c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

19 Mei 2022

15:12 WIB

Transfer BI-Fast Di Bank Mandiri Tembus 35 Juta Transaksi

Transaksi Livin' by Mandiri pada April 2022 tumbuh lebih dari 70% secara yoy

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Transfer BI-Fast Di Bank Mandiri Tembus 35 Juta Transaksi
Transfer BI-Fast Di Bank Mandiri Tembus 35 Juta Transaksi
Teller menata tumpukan uang yang akan diambil oleh nasabah di Kantor Bank Mandiri Cabang Braga, Band ung, Jawa Barat, Senin (18/4/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat sampai dengan April 2022, transaksi Bank Indonesia Fast Payment atau BI-Fast di Bank Mandiri telah mencapai hampir 35 juta transaksi atau sekitar Rp106 triliun. Jumlah ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya atau month on month (MoM). 

"Layanan BI-Fast pada Livin' by Mandiri saat ini telah menjadi salah satu opsi favorit nasabah, tercermin dari transaksi harian yang terus tumbuh," ujar SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi di Jakarta, Kamis (19/5). 

Thomas menjelaskan, implementasi layanan BI-Fast dalam Super App Livin' by Mandiri sejalan dengan inisiatif Bank Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran ritel secara cepat, mudah, murah aman, dan andal. 

Lebih lanjut, ia menuturkan, BI-Fast juga mampu mendorong pertumbuhan transaksi perbankan melalui Livin' by Mandiri. Hal ini tercermin pada peningkatan transaksi Livin' by Mandiri yang mampu mencapai 600 juta transaksi pada April 2022, tumbuh lebih dari 70% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

"Dominasi transaksi finansial yang dilakukan oleh nasabah mayoritas adalah transfer diikuti dengan pembelian dan pembayaran. Untuk itu, kami akan terus berupaya melengkapi kebutuhan nasabah lewat penyediaan fitur pada Livin' by Mandiri," terangnya. 

Menurut Thomas, geliat digitalisasi yang dilakukan Bank Mandiri juga berdampak positif pada peningkatan pengguna Livin' by Mandiri. Saat ini, Super App andalan perseroan ini telah mencatat hampir 12 juta pengunduh sejak diluncurkan pada Oktober 2021 atau tumbuh tiga kali lipat. 

Selain itu Livin' by Mandiri, lanjut Thomas, juga menghadirkan keterbukaan ekosistem agar dapat terintegrasi dengan ekosistem digital lainnya. 

Ke depan, Livin' akan terus berinovasi dan membawa fitur-fitur dan kerja sama eksklusif lainnya untuk memberi kenyamanan kepada nasabah. 

"Dalam waktu dekat, Livin' akan dapat memenuhi kebutuhan urban lifestyle masyarakat semua cukup di satu aplikasi," pungkas Thomas. 

Profil Perusahaan
Bank Mandiri memberikan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.  

Emiten berkode saham BMRI ini tengah bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya, yaitu Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan).  

Kemudian, Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).  

"Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail," kata Thomas. 

Kopra by Mandiri, sebutnya, merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, forex, Trade & guarantee, Supply Chain Management, virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API).  

Sementara layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.  

Hingga Maret 2022, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.217 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.572 kantor cabang dan 1.645 kantor mikro.  

Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.119 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin' by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar