c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

18 Mei 2021

08:40 WIB

Kolaborasi Gojek-Tokopedia Dinilai Permudah UMKM Go Digital

Kolaborasi kedua perusahaan diharapkan menghadirkan efisiensi dalam edukasi UMKM

Editor: Fin Harini

Kolaborasi Gojek-Tokopedia Dinilai Permudah UMKM <i>Go Digital</i>
Kolaborasi Gojek-Tokopedia Dinilai Permudah UMKM <i>Go Digital</i>
Warga membuka platform MallUMKM di Tokopedia beberapa waktu lalu. ANTARAFOTO/Prasetia Fauzani

JAKARTA – Kolaborasi bisnis yang dilakukan dua startup raksasa Gojek dan Tokopedia lewat pembentukan Grup GoTo dinilai mempermudah pengadopsian teknologi digital oleh UMKM. GoTo juga dinilai mempercepat UMKM naik kelas. 

Co-founder UKM Indonesia Dewi Meisari Haryanti mengatakan, kolaborasi dua startup ini akan membentuk super ekosistem bisnis digital yang menaungi jutaan UMKM.

"Bersatunya dua raksasa besar, yang merupakan perusahaan yang memiliki DNA untuk pemberdayaan UMKM ini, mestinya bisa membantu keduanya mengonsolidasikan beberapa sumber dayanya. Sehingga menciptakan efisiensi dalam hal market education," ujar Dewi di Jakarta, dilansir dari Antara, Senin (17/5).

Menurut Dewi, integrasi kedua raksasa ini memungkinkan pelaku usaha kecil untuk lebih mudah memahami transaksi secara digital. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tersedia dalam satu ekosistem, teknologi GoTo diyakini akan semakin inklusif.

"Semoga ke depan akan lebih banyak UMKM produsen yang bisa menjadi seller di marketplace GoTo yang punya eksposur besar dan bukan hanya pedagang saja. Itu yang paling utama,” ujar Dewi.

Selain itu, kata dia, manfaat lain dari kolaborasi teknologi kedua perusahaan raksasa itu adalah dapat menghadirkan efisiensi dalam hal edukasi pasar sehingga para merchant atau penjual bisa meningkatkan skala usaha mereka.

Dewi menilai, GoTo perlu mengalokasikan sumber daya yang besar untuk pemberdayaan merchant atau penjual yang aktif dan memberikan pendampingan yang dibutuhkan untuk mereka agar bisa naik kelas.

“Layanan teknologi digital sangat memerlukan edukasi pasar yang bukan hanya masif, tapi juga mendalam,” kata dia.

Dewi menambahkan, faktor penting lainnya dari kombinasi bisnis dalam GoTo adalah terkait logistik, seperti layanan pengiriman same day atau instant di Tokopedia yang diharapkan bisa menjadi opsi pilihan.

11 Juta Mitra Usaha
Gojek dan Tokopedia secara resmi mengumumkan pengkombinasian lini bisnis masing-masing dengan membentuk grup GoTo. Kolaborasi keduanya menjadi perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. mencakup paling sedikit 100 juta pengguna aktif bulanan.

Dalam keterangan pers yang diterbitkan keduanya, GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global melalui penyediaan berbagai solusi untuk menjalani keseharian. 

Ekosistem Grup GoTo mewakili 2% dari total Produk Domestik Bruto Indonesia. Ekosistem diperkirakan akan semakin berkembang melayani 270 juta konsumen Indonesia, serta pasar negara berkembang lainnya di Asia Tenggara.

Terdapat lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020, serta sedikitnya 11 juta mitra usaha per Desember 2020.

“Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia. Sementara, penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya," ujar CEO GoTo Andre Soelistyo.

Co-founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menegaskan berdirinya Grup GoTo membuktikan bangsa Indonesia dapat bermimpi dan mewujudkannya.

”Misi kami sejak awal adalah untuk selalu menciptakan dampak sosial dalam skala besar, termasuk memberikan kesempatan yang setara bagi pegiat UMKM lokal mengembangkan bisnisnya, dan di saat yang sama, memberi pengguna akses yang sama kepada barang dan jasa di seluruh penjuru negeri,” kata dia.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar