Selamat

Kamis, 1 Desember 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

07 Oktober 2022

13:08 WIB

PTPN X Giling 4 Juta Ton Tebu Di Sembilan Pabrik Gula

Pada tahun 2022, PTPN X menargetkan menggiling tebu 4,25 juta ton dengan rendemen 7,88%.

Editor: Fin Harini

PTPN X Giling 4 Juta Ton Tebu Di Sembilan Pabrik Gula
Ilustrasi. Antrean truk pengangkut tebu di pabrik gula PT. Rejoso Manis Indo (RMI) Blitar, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Irfan Anshori.

SURABAYA – Memasuki hari giling ke-126 musim ini, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menggiling 4,09 Juta ton tebu di sembilan pabrik gula miliknya.

Direktur PTPN X Tuhu Bangun mengatakan, berdasarkan laporan harian produksi sampai dengan 3 Oktober 2022 jumlah produksi gula total 280.824 ton dengan rendemen diproyeksikan di atas tujuh persen.

"Kinerja tahun 2022 ini jauh membaik jika dibandingkan dengan kinerja tahun lalu," katanya di Surabaya, Jumat (7/10), dilansir dari Antara.

Jika dibandingkan dengan hari giling yang sama pada tahun lalu, lanjutnya, jumlah tebu yang digiling meningkat 26%. Sementara itu, jumlah produksi gula juga meningkat 20%.

Perbaikan kinerja, lanjutnya, merupakan hasil dari evaluasi dan monitoring ketat serta penerapan dan pembenahan strategi giling baik di sisi on farm maupun off farm.

Menurutnya, jumlah tebu digiling yang tembus di atas 4 juta ton memecahkan rekor jumlah tebu digiling PTPN X dalam empat tahun terakhir. 

Selain itu, kata dia, angka produktivitas giling tahun ini yang mencapai 83 ton/hektare, juga tertinggi dibandingkan empat tahun terakhir.

Peningkatan ini diharapkan dapat berdampak pada kinerja operasional dan keuangan PTPN X secara keseluruhan, sehingga akan meningkatkan kontribusi PTPN X terhadap produksi gula nasional. Hal itu, kata dia, merupakan komitmen PTPN X dalam mendukung swasembada gula nasional.

Baca Juga: Perpres Swasembada Gula Dikhawatirkan Malah Perluas Impor

Pada sisa musim giling sekitar 30 hari, lanjut dia, PTPN X fokus menjaga keajegan pasok Bahan Baku Tebu (BBT) ke dalam pabrik gula dengan cara terus berkoordinasi dan bersinergi dengan petani.

Selain itu, kata dia, monitoring juga intensif dilakukan untuk menekan jam berhenti dan angka losses. Angka jam berhenti tahun ini yaitu 9,1% di mana lebih rendah dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 19,21%.

"Di sisa hari giling ini, kami optimistis akan mencapai target yang sudah dicanangkan. Giling diperkirakan sampai awal November 2022. Kami akan mengoptimalkan seluruh upaya agar PTPN X mampu menggiling tebu jauh di atas RKAP 2022 4,2 juta ton dan memproduksi gula lebih dari 340 ribu ton," kata Tuhu.

Baca Juga: PTPN XI Giling Lebih Dari 4 Juta Ton Tebu Di September

Sebagai informasi, pada tahun 2022, PTPN X yang merupakan Anak Perusahan dari Holding Perkebunan Nusantara menargetkan menggiling tebu 4,25 juta ton dengan rendemen 7,88%. Melalui target tebu digiling tersebut, PTPN X optimis akan mampu memproduksi gula sejumlah 340.375 ton.

PTPN X memulai Musim Giling Tahun 2022 pada bulan Mei, diawali oleh Pabrik Gula (PG) Gempolkrep dan PG Kremboong. Sepanjang Januari sampai April ini, PTPN X berfokus pada perawatan pabrik serta budidaya tebu secara optimal. Perawatan pabrik ini bertujuan untuk mendukung peningkatan produksi gula dan meningkatkan efisiensi proses.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER