04 Januari 2024
12:28 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
JAKARTA - SIRCLO, omnichannel commerce enabler di Indonesia, mengumumkan kemitraannya dengan Shopify, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Disebutkan, langkan ini dilakukan untuk memperkuat lanskap e-commerce keduanya.
Chief Technology Officer SIRCLO Muliadi Jeo menjelaskan, kemitraan ini ditujukan untuk mengubah pengalaman ritel online, dengan menggabungkan kekuatan kedua perusahaan untuk menawarkan platform e-commerce yang unggul di Indonesia.
"Fokus dari kemitraan ini adalah integrasi antara infrastruktur teknologi Shopify dan layanan teknologi custom SIRCLO; yaitu SWIFT Omnichannel," kata Muliadi dalam pernyataan resmi, Kamis (4/1).
Dia menuturkan, kemitraan ini juga bertujuan untuk menyediakan platform e-commerce yang canggih dan andal, integrasi ini disesuaikan dengan berbagai kebutuhan ekosistem bisnis Indonesia dalam pasar daring yang kian dinamis.
Di samping itu, pihaknya juga menekankan elemen utama dari kemitraan ini adalah fokus pada lokalitas. Muliadi menjelaskan, dengan memanfaatkan pemahaman mendalam SIRCLO tentang kebutuhan pasar lokal, kolaborasi ini merupakan penyesuaian platform global Shopify dengan kebutuhan khusus bisnis dan konsumen Indonesia.
Baca Juga: Dorong Ekonomi Hijau, Sirclo Klaim Sukses Tekan Emisi Pelaku Usaha
Pendekatan ini disebut mencakup solusi pemasaran digital, metode pembayaran hingga jasa ekspedisi, guna memastikan pengalaman berbelanja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis lokal.
“Kemitraan strategis SIRCLO dengan Shopify secara langsung meningkatkan solusi teknologi kami untuk lanskap bisnis yang dinamis di Indonesia,” ujarnya.
Dengan 10 tahun keahlian SIRCLO di bidang e-commerce Indonesia, Muliadi bertekad memberikan layanan unggul yang disesuaikan dengan kebutuhan unik pasar lokal.
"Kami beraspirasi meningkatkan platform digital kami melalui kemitraan ini, memastikan bahwa pelaku ritel online di Indonesia memiliki akses terhadap kapabilitas commerce global," sebut Muliadi.
Komitmen Inovasi e-Commerce
Country Head dan Director, India dan Asia Tenggara di Shopify Bharati Balakrishnan mengatakan, kemitraan antara SIRCLO dan Shopify merupakan komitmen bersama untuk memberdayakan bisnis dengan solusi e-commerce yang unggul.
Kedua perusahaan ini menurutnya telah bertekad untuk menyediakan teknologi dan dukungan yang dibutuhkan bagi para bisnis untuk berkembang di era digital, khususnya di pasar Indonesia.
“Tujuan kami adalah seterusnya menyederhanakan pengoperasian dan pengelolaan perdagangan untuk bisnis ritel,” kata Bharati.
Baca Juga: SIRCLO Buka Studio Live Commerce
Kolaborasi dengan SIRCLO, lanjutnya, akan memberikan solusi lokal, komprehensif, dan terukur bagi dunia usaha di Indonesia, baik usaha kecil hingga menengah dan khususnya perusahaan besar, untuk mengelola bisnis mereka di seluruh marketplace dan memiliki situs web D2C secara seamless.
"Kami yakin bahwa kemitraan ini akan membantu membuka potensi yang semakin luas bagi merek-merek besar dan pelaku ritel dalam ekosistem perdagangan Indonesia yang begitu berkembang," ucapnya.