kegiatan yang akan meningkatkan daya saing talenta digital, termasuk SDM digital Indonesia.

Salah satu contohnya adalah partisipasi Huawei dalam mendukung penyelenggaraan International Olympiad in Informatics 2022 (IOI) ke-34 yang diselenggarakan di Yogyakarta dari tanggal 7 Agustus hingga 15 Agustus 2022. Menurut Jeffrey dukungan ini diberikan dalam rangka meningkatkan standar talenta digital Indonesia agar dapat bersaing dan membuat lompatan-lompatan besar di kancah global.

Selain itu, ia menuturkan Huawei juga mendorong talenta-talenta digital yang memiliki potensi besar ini untuk memprioritaskan pentingnya penelitian atau riset sebagai landasan efektif untuk pengembangan solusi yang akan mereka ciptakan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Misalnya seperti yang telah dilakukan oleh alumni IOI, Tri Ahmad Irfan, melalui platform Lumina, membukakan peluang kerja yang lebih luas bagi para pekerja kerah biru Indonesia. Meski pernah berkarier di luar negeri, Brian Marshal dan Tri Ahmad Irfan memilih pulang ke Indonesia dan membangun bisnisnya sendiri. Baik Brian maupun Irfan melihat adanya potensi dan peluang yang besar untuk berinovasi dengan teknologi di Indonesia.

Dan saat ini, setelah sempat menimba pengalaman di Singapura, Brian (Founder dan CEO, SIRCLO) telah sembilan tahun membangun perusahaan teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce.

Sementara Irfan, sempat dua tahun berkarier di kantor pusat Twitter di San Francisco, AS, kini tengah sibuk mengembangkan Lumina, platformkomunitas kerja pertama bagi pekerja kerah biru di Indonesia. Di Lumina, Irfan bertindak sebagai Co-Founder sekaligus CTO.

Ada pula Rakina Zata Amni, yang saat ini bekerja sebagai Senior Software Engineer di Google. Ia merupakan bagian dari tim Google Chrome Security Architecture yang berlokasi di Tokyo, Jepang.

Tiga anak muda dengan karir dan pengalaman yang mungkin menjadi impian banyak anak muda di Indonesia ini adalah alumni dari ajang International Olympiad in Informatics (IOI), yaitu ajang olimpiade sains internasional di bidang informatika.

Diakui oleh ketiganya bahwa ajang olimpiade sains internasional ini sedikit banyak menginspirasi dan melecut motivasi mereka dalam kiprahnya saat ini. Di sisi lain, kesuksesan Brian, Irfan, dan Rakina ini sekaligus juga memperlihatkan potensi besar yang dimiliki anak muda Indonesia, khususnya di bidang sains dan teknologi.  

"Hal ini menjadi penting mengingat saat ini Indonesia gencar mengakselerasi transformasi digital di berbagai bidang," tutup Jeffery.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar