Selamat

Rabu, 26 Januari 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

15 Januari 2022

15:41 WIB

Sandiaga Ajak Desa Wisata Maksimalkan Produk-Produk Kreatif

Komunitas dan pengelola desa wisata, harus mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki pada masing-masing kawasannya.

Penulis: Yoseph Krishna,

Editor: Fin Harini

Sandiaga Ajak Desa Wisata Maksimalkan Produk-Produk Kreatif
Anak-anak sedang bermain permainan tradisional di Desa Wisata Saung Ciburial. Sumber Foto: saungciburial.com/dok

MAGELANG - Dalam rangka pengembangan kepariwisataan melalui desa wisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meminta para komunitas dan pengelola agar memaksimalkan potensi sumber daya alam serta produk kreatif.

Optimalisasi potensi SDA dan produk kreatif itu kemudian dibungkus dengan inovasi agar menjadi sebuah produk wisata yang berdaya saing. Dalam hal ini, Sandiaga menyebut inovasi itu bisa dilakukan salah satunya dengan menggabungkan potensi ecotourism, nature based tourism, dan nature eco wellness adventure dalam sebuah paket wisata.

Dalam kunjungannya ke Studi Banding Pelaku Wisata Kabupaten Subang Jawa Barat di Graha Mandala, Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sandiaga Uno menuturkan inovasi-inovasi itu akan berkembang cepat dan menjadi mainstream baru di dunia kepariwisataan.

"Dengan begitu, daya tarik wisatawan akan meningkat dan ekonomi bergerak dengan terbukanya potensi lapangan kerja," sebut Menparekraf dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (15/1).

Jika semua potensi wisata disandingkan, Menparekraf yakin akan menjadi paket kesatuan yang lengkap dalam rangka menangkap peluang pergeseran preferensi wisatawan, baik wisatawan nusantara ataupun mancanegara.

"Kemudian ada paket inovasi seperti hybrid event, staycation, virtual tour, private picnic package, dan lainnya," sambungnya.

Namun sebelum memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki, Menparekraf mengatakan suatu daerah, dalam hal ini komunitas dan pengelola desa wisata, harus mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki pada masing-masing kawasannya.

Sebagai contoh, ia menyebut Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah mengidentifikasi potensi tentang tujuh gunung, Candi Borobudur, dan sejumlah objek wisata lain, termasuk dari subsektor kuliner. Pasalnya, Magelang ia sebut juga sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

"Magelang juga memiliki kopi di dalamnya. Tadi saya suda coba pawon luwak kopi dan rasanya luar biasa. Inilah yang harus dibangun," tegas Sandiaga.

Sementara bagi pelaku wisata, Sandiaga mengimbau agar mereka harus bisa beradaptasi di tengah pandemi yang hingga kini belum usai. Menurutnya, domestic micro tourism di era pariwisata normal baru nantinya tak hanya kepariwisataan yang mengandalkan jumlah besar, tetapi wisatawan yang berada di sekitaran destinasi.

Lebih lanjut, ia menilai untuk membangun sektor pariwisata nasional yang berdaya saing di era pandemi, butuh kolaborasi dari semua pihak yang juga dalam rangka membuka lapangan pekerjaan. Salah satu kolaborasi yang tengah didorong dalam pengembangan wisata adalah pentahelix.

"Kami dorong terus kolaborasi pentahelix dalam pengembangan wisata, bagaimana juga mengembangkan pariwisata berbasis komunitas dengan homestay-homestay-nya," kata Sandiaga Uno.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER