13 Februari 2023
19:52 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
JAKARTA – Semakin canggih teknologi, kini masyarakat kian diperkenalkan dengan berbagai inovasi terbaru. Misalnya saja fitur belanja yang disediakan oleh media sosial salah satunya TikTok. Melansir dari pernyataan resminya, TikTok Shop telah melihat pertumbuhan dan dukungan yang signifikan di Indonesia dari para merchant, kreator, dan komunitas.
"Ada banyak cerita dari bisnis skala kecil yang berhasil berkembang berkat komunitas TikTok yang unik saat berbelanja. Banyak juga merchant dan brand global yang kini bisa menjangkau audiens baru berkat komunitas TikTok yang terus berkembang," tulis tim TikTok, Senin (13/2).
Disebutkan, TikTok optimistis perkembangan ini terlihat akan terus meningkat hingga tahun 2025. Berdasarkan studi yang dilakukan TikTok bersama Boston Consulting Group (BCG), tren shoppertainment yang juga diusung oleh TikTok Shop bernilai US$1 triliun di Asia Pasifik, dan Indonesia diprediksi akan memiliki pertumbuhan paling besar di antara negara lain.
"Hal ini menunjukkan adanya kesempatan pertumbuhan nilai yang signifikan pada ranah shoppertainment," ujarnya.
Baca Juga: Live Shopping, Jurus Seller Dongkrak Penjualan
Sebagai contoh, pihaknya menyebutkan pertumbuhan TikTok Shop di tahun 2022 terlihat dari kampanye Mega Sales 11.11 atau 12.12 lalu di mana TikTok menyaksikan peningkatan yang signifikan di berbagai saluran mulai dari live streaming, video kreatif, dan shopping center.
"Semua ini disebut berkat para pelanggan TikTok Shop, baik pelanggan baru maupun pelanggan yang sudah ada," sebutnya.
Sebagai informasi, pada kampanye Mega Sales 11.11, TikTok Shop mengalami peningkatan GMV pada 11 November mencapai 193% dibandingkan dengan periode sebelumnya. Sedangkan, GMV pada 12 Desember tumbuh sebesar 203%.
Selain itu pada kampanye Mega Sales 10.10, 11.11 dan 12.12 tahun lalu, "Shopping Center" juga menghadirkan eksposur yang sangat diharapkan, mulai dari GMV, tingkat interaksi, dan retensi pengguna bagi para merchant asal Indonesia yang mencoba fitur ini untuk pertama kalinya.
"Eksposur ini juga dirasakan oleh para merchant dari kategori Elektronik yang mengalami pertumbuhan GMV hingga 118,7% saat Mega Sale 11.11, di mana brand OPPO berhasil mencapai pertumbuhan GMV sebesar 502,8% dibandingkan saat periode sebelumnya," tulisnya.
Untuk kategori barang belanja yang paling diminati, TikTok Shop mengatakan punya beragam kategori produk yang dapat ditemukan pengguna di dalam platform, di antaranya: Perawatan dan Kecantikan, Fashion (Fashion wanita, laki-laki, anak-anak dan baju hamil), Produk FMCG, Telepon dan Elektronik, Perlengkapan Rumah dan lainnya.
Baca Juga: TikTok Buat Sistem Peringatan Pelanggaran Baru Untuk Konten Kreator
Namun di antara kategori tersebut, kategori Fesyen dan FMCG merupakan kategori dengan performa tertinggi di TikTok Shop sepanjang tahun 2022.
Pertumbuhan ini disebutkan TikTok Shop untuk berupaya menjadi platform e-commerce paling terpercaya dan mudah digunakan, di mana bisnis dari berbagai skala, baik bisnis baru atau perusahaan multinasional dapat menemukan ruang, sumber daya, dan kreativitas untuk melibatkan audiens baru melalui konten yang menghibur.
"Di tahun 2023 ini, kami berharap dapat meningkatkan kinerja platform untuk meningkatkan antusias pembeli serta mendukung bisnis semua skala di TikTok Shop, serta menyediakan tools dan sumber daya yang baik untuk dapat terus berkolaborasi dengan komunitas TikTok yang beragam dan menciptakan konten yang menarik," tandasnya.