Selamat

Selasa, 5 Juli 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

24 Juni 2022

08:00 WIB

Kemendag: Belanja Gim Masyarakat Capai US$2 Miliar Per Tahun

Dari belanja gim masyarakat sebesar US$2 miliar per tahun, hanya 0,1% yang dibelanjakan untuk gim lokal

Editor: Fin Harini

Kemendag: Belanja Gim Masyarakat Capai US$2 Miliar Per Tahun
Pertandingan e-sport counter strike tahun 2019. Shutterstock/dok

BANDUNG – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, masyarakat Indonesia membelanjakan uang senilai US$2 miliar per tahunnya untuk gim.

"Tadi saya dijelaskan analisis (Asosiasi Game Indonesia) studinya, ternyata di Indonesia, masyarakat membelanjakan senilai US$2 miliar per tahun," kata Oke Nurwan usai membuka acara Festival Gim Indonesia Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/6), dilansir dari Antara.

Oke mengatakan, dari jumlah tersebut ternyata hanya US$2 juta yang diserap atau dibelanjakan untuk gim lokal. "Itu sekitar 0,1%," kata Oke.

Meski demikian, Oke menilai terdapat sisi positif. Sebanyak 70% pelaku industri gim Indonesia berorientasi pada ekspor, bukan ke pasar lokal. "Sehingga yang 30% ini yang diserap di lokal," katanya.

Baca Juga: Menakar Potensi Pengembangan Gim di Indonesia

Menurut Oke, saat ini dukungan yang diberikan bagi pelaku industri gim lokal sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Dukungan spesifik untuk gim lokal, kata dia, saat ini langsung dikoordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi agar gim lokal menjadi sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan merambah pasar internasional.

Selain itu, lanjut Oke, pihaknya juga mendukung terselenggaranya acara untuk mempromosikan gim lokal seperti Festival Gim Indonesia Tahun 2022 di Cihampelas Walk Bandung.

"Lalu juga salah satunya kita mencoba dengan insert promotion. Inilah perdana kita coba dukungan pemerintah dengan asosiasi. Bagaimana kita bisa supaya masyarakat, khususnya anak-anak tahu gim lokal. Sekarang ada kita coba liburan ini, kita coba tampilkan bekerja sama dengan asosiasi pusat perbelanjaan," kata dia.

Sementara itu Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno berharap industri gim lokal bisa jadi industri media digital seperti di luar negeri.

"Ini kan sebenarnya suatu kesempatan besar untuk kita ikut market yang tumbuh ini. Harapan kami dari industri gim yaitu pemerintah ikut mendukung kita untuk mengambil kesempatan ini," kata Cipto.

Sebelumnya, dalam webinar yang digelar Binus Business School, Program Manager Asosiasi Game Indonesia Febrianto Anwari menyebutkan pasar gim Indonesia tumbuh 32,7% tiap tahun. Indonesia kini menempati posisi 16 pasar gim terbesar dunia.

Perkembangan pasar tersebut didukung pandemi covid-19. Pembatasan aktivitas membuat masyarakat mencari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah gim yang bisa diakses melalui gawai masing-masing.

Lewat gim online, masyarakat juga bisa membangun interaksi antarpemain lewat bermain bersama. Dengan begitu, permainan pun terasa lebih seru dan menyenangkan. Tak hanya sekadar interaksi di tengah pembatasan, gim juga meningkatkan networking dan memperluas relasi dengan para pemain dari daerah lain.

Pertumbuhan gim juga didorong penggunaan handphone di Indonesia, yakni mulai dari anak hingga lansia.

Baca Juga: Memermak Gim Lokal Laku Di Global

Berdasarkan karakter dan kebiasaan masyarakat Indonesia di masa pandemi, gim menjadi industri yang berkembang pesat, bahkan menjadi pandemic winner.

Dari webinar itu juga diketahui, para developer gim sendiri menilai peluang berkembang di Indonesia masih terbilang kecil. Meski pasarnya sangat besar, pendapatan paling besar para developer gim Indonesia masih berasal dari pasar luar negeri. 

Namun, dengan melihat perkembangan industri gim yang terus naik dan makin banyak digemari, tidak menutup kemungkinan para developer gim lokal ini perlahan mempunyai peluang besar di Indonesia.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

DKI Larang Pedagang Jual Hewan Kurban Di Trotoar

Huawei Rilis Varian Nova 10 Series

Menteri Basuki Ingatkan Aspek Konstruksi Proyek Tol Semarang-Demak

Presiden Ingatkan Rakyat Awasi Kinerja Polri

BKKBN Fokus Tekan Angka Stunting Indonesia Dengan Kolaborasi

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor

Emas Antam Mentok Di Level Rp989.000/gram

Jam Malam Anak Efektif Di Yogyakarta