c

Selamat

Jumat, 26 April 2024

EKONOMI

07 Oktober 2022

13:55 WIB

Pluang Hadir Dengan Tampilan Baru

Tercatat, sebanyak 61% responden mengalokasikan kurang dari 1 juta rupiah dari pendapatan bulanannya untuk berinvestasi.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Pluang Hadir Dengan Tampilan Baru
Pluang Hadir Dengan Tampilan Baru
Pluang perkuat identitas dengan tampilan baru. Pluang/Dok.

JAKARTA - Pluang, platform investasi multiaset di Indonesia, lahir kembali tepat pada tahun kelahirannya yang ketiga dengan tampilan logo, produk investasi, dan fitur-fitur baru.

Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengatakan, tampilan baru ini mewakili semangat Pluang untuk membuka akses investasi seluas luasnya dan memberikan cara cerdas dalam mengatasi tantangan yang dihadapi masyarakat dalam berinvestasi serta mengelola aset di era disrupsi digital ini.

"Tampilan baru Pluang menggambarkan bahwa berinvestasi merupakan sebuah perjalanan yang menyenangkan bagi para investor ritel Indonesia yang mayoritas adalah kalangan generasi muda. Selain itu, tampilan baru Pluang saat ini juga mewakili ekosistem Pluang sebagai All in one Investment App yang semakin mapan dan memberikan kemudahan serta manfaat bagi masyarakat," katanya dalam pernyataan resminya Jumat (07/10).

Pluang, kata Claudia, akan menyediakan lebih banyak pilihan aset-aset investasi baru pada saham AS dan aset kripto. Inisiatif ini menurutnya merupakan bentuk nyata komitmen Pluang sebagai platform investasi multi-aset yang selalu membawa inovasi terbaru dalam mendukung jutaan generasi muda Indonesia meraih kemerdekaan finansial.

“Kami memperkenalkan identitas baru Pluang yang mencerminkan dinamisme generasi milenial dan zilenial sebagai agen perubahan yang mampu mendukung pertumbuhan pesat ekonomi digital Indonesia. Pluang ingin menjadi mitra terpercaya dalam perjalanan para generasi muda dalam meraih kemerdekaan finansialnya. Dalam kondisi pasar yang dihantui ketidakpastian, perjalanan berinvestasi akan membutuhkan daya resiliensi tinggi. Oleh karenanya, kami berkomitmen penuh untuk menciptakan inovasi dan memberikan solusi berinvestasi yang terbaik bagi masyarakat," jelasnya.

Dia juga menuturkan dengan inovasi yang terus Pluang lakukan dapat terlihat adanya pertumbuhan pengguna aktif yang konsisten selama tahun 2022. 

Hal ini juga disertai dengan semakin meningkatnya preferensi investor ritel untuk mendiversifikasi aset investasinya di berbagai kelas aset yang disediakan.

Momentum rebranding Pluang sejalan dengan temuan hasil studi “Dampak Aplikasi Multi-Aset Terhadap Pertumbuhan Investor Ritel” yang mensurvei 3.530 responden investor ritel dari seluruh Indonesia. Studi yang dilakukan oleh lembaga riset Center for Economic and Law Studies (CELIOS) bersama Pluang menunjukan bahwa kehadiran aplikasi investasi multi-aset yang mengintegrasikan beberapa pilihan instrumen investasi dalam satu aplikasi memudahkan investor untuk memperluas portofolio, mengawasi asetnya, dan membantu perencanaan untuk tujuan jangka panjang. 

"Mayoritas responden pun setuju bahwa keberadaan aplikasi investasi multi-aset berdampak positif terhadap pendapatan investor ritel serta pertumbuhan ekonomi nasional. Banyaknya penawaran produk di aplikasi investasi multi-aset dilansir dapat mendorong diversifikasi portofolio serta peningkatan literasi terkait berbagai macam produk investasi," tambah Claudia.

Untuk diketahui, mayoritas responden studi ini berumur 18-35 tahun, yang notabene merupakan generasi milenial dan zilenial. Hasil studi ini juga menemukan bahwa investasi tidak lagi terbatas pada investor bermodal besar, namun dapat dimulai dengan modal yang terjangkau. 

Tercatat, sebanyak 61% responden mengalokasikan kurang dari 1 juta rupiah dari pendapatan bulanannya untuk berinvestasi.

“Peluncuran identitas baru Pluang menjadi pemicu bagi kami untuk terus menggaungkan tercapainya kemerdekaan finansial masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Kami ingin membawa semangat ini sebagai motor segala inovasi produk investasi yang akan kami tawarkan, sehingga investasi akan melekat sebagai gaya hidup baru masyarakat Indonesia yang semakin melek finansial.” imbuhya.

Pluang untuk mendukung diversifikasi aset dipertegas kini hadir dengan banyaknya pilihan produk investasi yang tersedia, seperti saham AS hingga aset kripto, yang dimulai dengan harga yang terjangkau. Dalam menawarkan produk saham AS, Pluang bermitra dengan PT PG Berjangka yang merupakan pialang berjangka yang terdaftar dan memiliki izin Penyalur Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

Pengguna Pluang sekarang bisa berinvestasi di produk saham AS yang diperdagangkan di NASDAQ dan NYSE hanya dengan tiga kali klik mulai dari Rp5.000 di 47 perusahaan top global secara langsung seperti Tesla, NVIDIA, Apple, Amazon, Airbnb, Netflix, Twitter, Grab, Sea.

Terkait penawaran aset kripto, Pluang bekerja sama dengan PT Bumi Santosa Cemerlang selaku pemegang izin Calon Pedagang Fisik Aset Kripto dari Bappebti dan menawarkan lebih dari 150 pilihan koin yang dapat diperdagangkan. 

Pengguna Pluang kini bisa berinvestasi aset kripto dengan beragamnya pilihan koin. Dari pilihan koin tersebut diantaranya adalah APE, SHIB, dan ACH. Koin-koin ini merupakan koin yang mulai terintegrasi ke dalam ekosistem gaming dan dapat digunakan untuk bertransaksi di dalam game. 

Sebagai contoh, APE yang yang baru-baru ini juga merambah ke ekosistem mobile dan NFT gaming, ACH yang memungkinkan para gamer bertransaksi dalam game AAA, serta SHIB yang digunakan dalam proyek kripto meme paling populer.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar