c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

EKONOMI

02 September 2022

13:38 WIB

Kominfo Bahas Kerjasama Sektor Digital Dengan Belanda dan Spanyol

Peluang kerja sama sektor digital dengan Belanda dan Spanyol, antara lain menyangkut konektivitas, perlindungan data pribadi dan pengembangan startup.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Fin Harini

Kominfo Bahas Kerjasama Sektor Digital Dengan Belanda dan Spanyol
Kominfo Bahas Kerjasama Sektor Digital Dengan Belanda dan Spanyol
Ilustrasi Perlindungan data pribadi. Shutterstock/dok

JAKARTA – Indonesia membuka peluang kerja sama sektor digital dengan Belanda dan Spanyol, antara lain menyangkut konektivitas, perlindungan data pribadi dan pengembangan startup.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menggelar pertemuan bilateral di sela pelaksanaan Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting Presidensi G20 Indonesia.

“Baru saja kami selesai pertemuan bilateral antara Indonesia dan negeri Belanda. Kami juga berdiskusi potensi kerja sama Indonesia dengan negeri Belanda di sektor digital atau teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya, melansir dari siaran pers Kominfo, Jumat (2/9).

Menteri Digitalisasi Belanda Alexandra van Huffele mengakui pertemuan dalam DEWG G20 sangat penting untuk mendukung transformasi digital global. Ia mengungkapkan pembahasan terkait konektivitas, keterampilan digital, dan juga cara melindungi penggunaan data dengan cara yang benar merupakan hal penting bagi setiap negara.

“Semua tantangan ini pada dasarnya mendunia dan sangat berhubungan dengan negara. Gagasan tentang bagaimana memastikan bahwa orang mempercayai dunia digital juga merupakan isu yang muncul di seluruh dunia. Jadi, saya sangat senang bahwa kita akan mendiskusikannya besok dengan semua negara anggota G20,” tandasnya.

Sama halnya dengan Belanda, Menteri Johnny mengatakan Indonesia bersama Spanyol juga akan perkuat pengembangan di bidang startup dan keamanan siber serta saling memberi dukungan untuk memperkuat kerja sama di sektor digital bagi kedua negara. 

“Untuk menindaklanjuti agar kolaborasi dapat terwujud, kedua negara melakukan pertemuan bilateral terkait sektor infrastruktur hulu dan hilir. Infrastruktur hulu melalui teknologi satelit, hingga kerja sama tingkat hilir untuk mendukung misalnya digital startup,” jelas Menteri Johnny.

Menkominfo menyatakan saat ini Indonesia mempunyai banyak startup digital, demikian juga dengan Spanyol yang memiliki pengalaman dalam pengembangan startup digital.  “Saat ini di Indonesia ada satu decacorn, 14 unicorn dan lebih dari 3.000 digital startup. Spanyol punya banyak pengalaman tentang itu,” ungkapnya.

Menurut Menteri Johnny, Indonesia dan Spanyol juga membahas kerja sama mengenai keamanan siber. Menurutnya kedua negara berkomitmen untuk memberikan dukungan meningkatkan kemampuan cyber security. 

“Untuk itu kita akan melihat peluang bagaimana menciptakan satu umbrella framework, semacam model MoU antara Indonesia dan Spanyol untuk lingkup kerja sama bidang teknologi digital,” tandasnya.

Sekretaris Negara Spanyol untuk Digitalisasi dan Kecerdasan Buatan Spanyol, Carme Artigas menyatakan Pemerintah Spanyol juga mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk melahirkan startup digital tidak hanya di fase awal namun juga ketika peningkatan atau scale up.

“Indonesia telah terbukti sukses meluncurkan unicorn-unicorn penting. Kami melakukan hal yang sama di Spanyol. Kami memiliki modal pendanaan ventura dengan nilai valuasi US$4 miliar untuk mendukung kewirausahaan, terbuka juga untuk dana asing, seperti beberapa swasta dari Indonesia,” jelasnya.

Carme Artigas mengharapkan lewat rangkaian pertemuan dalam Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah Spanyol juga ingin berbagi visi mengenai isu soal data.

“Data adalah aset strategis bagi negara, perusahaan, dan warga negara. Kami juga mendukung visi Menteri Kominfo yang mengajukan permasalahan soal aliran data dengan kepercayaan untuk dibahas dalam pertemuan. Itu adalah salah satu topik yang ingin kami diskusikan hari ini,” ungkapnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER