29 November 2023
19:50 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Fin Harini
JAKARTA - Perusahaan ritel berbasis teknologi Hypefast, e-commerce Lazada dan perusahaan original design manufacture Cosmax menandatangani MoU kolaborasi untuk mendorong kemajuan brand lokal.
CEO dan Founder Hypefast, Achmad Alkatiri, mengungkapkan di tengah persaingan dengan brand global, antusiasme masyarakat terhadap kehadiran brand lokal di Indonesia terus meningkat.
Data Ipsos Global Trends 2023 menyebut 51% masyarakat Indonesia meyakini kualitas brand lokal mampu bersaing dengan brand global.
"Artinya, saat ini brand lokal memiliki peran yang kian signifikan dan mampu berkontribusi lebih dalam pembangunan perekonomian nasional," kata Achmad dalam konferensi pers, Rabu (29/11).
Apalagi, ia melihat saat ini penetrasi e-commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir sangat pesat dan mampu membawa kontribusi positif pada pertumbuhan brand lokal.
Untuk itu, menurutnya, kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap brand lokal unprecedented, dan diprediksi akan terus meningkat, seiring penetrasinya yang meluas dan menjangkau hingga ke pelosok negeri.
"Momentum ini adalah kesempatan emas untuk mendorong dominasi brand dan produk lokal. Sebagai perusahaan yang menaungi sejumlah brand lokal, kami sadar usaha ini hanya bisa terwujud melalui kolaborasi dengan berbagai pemain ekosistem retail terbaik di Tanah Air seperti Lazada dan Cosmax," jelasnya.
Baca Juga: Ini Kata Lazada Soal Revisi Permendag Yang Baru
Sebagai informasi, Hypelast merupakan perusahaan ritel berbasis teknologi yang menaungi sejumlah brand lokal seperti Luxcrime, Bohopanna, Cessa.
Menyambut komitmen bersama ini CEO Lazada, James Chang menyampaikan, pihaknya menyambut baik inisiatif dari Hypefast untuk bergerak bersama memajukan brand lokal Indonesia.
Menurutnya, kemitraan ini sejalan dengan komitmen Lazada untuk membantu brand lokal meraih kesuksesan di pasar yang terus berkembang pesat di Indonesia. Apalagi di Lazada sudah ada lebih dari 500 brand lokal ternama Indonesia yang bergabung.
"Kami percaya, komitmen kerjasama ini dapat menjadi penguat ekosistem bisnis lokal untuk dapat terus bertumbuh, terutama dengan berbagai fasilitas dan fitur yang Lazada sediakan untuk brand-brand lokal yang bergabung ke Lazada," sebutnya.
Dijelaskan, nantinya, bentuk kerja sama dituangkan dalam Joint Business Plan (JBP) antara Lazada Indonesia dengan berbagai brand lokal yang dinaungi oleh Hypefast, termasuk di antaranya exclusive launch products, joint event, marketing barter, trainings and development, hingga berbagai inovasi lainnya untuk mendukung pertumbuhan brand tersebut.
Gandeng Cosmax
Berangkat dari data internal Hypefast yang dihimpun dari lebih dari 3.000 brand lokal Indonesia, salah satu tantangan terbesar bisnis brand lokal adalah supply chain, product development, dan proses produksi yang membutuhkan profesionalisme dengan standar kualitas tinggi-khususnya untuk kategori health and beauty.
"Untuk itu, dalam kesempatan ini Hypefast juga memperkuat kerja sama dengan Cosmax sebagai perusahaan produsen health and beauty yang memiliki produksi berstandar internasional," ungkap Achmad.
Dalam kesempatan yang sama, President Director Cosmax Indonesia, Cheong Min-Kyoung menyampaikan, kolaborasi dengan brand lokal dalam mengembangkan produk yang tidak hanya memenuhi standar global, tetapi juga merespons secara langsung preferensi dan kebutuhan pasar lokal.
"Bentuk kerja sama konkrit yang dibangun antara Hypefast dan Cosmax adalah berupa transfer teknologi melalui penelitian dan pengembangan produk untuk brand yang berada di bawah naungan Hypefast," kata dia.
Baca Juga: 11.11, Lazada Beri 2.500 Voucher Diskon Asuransi Produk Kecantikan
Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan kontribusi Hypefast dalam kemajuan industri brand lokal di tanah air secara keseluruhan, di Januari 2024 nanti Hypefast akan menggelar Indonesia Brand Forum Summit (IBFS) 2024.
Ini dilakukan untuk memfasilitasi pertemuan antara para pelaku dan pendukung bisnis lokal tanah air, mulai dari brand founders, marketplaces, perusahaan manufaktur, distributor, hingga reseller untuk dapat bertukar insight, dan inspirasi agar bersama-sama dapat membangun brand lokal yang berdaya lenting tinggi.
Lewat inisiasi ini, Achmad menegaskan, penyelenggaraan Indonesia Brand Forum Summit (IBFS) 2024 menjadi manifestasi dari komitmen untuk terus mendukung kemajuan brand lokal di Indonesia.
"Kami berharap, melalui kemitraan lokal dan ekosistem brand lokal yang kuat, bersama-sama kita dapat berkontribusi lebih pada kemajuan ekonomi Indonesia," tandasnya.