Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

BERITA

22 Juli 2021|11:22 WIB

Modal Ventura Global Cetak Rekor Investasi US$268,7 Miliar

Dana-dana modal ventura AS mengumpulkan US$70 miliar pada paruh pertama tahun ini, meningkat 65% dari tahun sebelumnya

Oleh: Faisal Rachman

ImageIlustrasi Startuo. dok.ist

SAN FRANCISCO – Investasi modal ventura global berada pada level tertinggi tahun ini. Hal ini didorong oleh lonjakan ekuitas, likuiditas yang lebih tinggi, dan peningkatan minat pada sektor-sektor yang diuntungkan oleh pandemi virus corona.
 
Menurut data Refinitiv, dana modal ventura global menginvestasikan us$268,7 miliar tahun ini. Angka ini jauh melampaui total investasi mereka sebesar US$251,2 miliar pada periode yang sama setahun sebelumnya.
 
Sebagian besar dari kesepakatan itu ada di perangkat lunak, e-commerce, perawatan kesehatan digital, dan perusahaan teknologi keuangan. Bisa dibilang, tertuju pada produk dan layanannya memiliki permintaan yang kuat selama pandemi.
 
“(lockdown) dan perubahan perilaku konsumen telah memicu pertumbuhan untuk startup (usaha rintisan) digital, pada gilirannya, mempercepat minat investor,” kata Jaime Moreno, Direktur Operasi Secfi, penyedia alat-alat perencanaan ekuitas untuk karyawan startup yang berbasis di san francisco seperti dilansir Antara, kamis (22/7). 

Startup tahap akhir telah menarik bagian terbesar dari dana-dana tersebut, dengan perusahaan modal ventura memompa US$195,3 miliar atau sekitar 73% dari total investasi mereka. Sementara perusahaan tahap awal telah menerima US$73,4 miliar.

“Modal ventura terus mengalir ke startup tahap selanjutnya. Ini didorong oleh euforia beberapa langkah besar keluar (exit) baru-baru ini,” kata Swati Chaturvedi, Chief Executive Officer (CEO) dari platform angel investor Propel X yang berbasis di San Francisco.
 
Selain itu, perusahaan modal ventura duduk di banyak komitmen yang belum dialokasikan," imbuhnya.

Suku bunga terendah, bersegera untuk mendiversifikasi portofolio mereka dan serangkaian keberhasilan keluar, juga telah mendorong investor global untuk menyisihkan lebih banyak uang untuk dana-dana modal ventura tahun ini.
 
Dana-dana modal ventura AS mengumpulkan US$70 miliar pada paruh pertama tahun ini. Angka ini meningkat 65% dari tahun sebelumnya, menurut data Refinitiv. Dana-dana Asia dan Eropa masing-masing mengumpulkan US$16,1 miliar dan US$8,2 miliar, jauh lebih tinggi daripada tahun lalu.
 
“Tahun pemecahan rekor untuk pendanaan modal ventura secara global adalah hasil dari ekonomi kreatif menjadi kelas aset yang sah dan investor mengetahui bahwa mereka perlu memiliki alokasi,” kata Jeff Ransdell, Direktur Pelaksana fuel venture capital yang berbasis di Miami, Florida.
 
Bulan lalu, perusahaan modal ventura Accel mengumpulkan lebih dari US$3 miliar di tiga dana investasi baru, untuk mendukung perusahaan di Amerika Serikat, Eropa dan Israel. 

Asal tahu saja, sejak 2019 sebanyak 10 perusahaan, tempat Accel berinvestasi, dipublikasikan, termasuk Slack, Bumble, Uipath, Crowdstrike, dan Deliveroo.
 
Sementara, perusahaan modal ventura inovasi biomedis menjadi terapi Vida Ventures, mengumpulkan US$825 juta bulan lalu, dalam putaran pendanaan yang kelebihan permintaan dari para investor institusi blue-chip di seluruh dunia. 

Data dari Cb Insights sendiri menunjukkan Tiger Global, Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital China, memimpin aktivitas kesepakatan pada kuartal kedua.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA