c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

28 Desember 2021

12:29 WIB

Disuntik Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Naik Status Jadi Unicorn

Kopi Kenangan raih pendanaan seri C sebesar US$96 Juta dari konsorsium investor yang dipimpin Tybourne Capital Management

Disuntik Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Naik Status Jadi Unicorn
Disuntik Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Naik Status Jadi Unicorn
Produk kopi dari Kopi Kenangan. dok.Instagram @kopikenangan

JAKARTA – Jaringan makanan dan minuman (F&B) Kopi Kenangan, Senin (27/12) mengumumkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai US$96 juta (sekitar Rp1,3 triliun). Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus US$1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.
 
"Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam keterangannya, Selasa (28/12).
 
Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi. Termasuk dari beberapa portfolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis dan inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Ia menuturkan, Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.
 
Menurutnya, hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat. 

“Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia,” imbuhnya.
 
Dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi Cerita Roti, Chigo serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.
 
"Dukungan dari para investor kami, baik mereka yang telah mendukung kami sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan," kata Edward.

Pada era pandemi covid-19, sambungnya, Kopi Kenangan menjalankan strategi-strategi baru, seperti menerapkan sistem pesanan nirkontak (contactless booking request) yang membantu meningkatkan pertumbuhan pendapatan dan basis pengguna.
 
"Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir dengan target 5,5 juta cangkir per bulan pada Q1 2022," serunya. 

Brand of The Year
Asal tahu saja, sebelumnya, Kopi Kenangan kembali meraih gelar Brand of The Year untuk kategori Peritel Kafe di ajang penghargaan World Branding Awards ke-14. Ini adalah gelar kedua berturut-turut setelah di tahun sebelumnya meraih gelar yang sama.
 
"Kami berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung Kopi Kenangan hingga kembali berhasil meraih gelar Brand of The Year di World Branding Awards periode 2021-2022," kata CMO & Co-Founder Kopi Kenangan Cynthia Chaerunnisa, beberapa waktu lalu.
 
World Branding Awards digelar secara virtual, diikuti lebih dari 500 merek dari 60 negara di dunia. World Branding Awards diselenggarakan oleh World Branding Forum (WBF), sebuah organisasi nirlaba global yang didedikasikan untuk memajukan standar branding demi kebaikan komunitas branding dan konsumen.
 
Kopi Kenangan menjadi salah satu pemenang setelah melalui proses penjurian dan evaluasi, yang 70%-nya merupakan hasil survey dan partisipasi dari para konsumen.
 
"Gelar bergengsi yang kami dapatkan ini tentu menjadi bukti kuat bahwa Kopi Kenangan menjadi brand yang dapat dipercaya dan disukai konsumen. Kami berharap, lewat gelar Brand of The Year untuk kedua kalinya ini dapat memperkuat komitmen Kopi Kenangan untuk terus berkembang dan bertumbuh bersama masyarakat Indonesia," tuturnya.
 
World Branding Awards sendiri hanya memilih 7 merek pemenang di kategori yang berbeda di setiap negara, dengan proses seleksi yang ketat melalui tiga tingkatan yaitu penilaian merek, riset pasar konsumen, serta pemungutan suara konsumen. Terdapat lebih dari 345.000 konsumen ikut berpartisipasi dalam proses nominasi dan pemilihan pemenang World Branding Awards ke-14 tahun ini.
 
"Tahun 2021 masih menjadi tahun yang sulit bagi bisnis di seluruh dunia. Adanya pandemi Covid-19 memaksa banyak merek untuk beradaptasi dengan new normal, dan World Branding Awards hadir sebagai upaya apresiasi terhadap usaha yang dilakukan merek Internasional maupun Nasional di masing-masing negara," terang Chairman of the World Branding Forum Richard Rowles.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar