c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

29 September 2021

15:23 WIB

MNC Bank-Pos Indonesia Kembangkan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu

Fitur setor dan tarik tunai tanpa kartu ini menjadi pendorong user acquisition dari kalangan unbanked dan underbanked yang masih mendominasi hingga lebih dari 70% masyarakat Indonesia

Editor: Fin Harini

MNC Bank-Pos Indonesia Kembangkan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu
MNC Bank-Pos Indonesia Kembangkan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu
Petugas loket PT POS Indonesia Cabang Jambi layani nasabah. ANTARAFOTO/Dok

JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dan PT MNC Teknologi Nusantara, anak usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk mengembangkan fitur layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu.

Dengan kerja sama tersebut, proses penyetoran dan penarikan uang tunai dari dan ke rekening MotionBanking, aplikasi perbankan digital milik MNC Bank, dapat dilakukan hingga di daerah terpencil seluruh Indonesia. Untuk memanfaatkan layanan itu, nasabah MotionBanking hanya perlu menggunakan aplikasi, tanpa kartu ataupun buku tabungan.

Chief Operating Officer MotionBanking Teddy Tee di Jakarta, Rabu, meyakini kerja sama MotionBanking dengan Pos Indonesia menjadi langkah penting untuk mengakomodasi kebutuhan perbankan masyarakat di pelosok. Melalui kerja sama itu, MotionBanking memposisikan diri sebagai game changer dalam perkembangan bank digital, terutama di daerah terpencil di Indonesia.

"Fitur setor dan tarik tunai tanpa kartu ini menjadi pendorong user acquisition dari kalangan unbanked dan underbanked yang masih mendominasi hingga lebih dari 70% masyarakat Indonesia. BABP dengan dukungan MNC Media, akan terus mendorong literasi keuangan hingga ke seluruh Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan," ujar Teddy.

Sebagai informasi, pemahaman atau literasi akan keuangan dasar masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Kurang dari setengah masyarakat memiliki pemahaman akan keuangan. Survei Nasional Literasi dan inklusi keuangan OJK pada 2019 menunjukkan pada 2019 indeks literasi keuangan sebesar 38,03%.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, kolaborasi dengan MotionBanking merupakan wujud lebih lanjut dari komitmen Pos Indonesia untuk mengembangkan bisnis serta berpartisipasi dalam upaya nasional meningkatkan inklusi keuangan.

Kerja sama tersebut juga semakin melengkapi berbagai layanan yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari layanan pengiriman barang dan dokumen, maupun kebutuhan akan transaksi layanan keuangan seperti pembayaran berbagai tagihan listrik, air, pulsa, cicilan kendaraan, iuran BPJS Kesehatan, premi asuransi, termasuk setor dan tarik tunai bagi nasabah MotionBanking.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan hingga ke seluruh wilayah Republik Indonesia," ujar Faizal.

Pos Indonesia memiliki jaringan yang luas dengan 4.524 kantor pos di seluruh Indonesia, tersebar hingga ke pelosok nusantara. Didukung dengan akseptasi masyarakat terhadap layanan keuangan digital yang terus meluas, layanan setor tarik tunai kerja sama Motionbanking dan Pos Indonesia akan memungkinkan inklusi keuangan masyarakat di wilayah dengan akses kantor cabang bank yang terbatas.

Melayani dan menjangkau setiap pelosok Indonesia selama lebih dari 275 tahun, Pos Indonesia terus berupaya meningkatkan fondasinya menuju transformasi menjadi organisasi yang berinovasi.

Berfokus pada empat pilar layanan utama yang menyediakan layanan kurir dan logistik, bisnis jaringan dan layanan keuangan, properti, dan Pos Financial (PosFin), Pos Indonesia juga tersedia secara digital bagi pengguna melalui aplikasi Pospay dan Pos Aja!, membangun jembatan digital agar lebih dekat dengan pelanggan dan memfasilitasi berbagai kebutuhan layanan jasa keuangan, kurir, dan logistik.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar