c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

08 Maret 2024

20:05 WIB

Sasar 2 Juta Anggota, Garuda Indonesia UOB Credit Card Resmi Dirilis

Melalui sinergi antara dua perusahaan ini, ditaksir setidaknya dua juta anggota GarudaMiles dapat menikmati berbagai nilai tambah layanan penerbangan dan perbankan.

Penulis: Fitriana Monica Sari

Sasar 2 Juta Anggota, Garuda Indonesia UOB Credit Card Resmi Dirilis
Sasar 2 Juta Anggota, Garuda Indonesia UOB Credit Card Resmi Dirilis
Peluncuran Garuda Indonesia UOB Credit Card di Gandaria City, Jakarta, pada Jumat (8/3/2024). Dok. UOB

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bersama UOB Indonesia secara resmi meluncurkan "Garuda Indonesia UOB Credit Card" (GIUC) untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang terus berkembang dengan memberi lebih banyak poin reward (miles) saat berbelanja.

Selain menawarkan miles, Garuda Indonesia UOB Credit Card juga memberikan nasabah keistimewaan eksklusif ketika terbang dengan Garuda Indonesia, antara lain dalam bentuk gratis bagasi tambahan sebesar 20kg, reward tiga kali lipat dari GarudaMiles, konter check-in khusus, serta diskon 10% untuk penukaran miles.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menuturkan, kolaborasi dengan UOB Indonesia merupakan wujud komitmen perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, terutama anggota GarudaMiles, serta upaya perusahaan untuk meningkatkan pendapatan bisnis ancillary.

Melalui sinergi antara dua perusahaan ini, ditaksir setidaknya dua juta anggota GarudaMiles dapat menikmati berbagai nilai tambah layanan penerbangan dan perbankan.

“Kami berharap kemitraan strategis dengan UOB Indonesia akan semakin meningkatkan pengalaman perjalanan pelanggan melalui tingkat layanan dan keamanan seiring dengan komitmen kami dalam keunggulan layanan dan keselamatan. Garuda Indonesia berkomitmen untuk berperan dalam menghubungkan beragam destinasi Tanah Air serta memfasilitasi perjalanan domestik dan internasional. Kami berharap melalui inisiatif dan penawaran inovatif kepada pelanggan istimewa kami, kami dapat membuat perjalanan mereka lebih nyaman dan memuaskan," tutur Irfan dalam keterangan resmi, Jumat (8/3).

Dengan slogan “From Shops to Skies”, Garuda Indonesia UOB Credit Card memungkinkan para pelancong dan masyarakat yang gemar berbelanja mengakumulasikan triple GarudaMiles untuk seluruh transaksi retail di Garuda Indonesia dan double GarudaMiles untuk transaksi retail lainnya.

Pasalnya, seiring dengan perkembangan global, kebutuhan dan preferensi individu yang ingin meningkatkan pengalaman perjalanannya pun turut berubah.

Data dari TGM Global Travel Survey tahun 2023 menunjukkan bahwa 53% masyarakat Indonesia menempatkan berbelanja sebagai prioritas utama. Sementara, bagi 27% lainnya, pengalaman bersantap dan mencoba kuliner setempat ketika berlibur merupakan prioritas utama.

Hal ini menunjukkan pentingnya upaya menawarkan solusi yang inovatif, memberikan pengalaman yang disesuaikan kebutuhan, serta pengalaman yang dapat memenuhi keinginan setiap wisatawan yang terus berkembang. 

Pengeluaran untuk Berlibur Besar
Masih dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya terus berupaya menjadi bank pilihan para nasabah yang ingin memiliki pengalaman unik.

"Garuda Indonesia UOB Credit Card UOB bukan sekadar alat pembayaran, namun dirancang untuk meningkatkan pengalaman perjalanan para nasabah," ujar Hendra.

Data dari UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2023 menunjukkan terjadi peningkatan jumlah masyarakat Indonesia yang bersedia mengeluarkan dana dalam jumlah yang lebih banyak untuk menikmati pengalaman gaya hidup, termasuk untuk bepergian.

Tren ini juga terlihat pada basis nasabah UOB Indonesia, di mana adanya pengeluaran untuk berlibur mencapai 14% dari total pengeluaran, atau 20% lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

"Oleh karena itu, kami senang dapat berkolaborasi dengan mitra yang memiliki kesamaan visi seperti Garuda Indonesia untuk melayani beragam kebutuhan individu di Indonesia dan di kawasan," katanya.

Peningkatan Sektor Perjalanan
Asal tahu saja, sektor perjalanan nasabah telah mengalami transformasi signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Studi yang dilakukan oleh Statista menunjukkan bahwa sektor perjalanan dan pariwisata Indonesia mengalami peningkatan dalam hal pariwisata domestik. Hal ini didorong oleh pertumbuhan kelas menengah dan peningkatan infrastruktur.

Pasar ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan sebesar US$8.971 juta pada tahun 2024 dan diproyeksikan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan atau compounded annual growth rate sebesar 5,04% dari tahun 2024 hingga 2028 mencapai US$10.920 juta.

Untuk itu, Hendra mengungkapkan bahwa Garuda Indonesia UOB Credit Card nantinya tak hanya bisa digunakan di lokal Indonesia, tetapi juga negara-negara lain.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar