Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

BERITA

22 Juli 2021|09:44 WIB

Gandeng Hippindo, Kemenkop UKM Pacu Vaksinasi Pelaku UMKM

Upaya vaksinasi akan menyasar para pelaku UMKM dan stakeholders usaha ritel. Khususnya dalam jaringan HIPPINDO yang mencakup 850 brand dan 250 perusahaan atau asosiasi

Penulis: Yoseph Krishna,

Editor: Faisal Rachman

ImagePetugas kesehatan mengecek data warga sebelum memberikan vaksin covid-19 di salah satu mal di Jakarta Utara, Rabu (7/7/2021). Antara Foto/M Risyal Hidayat

JAKARTA – Sebagai dukungan percepatan pemulihan kesehatan sekaligus perekonomian nasional, Kementerian Koperasi dan UKM gencar melancarkan program vaksinasi bagi para pelaku koperasi dan UMKM (KUMKM) di seluruh Indonesia. Untuk mempercepat vaksinasi, Kemenkop UKM menggandeng sejumlah pemangku kepentingan di berbagai daerah.

Terbaru, Kemenkop UKM menggandeng Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). "Kami bekerja sama dengan sentra vaksinasi milik HIPPINDO juga. Hal ini untuk terus mengembangkan jumlah sentra vaksinasi bagi UMKM," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Rabu (21/7).

Melalui kerja sama itu, Teten menyebut upaya vaksinasi akan menyasar para pelaku UMKM dan stakeholders usaha ritel. Khususnya dalam jaringan HIPPINDO yang mencakup 850 brand dan 250 perusahaan atau asosiasi.

Sejak dibuka dari 7 Juni–17 Juli 2021, sentra vaksinasi HIPPINDO-Kemenkop UKM yang juga bersinergi aktif dengan Pemprov DKI Jakarta di Gedung SMESCO, sudah memberikan vaksin kepada lebih dari 90.000 orang, termasuk anak-anak.

Tak terbatas hanya pada pelaku usaha, Menteri Teten juga menyebut sentra vaksinasi itu juga memfasilitasi pemberian vaksin kepada para penyandang disabilitas.

"Selain di Jakarta, langkah serupa juga digelar di kota lain, salah satunya di Bandung, Jawa Barat telah dilakukan opening sentra vaksinasi HIPPINDO-KemenkopUKM di Mal Paris Van Java," kata Menteri Teten.

Lebih lanjut, Teten juga menjelaskan sejumlah kota lain, seperti di Solo, Yogyakarta, Semarang, hingga Surabaya juga telah dibuka sentra vaksinasi pada 17 Juli 2021 kemarin yang juga diprioritaskan bagi para pelaku usaha.

"Untuk itu, saya ajak masyarakat untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi ini karena aman, gratis, halal, dan disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat," tandasnya.

Sentra vaksinasi milik HIPPINDO-Kemenkop UKM itu pun akan menyiapkan 150.000 dosis vaksin dengan target penerima 3.000 orang per harinya. Teten menyebut sentra vaksinasi ini juga menjadi nomor dua yang terbesar setelah Gelora Bung Karno

Kunci Pemulihan
Teten meyakini pelaksanaan program vaksinasi menjadi salah satu bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional yang diterpa badai pandemi covid-19, khususnya bagi sektor ritel.

"Vaksinasi menjadi lebih strategis bagi perekonomian nasional ketika diberikan kepada para pelaku UMKM, khususnya sektor ritel," ungkapnya.

Menurutnya, kelancaran program vaksinasi ini akan memiliki dampak besar terhadap perekonomian nasional. Kegiatan perekonomian pada masa pandemi, lanjutnya, akan semakin terjamin tanpa melupakan penerapan protokol kesehatan.

Untuk itu demi percepatan vaksinasi nasional, termasuk bagi pelaku UMKM, Teten berharap langkah kerja sama program vaksinasi juga dilakukan di daerah oleh pemprov ataupun pemkab/pemkot.

"Kita bisa manfaatkan gedung-gedung PLUT KUKM yang ada di daerah, bisa juga manfaatkan gedung balai latihan perkoperasian," tandasnya.

Selaras, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah meyakini, kegiatan vaksinasi bagi masyarakat ataupun pelaku usaha dilakukan, guna menggeliatkan lagi daya beli masyarakat dan akan berdampak pada ekonomi secara nyata.

Program vaksinasi yang diluncurkan HIPPINDO, lanjut Budihardjo, pada intinya dilakukan untuk memberi kepastian bahwa seluruh insan ritel, baik pemilik, penyewa, pemasok, sales assistant, dan pemangku kepentingan lain sudah mendapatkan vaksin.

"Lewat program ini pula, kami berkomitmen untuk menggalakkan program vaksinasi nasional dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi," tuturnya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER