c

Selamat

Jumat, 7 November 2025

EKONOMI

02 April 2025

20:52 WIB

InJourney Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada 7 April 2025

PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memprediksi puncak arus balik libur Lebaran Idulfitri 1446 H di 37 bandara penerbangan di Indonesia terjadi pada 6-7 April 2025

Editor: Fin Harini

<p id="isPasted">InJourney Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada 7 April 2025</p>
<p id="isPasted">InJourney Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada 7 April 2025</p>

Calon penumpang mengantre untuk lapor diri di Terminal 1 A, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/4/2024). Antara Foto/Muhammad Iqbal

TANGERANG - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memprediksi puncak arus balik libur Lebaran Idulfitri 1446 H di 37 bandara penerbangan di Indonesia terjadi pada 6-7 April 2025.

"Nanti setelah Lebaran diproyeksikan sekitar tanggal 7 April 2025 sebagai puncak arus balik di bandara penerbangan," kata Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi di Tangerang, Rabu (2/4), dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, Jumat (28/3) menjadi puncak arus mudik Lebaran. Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten secara kumulatif jumlah penumpang mencapai sekitar 148.000 orang. Rata-rata penumpang yang melintas per harinya sejak 21 sampai 28 Maret lalu tercatat 155.000 orang.

"Dan pada 28 Maret itu lah khusus puncak arus mudik sebelum periode perayaan Lebaran," ucapnya.

Baca Juga: Simak Rencana Skema Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Lebaran

Ia mengungkapkan, pada periode masa angkutan mudik Lebaran ini seluruhnya telah berjalan baik dan aman. Bandara Soetta membuka seluruh layanan di Terminal baik 1, 2 dan 3 untuk melayani angkutan mudik tersebut.

"Kita lihat kondisi sekarang ini kelihatan sudah rapih, tidak ada peningkatan. Padahal kalau kita bandingkan dengan tahun sebelumnya ini sudah meningkat sebesar 4,9%, bahkan kalau kita bandingkan periode sebelum covid-19 itu naiknya 9%. Nah, dulu dengan angka segitu sangat padat sekali," katanya.

Menurut dia, perubahan tata kelola ini terjadi karena ada peningkatan manajemen lebih baik seperti beberapa layanan maskapai di pindahkan secara merata ke terminal lain untuk mengurai penumpukan penumpang selama arus mudik Lebaran tersebut.

"Dulu maskapai Citilink ada di Terminal 3, sekarang dipindah ke 1B. Dulu pemberangkatan jamaah umrah di Terminal 3 sekarang di 2F. Jadi manajemen bisa berjalan baik," ujarnya.

Kesiapan Fasilitas
Dalam hal ini, PT Angkasa Pura Indonesia juga memastikan kesiapan fasilitas layanan di 37 bandara dalam menghadapi arus balik angkutan Lebaran yang dimulai sejak 2 April 2025.

"Setelah arus mudik yang berjalan lancar, kini InJourney Airports memasuki periode arus balik. Kami memastikan kesiapan di setiap titik layanan baik di area keberangkatan maupun kedatangan agar seluruh proses di bandara berjalan baik," paparnya.

Bentuk kesiapan layanan arus balik Lebaran itu antara lain kelancaran akses kendaraan menuju terminal untuk mengantar penumpang.

Fahmi menambahkan lalu lintas kendaraan di dalam bandara termasuk akses menuju terminal sangat penting. Karena itu, Angkasa Pura telah melakukan peningkatan fasilitas di sejumlah bandara.

Baca Juga: ASDP Antisipasi Lonjakan Trafik Penyeberangan Arus Balik Lebaran

“Seperti di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang sudah dilakukan penambahan menuju lajur jalan dan penambahan akses gedung parkir, lalu penataan ulang infrastruktur gerbang tol dan pelebaran akses jalan di jalur gerbang tol untuk keluar-masuk bandara," katanya.

Selain itu, di area pemberangkatan, Angkasa Pura memastikan kelancaran proses check in dengan memastikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas bandara untuk mendukung check in, antara lain sistem informasi, mesin self check in dan mesin self baggage drop.

Kemudian, pada area kedatangan, InJourney Airports bersama pemangku kepentingan lainnya seperti maskapai merencanakan alur kedatangan yang baik mulai dari lokasi penempatan pesawat hingga penumpang meninggalkan bandara untuk menuju tempat tinggal.

Perencanaan lokasi penempatan pesawat sangat penting untuk mendukung penanganan bagasi penumpang pesawat.

"Penanganan bagasi menjadi titik penting pada arus balik. InJourney Airports sebagai operator bandara terus berkoordinasi dengan maskapai dan pihak ground handling untuk memastikan bagasi harus sesuai standar pelayanan termasuk standar waktu pengantaran dari pesawat hingga ke baggage claim area di terminal untuk bagasi itu diambil penumpang pesawat," kata Fahmi.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar