c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

18 Agustus 2025

20:24 WIB

Liburan 17 Agustus 2025, KAI Daop 1 Jakarta Layani 311 Ribu Pelanggan

Selama periode libur panjang HUT ke-80 Republik Indonesia, KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan rata-rata 87 perjalanan kereta api per hari.

Penulis: Ahmad Farhan Faris

<p id="isPasted">Liburan 17 Agustus 2025, KAI Daop 1 Jakarta Layani 311 Ribu Pelanggan</p>
<p id="isPasted">Liburan 17 Agustus 2025, KAI Daop 1 Jakarta Layani 311 Ribu Pelanggan</p>

Ilustrasi. Calon penumpang kereta api memasuki peron Stasiun Pasar Senen di Jakarta, Senin (19/12/2022). Antara Foto/Muhammad Adimaja

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) mencatat sebanyak 311.847 pelanggan menggunakan kereta api selama masa libur panjang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia pada 14 sampai 18 Agustus 2025.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko merinci jumlah pelanggan tersebut terdiri dari penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) mencapai 270.586 pelanggan, terdiri dari 143.617 penumpang naik dan 126.969 penumpang turun. Lalu, Kereta Api Lokal melayani total 41.261 pelanggan, terdiri dari 20.609 penumpang naik dan 20.652 penumpang turun.

“KAI Daop 1 Jakarta terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, baik dari sisi operasional maupun fasilitas pelayanan di stasiun dan atas kereta. Semangat kemerdekaan menjadi motivasi kami untuk terus menghadirkan layanan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata Ixfan melalui keterangannya pada Senin (18/8).

Baca Juga: KAI Group Catat Kenaikan Jumlah Penumpang Periode Januari-Juli 2025

Selama periode libur panjang HUT ke-80 Republik Indonesia, KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan rata-rata 87 perjalanan kereta api per hari.

Lebih rinci, terdapat 76 perjalanan KAJJ, dengan 41 perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan 35 perjalanan dari Stasiun Pasar Senen. Dari jumlah tersebut sudah termasuk 4 perjalanan kereta api tambahan yakni 3 dari Gambir dan 1 dari Pasar Senen.

Lalu, ada 11 perjalanan KA Lokal, meliputi KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi 8 perjalanan dan KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat 3 perjalanan.

Adapun rincian volume penumpang per stasiun pada periode 14–18 Agustus 2025 adalah Stasiun Pasar Senen 82.506 pelanggan (naik 46.089, turun 36.417), Stasiun Gambir 64.890 pelanggan (naik 39.473, turun 25.417), Stasiun Bekasi 29.163 pelanggan (naik 15.941, turun 13.222), Stasiun Jatinegara 28.302 pelanggan (naik 15.647, turun 12.655).

Selanjutnya, Stasiun Cikampek 14.842 pelanggan (naik 8.055, turun 6.787), Stasiun Karawang 10.883 pelanggan (naik 6.412, turun 4.471), dan KA Lokal (total) 41.261 pelanggan (naik 20.609, turun 20.652)

Pada hari terakhir libur panjang Senin (18/8), volume penumpang di Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi dengan dominasi kedatangan dari berbagai daerah. Adapun, total penumpang naik dan turun di Daop 1 Jakarta mencapai 67.030 pelanggan (khusus di Peron Stasiun Pasar Senen).

Jumlah penumpang naik (berangkat) sebanyak 27.325 pelanggan, yakni Stasiun Pasar Senen 8.834 pelanggan, Stasiun Gambir 7.476 pelanggan, Stasiun Bekasi 3.348 pelanggan, Stasiun Jatinegara 1.577 pelanggan, Stasiun Cikampek 1.362 pelanggan, dan Stasiun Karawang 388 pelanggan.

Lalu, untuk KA Lokal, jumlah penumpang turun (datang) mencapai 39.705 pelanggan, yakni di Stasiun Pasar Senen 12.802 pelanggan, Stasiun Gambir 10.730 pelanggan, Stasiun Jatinegara 4.531 pelanggan, Stasiun Bekasi 4.318 pelanggan, Stasiun Cikampek 1.505 pelanggan, dan  Stasiun Karawang 792 pelanggan.

Baca Juga: Diskon Kereta Meriahkan HUT RI Ke-80, Liburan Jadi Makin Hemat

Suasana Peringatan Kemerdekaan
Ia menambahkan, libur panjang memperingati HUT ke-80 Republik Indonesia tahun 2025 ini menjadi momen istimewa bagi masyarakat. Karena, kata dia, pihaknya mengajak masyarakat turut serta merasakan suasana nasionalisme di stasiun maupun di atas kereta.

Misalnya, pembacaan detik-detik Proklamasi serta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada Minggu, 17 Agustus 2025, pukul 10.00 WIB. Kata Ixfan, KAI Daop 1 Jakarta menjadikan semangat kemerdekaan sebagai motivasi untuk terus menghadirkan layanan transportasi kereta api yang aman dan nyaman.

Untuk itu, KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi utama pada momentum libur panjang peringatan HUT ke-80 Republik Indonesia tahun 2025.

“Informasi lebih lanjut terkait layanan ini dapat diakses melalui saluran resmi KAI, termasuk aplikasi Access by KAI, contact center 121, dan media sosial resmi KAI,” ujarnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar