08 Februari 2023
12:25 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
JAKARTA – Chief Executive Manager Titipku Henri Suhardja mengungkapkan, pihaknya membuktikan keseriusannya dalam mengembangkan ekosistem digital di pasar melalui model bisnis B2B2C-nya.
Dia menuturkan saat ini Titipku sedang fokus untuk menerapkan dan mengefektifkan semua lini bisnis B2B2C-nya di Pasar Modern Paramount atau PasMod Paramount.
"Nantinya, keberhasilan penerapan di PasMod Paramount ini akan menjadi tonggak Titipku untuk mencapai target penerapan model bisnis B2B2C di 100 pasar di akhir 2023," katanya dalam pernyataan resmi, Rabu (8/2).
Henri menjelaskan, penerapan B2B2C ini telah berdampak baik untuk pelanggan, pedagang, dan Jatiper (mitra Titipku yang akan membelanjakan pesanan konsumen) di Pasar Modern Paramount. Saat terjun langsung ke PasMod Paramount timnya menemukan tiga penemuan.
Pertama, model Bisnis B2B2C percepat barang keluar dan menaikkan omzet para pedagang di PasMod Paramount. Henri mengatakan digitalisasi pasar yang dilakukan oleh Titipku memudahkan mereka dalam berdagang.
"Artinya, adanya model bisnis B2C lewat aplikasi belanja Titipku membuat barang dagangan pedagang cepat terjual karena adanya pelanggan yang berbelanja secara daring," ujarnya.
Pedagang ayam di Pasar Paramount yang sudah bergabung dengan Titipku sejak 2020, Sarno mengatakan dirinya merasa terbantu dengan digitalisasi Titipku, karena dia jadi bisa memproses pesanan dari konsumen yang jaraknya dari pasar cukup jauh.
“Sangat terbantu untuk pengurusan pesanan dengan jarak yang jauh, karena sudah ada kurir dari Titipku sendiri yang mengantarkan pesanan itu,” ungkap Sarno.
Kemudahan kedua yang dirasakan oleh Sarno berasal dari model bisnis B2B Titipku. Toko ayam milik Sarno terpilih menjadi supplier untuk program B2B Titipku. Artinya, pedagang-pedagang ayam lain bisa belanja barang dagangan lewat Titipku yang barangnya diambil dari toko milik Sarno. Baginya, dengan menjadi supplier, barang yang dijual juga cepat laku.
Baca Juga: Titipku Optimistis Raih Profit Tanpa Bakar Uang
Selain membuat barang dagangan toko supplier laku, model bisnis B2B ini juga mempermudah toko lain mendapat barang dagangan berkualitas. Artinya, sistem B2B Titipku telah membuat sistem supply chain yang efisien untuk pedagang.
Kisah Sarno ini menurut Henri, selain kemudahan barang terjual dan kemudahan memasok barang, pembentukan ekosistem digital di PasMod Paramount juga telah menambah pendapatan omzet mereka.
Kedua, Henri mengungkapkan ekosistem digital PasMod Paramount tak bisa berjalan tanpa pihak yang menjembatani proses pembelian dan pengiriman barang yang dipesan secara daring. Oleh sebab itu, munculnya ekosistem digital di pasar ini telah menciptakan lapangan kerja baru sebagai Jatiper, sebutan untuk personal shopper Titipku.
"Menurut para Jatiper, hasil yang didapat dari menjadi Jatiper cukup untuk memenuhi kebutuhan harian," sebutnya.
Ketiga, pembentukan ekosistem digital di PasMod memberi kemudahan bagi para pelanggan. Henri melihat adanya digitalisasi di pasar tersebut membuat tiap produk di sana bisa dibeli secara daring via aplikasi belanja Titipku. Dengan demikian, proses belanja yang dilakukan pelanggan jadi lebih praktis.
Secara kesimpulan, Henri menilai, pembentukan ekosistem digital di PasMod Paramount telah memberikan kemudahan dan peluang yang besar bagi pedagang, Jatiper, dan pelanggan. Hal ini menjadi pertanda baik untuk diterapkan ke pasar lainnya.
"Dengan adanya penerapan di pasar lain, akan ada banyak pedagang, pelanggan, dan Jatiper yang semakin terbantu dengan adanya digitalisasi pasar oleh Titipku," ucapnya.