Selamat

Rabu, 26 Januari 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

14 Januari 2022

17:28 WIB

Kondisi Ekonomi Bikin Lelang Aset Tommy Soeharto Sepi Peminat

Kementerian Keuangan menyebutkan lelang empat aset tanah milik Tommy Soeharto akan diulang.

Penulis: Rheza Alfian,

Editor: Fin Harini

Kondisi Ekonomi Bikin Lelang Aset Tommy Soeharto Sepi Peminat
Ilustrasi. Aset tanah milik obligor BLBI yang disita di kawasan Jalan Teuku Cik Ditiro, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (2/9/2021). ANTARA FOTO/Fransisco

JAKARTA - Pemerintah mengakui faktor kondisi perekonomian dalam negeri yang membuat lelang aset PT Timor Putera Nasional (TPN) milik Tommy Soeharto tidak dilirik peminat. 

Menurut Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, pembeli akan berhati-hati karena pembelian aset tanah merupakan investasi yang besar.

"Soal aset Tommy Soeharto yang gak laku kita sadari bersama bahwa kondisi saat ini adalah kondisi ekonomi seperti apa. Itu jadi salah satu faktor kan aset berapa, tanah pasti investasi. Itu faktor Kenapa tidak ada peminat atau yang setor jaminan saat lelang kemarin," katanya dalam Bincang Media DJKN, Jakarta, Jumat (14/1).

Meski demikian, Tri menjamin aset yang dilelang pemerintah mempunyai legalitas yang kuat. Ia bilang, hal ini berlandaskan bukti yang dimiliki pemerintah. salah satunya sertifikat tanah.

"Salah satunya sertifikat, tentunya kita punya sertifikat. Semua orang tahu ini dalam konteks untuk kembalikan uang kepada negara," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, lelang aset PT Timor Putera Nasional (TPN) milik Tommy Soeharto melalui www.lelang.go.id yang dilaksanakan pada Rabu (12/1) oleh DJKN Kementerian Keuangan sepi peminat.

Sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yakni selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan lelang, tidak terdapat peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminan.

Karena itu, lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan tidak ada peminat

"Selanjutnya sebagai upaya pengembalian utang kepada negara atas nama PT TPN dapat segera terealisasi, DJKN melalui KPKNL Jakarta V akan menjadwalkan kembali lelang atas keempat aset jaminan tersebut," kata Tri dalam keterangan resmi.

Adapun ada empat aset jaminan kredit PT TPN yang disita Satgas BLBI. Keempat aset tersebut yaitu pertama, tanah seluas 530.125,526 meter persegi yang terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Kedua, tanah seluas 98.896,700 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors. Ketiga, tanah seluas 100.985,15 meter persegi terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 518.870 meter persegi terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Selanjutnya terhadap keempat aset dimaksud akan dilakukan penjualan secara terbuka (lelang). Untuk lelang tersebut semua aset dijadikan satu dengan nilai limit hingga Rp2,4 triliun.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER