c

Selamat

Rabu, 5 November 2025

EKONOMI

15 Desember 2023

14:18 WIB

Cerita Pelanggan Setia Blibli; Beli iPhone 15 Tanpa Worry

Promo serta jaminan barang ori menjadi alasan Brigitta Novira membeli iPhone 15 di Blibli. Omnichannel e-commerce juga disebut strategi yang penting untuk keberjanjutan bisnis.

Editor: Fin Harini

Cerita Pelanggan Setia Blibli; Beli iPhone 15 Tanpa <i>Worry</i>
Cerita Pelanggan Setia Blibli; Beli iPhone 15 Tanpa <i>Worry</i>
Ilustrasi. Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli melayani Ary Setiady, pelanggan urutan pertama Midnight Launch Blibli di Jakarta. Dok. Blibli

JAKARTA - Tak terpikir sebelumnya di benak Brigitta Novira untuk meng-upgrade iPhone lama miliknya secepat ini. Biasanya, ia memperbarui iPhone jika harga iPhone yang ia miliki saat ini sudah turun harga.

Sebelumnya Brigitta berpandangan, membeli iPhone seri terbaru yakni iPhone 15 saat ini belum terlalu mendesak. Apalagi, iPhone yang ia pegang saat itu masih mumpuni, alias masih bisa digunakan dan tergolong masih seri baru.

Tiba-tiba, orang tuanya mengirimkan screenshot promo pre-order (PO) iPhone 15 di Blibli. Ia pun tertarik. Riset kecil dilakukan dengan membandingkan harga di platform dan distributor resmi lainnya.

Long story short, orangtuaku share screenshot promo ikut PO iPhone 15 di Blibli. Aku bandingin sama platform lain yang paling best untuk promo payment dengan credit card dan cicilan 0%,” kata Brigitta bercerita kepada Validnews di Jakarta, Jumat (15/12).

Setelah melakukan riset kecil-kecilan, perempuan yang berdomisili di Yogyakarta ini menghubungi customer service (CS) Blibli via aplikasi untuk bertanya perihal mekanisme promo kartu kredit. Penjelasan yang didapat pun cukup detail, dan berhasil meyakinkan untuk membeli iPhone lewat Blibli.

“Sempat hubungi CS Blibli via apps buat tanya-tanya soal mekanisme promo credit card, dan dijelasin teknisnya detail,” imbuhnya.

Baca Juga: Harbolnas, Blibli Histeria 12.12 Janjikan Promo Bejibun

Akhirnya, Brigitta melakukan checkout iPhone 15 di Blibli pada tanggal 21 Oktober 2023. Pilihan ia jatuhkan kepada Blibli karena pertimbangan promo yang menggiurkan. Tentu saja, jaminan produk 100% original menjadi salah satu alasan kuat ia membeli di Blibli.

Ia mengaku, membeli iPhone secara online bukan pertama kali buatnya. Ia pun mengatakan selalu membeli di official store atau authorized. Terutama, membeli langsung lewat e-commerce-nya.

Fyi (for your information .red) ini bukan first time aku beli hp online tapi lebih yakin sama yang ada tulisan Official Store/Authorized/Mall, provided by si e-commerce-nya. Jadi makin mantap beli di Blibli karena promo dan official,” tutur pemilik akun TikTok @brgttnv ini.

Manfaatkan Promo
Berbagai promo ditebar Blibli untuk menggaet pelanggan. Pelanggan bisa memanfaatkan opsi pembayaran yang lengkap dan seamless, dilengkapi dengan Blibli Tiket PayLater dan kehadiran Blibli Tiket Rewards untuk mengumpulkan poin dengan benefit berlipat ganda di ekosistem Blibli Tiket.

Brigitta pun ikut memanfaatkan berbagai promo dan fitur unggulan dari Blibli ini. Di antara promo yang didapat Brigitta ialah cicilan 0% selama 12 bulan dan cashback 1 kali cicilan. Kemudian, voucher untuk membeli produk Apple di Blibli Apple Authorised Reseller 300rb, Blibli Tiket points yang sudah dipakai untuk beli tiket kereta.

“Dan di Blibli saat itu warna pink yang aku incar masih ada, jadilah aku checkout di sini,” ucap Brigitta.

Tak hanya itu, Blibli juga memberikan pengalaman after-sales produk Apple yang memuaskan: Buyback guarantee, Apple Warranty yang berlaku di seluruh Apple Service Center yang tersebar di Indonesia, Ekstra proteksi hingga 12 bulan, layanan drop-off untuk perbaikan perangkat Apple di seluruh jaringan ritel Hello Store. Selain itu, juga terdapat layanan servis berkualitas bersama PT Mitra Care Indonesia.

Brigitta pun tak ketinggalan menikmati manfaat yang diberikan dari e-commerce bertagline Blibli Pasti Puas itu. “Free garansi proteksi gadget dari cermati 24 bulan, dan nantinya kalo ada iphone keluaran baru, ada jaminan buyback 60%,” katanya.

Pelanggan Setia Blibli
Brigitta merupakan salah satu pelanggan setia Blibli. Ia pun kerap menikmati pengalaman omnichannel Blibli. Tak kurang dari satu kali dalam sebulan ia berbelanja di ekosistem terintegrasi Blibli.

“Kenapa Blibli dibanding yang lain? Selain karena promonya, sebelum ikut PO, aku sendiri user aktif Blibli, sebulan minimal satu kali pasti belanja isi rumah di Blibli,” ujarnya.

Ia pun selalu merasa yakin berbelanja di Blibli karena barang yang dipesan akan cepat sampai. 

Seperti diketahui, terdapat fitur-fitur unggulan Blibli di antaranya; Online-to-Offline (O2O), Click & Collect, Tukar Tambah, Blibli InStore, dan 2 Jam Sampai.

“Begitupun juga iPhone 15 ini yang sampai 1 hari setelah launch padahal posisiku di Jogja (pengiriman dari Semarang),” kata Brigitta.

Baca Juga: CMO Blibli: Terminologi Perdagangan Lintas Batas Seperti Apa?

Pengalaman Brigitta berbelanja di Blibli pun sesuai semangat ‘Simplify to Amplify’ Blibli tercermin pada kemudahan belanja produk Apple di ekosistem terintegrasi Blibli. Apalagi, kini Blibli sebagai Apple Authorised Reseller terpercaya.

Adapun salah satu kelebihan Blibli menurut Brigitta ialah karena customer service yang mudah dihubungi, solutif, dan bukan merupakan bot.

Customer service juga gampang dihubungi dan solutif gak cuma bot hehe. Overall puas banget sih, sampai sekarang hp aman dan ori, proteksi gadget cermati juga berlaku, rewards points udah aku pake buat beli tiket kereta, cashback udah dipake buat bayar cicilan hpnya, jadi berasa kayak dibayarin Blibli sebulan,” tutur Brigitta.

Manfaat Omnichannel
PT Global Digital Niaga Tbk (dikenal sebagai "Blibli" atau "Perseroan"; Kode BEI: "BELI") telah menjadi pionir dalam membentuk ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel di Indonesia, dengan fokus utama pada konsumen dan institusi.

Pada tahun 2022, Blibli mengukuhkan kehadirannya di segmen Toko Fisik dengan membuka beberapa Flagship Store, termasuk monobrand store seperti Samsung Experience Store dan Hello, serta monobrand store Blibli untuk salah satu merek terkemuka, yaitu Apple (di mana Blibli diangkat sebagai mitra tier-1 Apple di Indonesia). 

Selain itu, Blibli juga memiliki multibrand store seperti Blibli Store dan toko Tukar Tambah. Saat ini, lebih dari 100 Flagship Stores dan 70 gerai Ranch Market telah berhasil dioperasikan di seluruh Indonesia.

Hingga September 2022, solusi omnichannel Blibli mencakup lebih dari 27.000 titik Click & Collect dan Blibli InStore, serta melibatkan lebih dari 160.000 Blibli Mitra yang terdiri dari pengusaha mikro dan toko kelontong. Blibli juga berhasil meluncurkan armada listrik untuk pengantaran pesanan melalui layanan logistik inhouse Blibli Express Service (BES) Paket.

Peneliti Ekonomi Center of Reform on Economic (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet memandang omnichannel merupakan strategi yang penting untuk bisnis e-commerce. Menurutnya, omnichannel dapat memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Selain itu, omnichannel juga disebut dapat membantu bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

“Lebih spesifik, omnichannel dapat membantu bisnis untuk mengurangi biaya operasional, seperti biaya pemasaran, biaya layanan pelanggan, dan biaya logistik,” kata Yusuf kepada Validnews di Jakarta, Jumat (15/12).

Yusuf menerangkan, e-commerce dapat menggunakan data pelanggan untuk menargetkan pemasaran secara lebih efektif, sehingga dapat mengurangi biaya pemasaran.

Selain itu, perusahaan dapat menggunakan teknologi untuk mengintegrasikan saluran-saluran belanja, sehingga dapat mengurangi biaya layanan pelanggan dan logistik.

Omnichannel juga dinilai dapat membantu bisnis untuk meningkatkan produktivitas, karena dapat memanfaatkan data pelanggan dan teknologi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

“Misalnya, bisnis dapat menggunakan data pelanggan untuk menyarankan produk yang mungkin disukai pelanggan, sehingga pelanggan dapat menemukan produk yang mereka cari dengan lebih cepat dan mudah,” ujarnya.

Baca Juga: Omnichannel, Strategi Pikat 74 Juta Konsumen Gen Z Di Indonesia

Lebih lanjut, ia berpandangan omnichannel dapat membantu bisnis menjangkau lebih banyak pelanggan. Ini disebut dapat membantu bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih seamless dan konsisten.

Dengan omnichannel, e-commerce juga disebut dapat menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang terintegrasi untuk mengelola data pelanggan di semua saluran. Data ini dapat digunakan untuk menargetkan pemasaran secara lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu e-commerce yang menggunakan omnichannel juga bisa mendorong personalisasi. Personalisasi dapat membantu bisnis untuk memberikan layanan yang lebih tepat sasaran dan efisien. 

E-commerce dapat menggunakan data pelanggan untuk menyarankan produk yang mungkin disukai pelanggan, sehingga pelanggan dapat menemukan produk yang mereka cari dengan lebih cepat dan mudah. Hal ini dapat meningkatkan konversi,” jelas Yusuf.

Bagaimana Tren ke Depan?
Yusuf menuturkan, e-commerce yang tidak menerapkan omnichannel akan kehilangan kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan kesulitan meningkatkan penjualan.

Pelanggan yang ingin berbelanja di berbagai saluran akan beralih ke bisnis yang menawarkan pengalaman omnichannel.

“Meskipun kita tahu bahwa e-commerce mempunyai pengalaman berbelanja yang berbeda namun untuk beberapa customer pengalaman berbelanja offline masih menjadi pilihan yang dimasukkan ke dalam list bucket mereka,” kata Yusuf. Oleh karena itu, ia mengatakan e-commerce yang tidak mengakomodir omnichannel akan berpeluang kehilangan pelanggan dengan preferensi seperti ini.

Ke depan, omnichannel e-commerce di Indonesia akan menunjukkan peningkatan yang signifikan dan diprediksi akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.

Hal itu dipicu adopsi yang semakin luas dari masyarakat Indonesia terhadap internet dan perangkat digital sebagai sarana berbelanja.

Selain itu, kesadaran bisnis e-commerce akan pentingnya pengalaman omnichannel sebagai elemen kunci dalam memberikan layanan pelanggan yang superior juga diramal semakin meningkat.

“Peningkatan penggunaan teknologi akan menjadi pendorong utama dalam revolusi omnichannel e-commerce di Indonesia. Bisnis-bisnis akan semakin memanfaatkan teknologi untuk mengintegrasikan berbagai saluran penjualan, meningkatkan personalisasi layanan, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan,” urai Yusuf.

Ia menambahkan, kolaborasi antarbisnis juga menjadi bagian yang semakin penting. Kemitraan antarbisnis e-commerce dan toko fisik akan semakin terjalin untuk menyediakan layanan omnichannel yang lebih lengkap, seperti layanan pick-up dan drop-off akan menghadirkan pengalaman yang lebih holistik bagi konsumen.

Fokus pada pengalaman pelanggan akan menjadi inti dari strategi omnichannel ini. Bisnis e-commerce akan lebih memusatkan perhatian pada pengalaman pelanggan yang mulus dan konsisten. Ini dapat tercermin dalam investasi mereka dalam teknologi khusus omnichannel, seperti sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang terintegrasi atau teknologi augmented reality (AR) untuk memperkaya pengalaman belanja.

Yusuf bilang, dalam konteks Indonesia, tren-tren ini akan termanifestasi dalam investasi yang lebih besar dalam teknologi omnichannel, kolaborasi yang semakin erat antara bisnis e-commerce dan toko fisik, serta fokus yang lebih tajam pada pengalaman pelanggan yang lebih personal dan responsif. 

“Secara keseluruhan, omnichannel e-commerce menjadi strategi yang tidak hanya penting tetapi juga mendesak bagi bisnis e-commerce yang ingin tetap bersaing dan relevan di era digital ini. Ini memungkinkan mereka untuk lebih siap menghadapi perubahan dan menangkap peluang yang ada di masa depan,” ucap Yusuf.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar