Selamat

Selasa, 5 Juli 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

24 Juni 2022

18:45 WIB

Manfaatkan Aset Negara, LMAN Dorong Industri Ekonomi Kreatif

Aset yang dimaksud berupa bangunan ruko tiga lantai dengan luas tanah 491 m2; Luas bangunan eksisting 656,25 m2.

Penulis: Rheza Alfian,

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Manfaatkan Aset Negara, LMAN Dorong Industri Ekonomi Kreatif
Foto pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (10/12/2021). ANTARAFOTO/Galih Pradipta

JAKARTA – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) memanfaatkan aset negara untuk mendukung ekosistem ekonomi kreatif. Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi bilang, hal itu terlihat dari pemanfaatan aset di Jalan Panglima Polim Raya Nomor 20, Jakarta Selatan.

"Ini dulu bekas gedung bank sudah mangkrak bertahun-tahun kemudian diserahkan kelolakan kepada LMAN," ujarnya dalam Media Briefing, Jakarta, Jumat (24/6).

Aset yang dimaksud berupa bangunan ruko tiga lantai dengan luas tanah 491 m2; Luas bangunan eksisting 656,25 m2.

Pada tanggal 1 Desember 2021, dikerjasamakan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pengembangan Rumah Tutur dengan jangka waktu pemanfaatan lima tahun.

"Yang di sini nantinya akan dikembangkan menjadi pusat ekosistem industri kreatif," imbuh Basuki. Ia menambahkan, nantinya di Rumah Tutur akan dijadikan sebagai pusat workshop, inkubasi, untuk pengembangan industri kreatif.

Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio Kemenparekraf Syaifullah Agam menambah, Rumah Tutur adalah sebuah kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dan Kementerian Keuangan untuk mengimplementasikan story nomics dengan mendorong penciptaan hak kekayaan intelektual dan inkubasi kreatif dalam mengembangkan produk kreatif unggulan.

"Kenapa intellectual property (IP) menjadi penting karena core-nya dari ekonomi kreatif itu adalah IP," ucapnya.

Ia bilang, Rumah Tutur akan mendigitalisasi cerita rakyat, pasar tutur (UMKM marketplace), ekosistem kreatif, rumah identitas bangsa, hingga IP content.

"Pasar Tutur saat ini ada 58 UMKM yang masuk, 12 lagi proses pengiriman barang, ada 138 sudah dikurasi, dan ini kita lakukan secara online dan offline," imbuh Syaifullah.

Sitaan Aset BLBl

Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan Aset LMAN Candra Giri Artanto menjelaskan, aset yang dijadikan Rumah Tutur berasal dari jaminan Bank Dana Asia atas pinjaman BLBI.

"Ini gelombang pertama penyelesaian zaman dulu, tidak bisa disamakan dengan BLBI akhir-akhir ini. Ini dulu namanya hak tebus Bank Indonesia. Dulu LMAN menyelesaikan hak tebus ke Bank Indonesia, menyelesaikan sesuai utangnya zaman dulu," ujarnya.

Untuk diketahui, LMAN mengurus aset 288 Properti; 2 Aktiva Kilang; 1 Kawasan Ciperna. 

Telah tersusun 185 Business Case aset kelolaan (Highest Best Use Study, Feasibility Study dan Concept Development) dan 1 BC Kawasan Ciperna; serta 33 Project Advisory dan 17 riset ekonomi dan pasar.

Melakukan pengamanan terdiri dari 245 Aset kelolaan telah dilakukan penguasaan fisik; 4 aset dalam upaya pengamanan Aset kelolaan; 44 aset berstatus litigasi/sengketa; 160 Aset kelolaan telah disertifikatkan a.n. Kementerian Keuangan; 33 Aset kelolaan telah diselesaikan tunggakan PBB.

Kemudian, 141 Aset kelolaan telah diselesaikan service charge; 256 aset proses penyelesaian tunggakan PBB; 3 aset proses penyelesaian service charge; 68 aset proses sertifikasi an Kemenkeu; 52 sertifikat yang masih dalam status clearing legalitas.

Selanjutnya, 85 telah selesai dilakukan Renovasi/Konstruksi; dan 23 aset proses renovasi.

Serta telah melakukan optimalisasi 76 Aset Kelolaan Financial Close; 43 Ready Stock (proses pemasaran); 100 Ready as it is (Clean & Clear; fisik : Bare Condition); Kawasan Ciperna; dan 2 Aktiva Kilang. Dan melakukan monitoring dan evaluation terhadap 76 aset kelolaan.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

Tahapan Balas Surat Cinta ETLE

Telisik Masalah Lingkungan Dari Kandang Temporer Hewan Kurban

DKI Larang Pedagang Jual Hewan Kurban Di Trotoar

Huawei Rilis Varian Nova 10 Series

Menteri Basuki Ingatkan Aspek Konstruksi Proyek Tol Semarang-Demak

Presiden Ingatkan Rakyat Awasi Kinerja Polri

BKKBN Fokus Tekan Angka Stunting Indonesia Dengan Kolaborasi

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor