Selamat

Senin, 23 Mei 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

14 Mei 2022

09:45 WIB

Menparekraf Tekankan Pentingnya Kualitas SDM Di Destinasi Wisata

Modul STDev diharapkan bisa menjadi instrumen dalam pengembangan kepariwisataan secara holistik dan terpadu oleh SDM pariwisata dan pemangku kepentingan terkait.

Penulis: Yoseph Krishna,

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Menparekraf Tekankan Pentingnya Kualitas SDM Di Destinasi Wisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. ANTARA FOTO/Fauzan
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa kualitas pelaku pariwisata di destinasi-destinasi seluruh Indonesia memegang peranan penting dalam pengembangan sektor terkait.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan upaya mengedepankan konsep pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Apalagi, konsep pariwisata sehat dan berkelanjutan menjadi aspek penting dalam pemulihan pascapandemi.

"Hal ini sesuai dengan tren pariwisata pascapandemi covid-19 yang costumize, personalize, localize, dan smaller in size dengan menekankan aspek keamanan, kesehatan, konservasi bagi alam, budaya dan lingkungan, serta digitalisasi," ujarnya lewat siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (13/5).

Terkait aspek kualitas SDM, Menparekraf menegaskan pihaknya menjadikan faktor tersebut sebagai salah satu prioritas pengembangan destinasi wisata, yakni melalui program upskilling, reskilling, serta penambahan skill baru, baik secara daring maupun luring.

Pasalnya, Sandiaga optimis sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif bisa membuka banyak lapangan pekerjaan guna memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di titik-titik strategis pariwisata.

"Tentunya juga demi 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang menggantungkan hidupnya di sektor ini," tutur Menparekraf.

Oleh karenanya, Menteri Sandiaga berharap Modul Sustainable Tourism Development (STDev) ini bisa dijadikan sebagai instrumen secara holistik dan terpadu dalam pengembangan desa wisata, destinasi pariwisata, dan kawasan pariwisata di wilayah perairan dan daratan oleh para SDM pariwisata dan pihak terkait lainnya.

"Termasuk berbagai sektor usaha pariwisata dalam tatanan rantai nilai ekosistem kepariwisataan," tegas Sandiaga Uno.

Tak sampai situ, Sandi Uno pun mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berkomitmen dan bersinergi dengan strategi adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk memperkokoh sustainable and resilient tourism at the heart of an inclusive recovery.

 "Peningkatan literasi dan pemahaman STDev ini semoga dapat mengakselerasi penerapan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan yang tangguh dan inklusif untuk meningkatkan kualitas daya saing pariwisata Indonesia sebagai Sustainable Hub di kawasan Asia Pasifik," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, ia menjelaskan selain pengembangan kualitas SDM, Kemenparekraf juga menyusun serangkaian program dalam rangka mengedepankan pariwisata yang sehat dan berkelanjutan.

Program-program tersebut disusun dalam satu kerangka tujuan, yakni mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk, pengelolaan destinasi wisata, hingga service and hospitality management.



KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER