Selamat

Rabu, 5 Oktober 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

23 September 2022

16:21 WIB

GID Diharap Dongkrak Investasi Komoditas Unggulan Babel

BEI tetapkan Babel sebagai pilot project GID , juga didasarkan perputaran uang yang cukup tinggi di wilayah ini.

Editor: Rikando Somba

GID Diharap Dongkrak Investasi Komoditas Unggulan Babel
Ilustrasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. VaildnewsID/Fikhri Fathoni

PANGKALPINANG – Bursa Efek Indonesia (BEI) memilih provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai provinsi pertama penerapan Galeri Investasi Digital (GID) di Indonesia. Selain membuat provinsi ini menjadi percontohan dan pendorong perekonomian masyarakat, penetapan GID di wilayah ini juga diharapkan menjadi salah satu upaya nyata pencegahan penipuan investasi saham. 

Hadirnya GID ini diharap bisa memicu warga agar berinvestasi melalui pasar modal, sekaligus memberikan pendampingan investasi komoditas unggulan Babel.

"Kami berharap kehadiran GID BEI ini mencegah penipuan investasi saham yang merugikan masyarakat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto saat meresmikan GID BEI di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (23/9).

Naziarto menguraikan, kehadiran GID BEI ini penting, karena saat ini masih marak terjadi di Indonesia adanya penipuan investasi saham bodong, ditambah investasi semacam ini tidak bertemu secara tatap muka, sehingga menimbulkan keraguan di tengah masyarakat untuk berinvestasi secara digital.

"Dengan adanya pendampingan BEI ini, tentunya literasi pasar modal masyarakat semakin meningkat dan mereka tidak lagi ragu untuk berinvestasi secara digital," katanya.


Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi penetapan BEI ini. Naziarto mengatakan, BEI tidak hanya memilih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai provinsi pertama di Indonesia dalam menerapkan investasi bursa saham secara digital, tetapi juga sebagai proyek percontohan GID.

"Kami mendukung kebijakan BEI ini dan diharapkan BEI juga mendirikan GID dan hadir di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur," ujarnya.

Perputaran Uang
Alasan langkah BEI menjadikan Babel sebagai pilot project GID ini, juga didasarkan perputaran uang yang cukup tinggi dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah ada di Babel. Babel tidak hanya sebagai penghasil bijih timah nomor dua terbesar dunia, tetapi juga memiliki potensi perikanan, pertanian dan perkebunan yang berlimpah.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik, sebaliknya  berharap GID dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak, sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat optimal kepada masyarakat.

"Kami berharap GID ini tidak hanya memperkenalkan pasar modal dari sisi teori saja, tetapi juga praktiknya seperti investasi, jual beli saham, pendanaan, dan beragam produk lainnya berbasis digital secara aman," katanya.

Hari ini, GID diresmikan oleh guna memudahkan masyarakat mengakses informasi pasar modal dan investasi bursa saham.  

GID BEI juga ditujukan menjadi tempat edukasi bagi masyarakat, untuk mengetahui tentang instruksi keuangan yang ada di dalam pasar modal seperti investasi, jual beli saham, pendanaan dan beragam produk lainnya.

"Di era digital saat ini, masyarakat perlu mendapatkan informasi investasi digital seperti pilihan-pilihannya, kelebihan, kekurangan, dan tips aman berinvestasi secara online," ujarnya.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER