c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

EKONOMI

13 Maret 2023

21:00 WIB

Lazada-KemenkopUKM Dorong Digitalisasi UMKM

Melalui MoU ini, baik Lazada maupun Kemenkop UKM akan menggunakan kapabilitas dan sumber daya masing-masing untuk mendorong pengembangan dan transformasi digital koperasi dan UMKM di Indonesia.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Lazada-KemenkopUKM Dorong Digitalisasi UMKM
Lazada-KemenkopUKM Dorong Digitalisasi UMKM
Lazada MoU Signing bersama KemenkopUKM. Dok. Lazada

JAKARTA - Lazada Indonesia (Lazada) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) melakukan kemitraan dalam upaya memperkuat UMKM di Indonesia melalui seremonial penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Melalui MoU ini, baik Lazada maupun Kemenkop UKM akan menggunakan kapabilitas dan sumber daya masing-masing untuk mendorong pengembangan dan transformasi digital koperasi dan UMKM di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan, saat ini, 21,56 juta UMKM telah go digital, yang berarti 71,8% target pemerintah untuk mentransformasi 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital pada 2024 telah tercapai. 

"Kami melihat upaya untuk membantu pelaku UMKM untuk naik kelas dan melek digital harus terus dilakukan secara masif. Karena itu kami berharap penandatanganan nota kesepahaman dengan Lazada ini  mampu memperkuat komitmen bersama dalam mendukung upaya percepatan transformasi digital dan UMKM untuk naik kelas," katanya dalam pernyataan resmi, Senin (13/3).

Baca Juga: Lazada Gandeng Influencer Demi Seller Perluas Pasar

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, dengan semangat mendorong transformasi digital, pihaknya akan terus mengembangkan platform e-commerce yang mudah dan inklusif untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. 

"Kami siap untuk terus mendukung para UMKM di Indonesia dalam meningkatkan kompetensi dan daya saingnya, agar tidak hanya bisa berkompetisi di negeri sendiri, namun juga mampu mengembangkan bisnisnya hingga ke mancanegara melalui platform digital, seperti melalui e-commerce," tegasnya.

Ferry sendiri mengatakan Lazada memiliki layanan LazGoGlobal yang memungkinkan para penjual di Lazada untuk memasarkan produknya di lima negara lainnya di Asia Tenggara di mana Lazada beroperasi, yaitu Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. 

"Melalui layanan ini, penjual yang sudah siap diajak untuk memperluas pasarnya ke Asia Tenggara dengan berbagai kemudahan fitur yang ditawarkan, termasuk dengan dukungan jaringan Lazada Logistics yang juga telah beroperasi di enam negara di Asia Tenggara," ujarnya.  

Lazada Club Festival
Seremonial penandatanganan MoU antara Lazada dan Kemenkop UKM dilaksanakan di sela-sela acara Lazada Club Festival Jakarta, puncak dari rangkaian acara pembelajaran para penjual di Lazada yang telah dilaksanakan di total 21 daerah di Indonesia.

Agenda ini telah dimulai pada pertengahan tahun lalu di Surabaya, Jawa Timur. Sebagai informasi, Lazada Club Festival menjadi acara offline roadshow pertama untuk para penjual Lazada yang bergabung di Lazada Club, komunitas penjual resmi dari Lazada, setelah sebelumnya sempat terhenti dua tahun akibat pandemi dan lebih banyak dilaksanakan secara online.

Dalam acara Lazada Club Festival Jakarta, sebanyak 200 orang penjual Lazada hadir secara offline untuk belajar langsung dari para pembicara ahli, baik yang berasal dari Lazada maupun pembicara dari sesama penjual yang sudah lebih berpengalaman. 

Disebutkan, Lazada Club saat ini telah tersedia di 34 kota di Indonesia dan akan terus aktif menjalankan program pembelajaran untuk para penjual di Lazada.  



KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar