c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

EKONOMI

12 Mei 2021

21:00 WIB

BNI: Jumlah Agen46 Tumbuh 18,15% Pada April 2021

Kinerja Agen Lakupandai BNI yang disebut Agen46, menunjukkan pertumbuhan pada banyak indikator

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Nadya Kurnia

BNI: Jumlah Agen46 Tumbuh 18,15% Pada April 2021
BNI: Jumlah Agen46 Tumbuh 18,15% Pada April 2021
Foto bni.co.id - abe. Terkini/20092018

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatat pertumbuhan jumlah Agen Lakupandai (Agen46) sebesar 18,15% secara tahunan (year on year/yoy) pada April 2021 sebanyak 156.460, dibandingkan periode sama 2020 sebanyak 132.422.

"Hingga April 2021, kinerja Agen Lakupandai BNI yang disebut Agen46, menunjukkan pertumbuhan pada banyak indikator," ujar Corporate Secretary BNI, Mucharom dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (12/5), dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, pertumbuhan tersebut juga terlihat dari keaktifan Agen46 dalam menjadi sumber DPK operasional, di mana DPK operasional tercatat tumbuh 44,8% lebih tinggi dibandingkan April 2020.

"Pada April 2021, DPK operasional tercatat sebesar Rp1,81 triliun atau meningkat dibandingkan April 2020 sebesar Rp1,25 triliun," kata Mucharom.

Selanjutnya, tambah dia, Agen46 juga telah menghimpun dana DPK BNI Pandai (Tabungan BSA) yang tumbuh 10,29% pada April 2021 sebesar Rp181 miliar, atau meningkat dari April 2020 sebesar Rp164,1 miliar.

Selain itu, FBI yang dihimpun dari operasional pelayanan Agen46 di seluruh Indonesia meningkat 14,83% pada April 2021, yaitu sebesar Rp19,51 miliar. Angka tersebut meningkat dibandingkan April 2020 sebesar Rp16,99 miliar.

Dengan kinerja positif ini, ia menegaskan, konsep branchless banking yang ditanamkan pada setiap Agen46 sudah menyentuh tiga target utama pengembangan agen Lakupandai yang digagas OJK. Yakni, menyentuh masyarakat unbanked, sukses inklusi keuangan, dan sukses literasi keuangan.

"Kami melihat masih terdapat ruang untuk pengembangan layanan, operasional, maupun kinerja bisnis Agen46 ke depan. Ini antara lain karena percepatan transformasi digital yang tengah kami lakukan saat ini akan menyentuh Agen46," terangnya.

Sebelumnya, BNI memastikan akan melakukan penyesuaian jumlah outlet atau cabang untuk mendukung dan memperkuat transformasi digital serta mempercepat dan meringkas layanan kepada nasabah dan masyarakat secara umum.

Saat ini, BNI sudah mempunyai berbagai layanan elektronik champion, seperti BNI Mobile Banking, jaringan digital branches termasuk Agen46, ATM, SMS Banking, Internet Banking, hingga CRM untuk segmen konsumer.

Layanan digital BNI juga semakin dipercaya untuk membantu perusahaan dalam bertransaksi melalui aplikasi BNI Direct. Digital ekosistem BNI juga telah unggul dalam penyediaan layanan Application Programming Interface (API).

Salah satu layanan tersebut, BNI Mobile Banking hingga triwulan I-2021, telah mencatatkan jumlah pengguna mencapai 8,56 juta atau tumbuh 58,4% dibandingkan periode sama pada 2020.

Nilai transaksi melalui BNI Mobile Banking juga tercatat mencapai Rp138 triliun pada Maret 2021, atau tumbuh 33,2% dibandingkan Maret 2020 sebesar Rp103 triliun.

Sementara itu, jumlah transaksi yang dilakukan melalui BNI Mobile Banking mencapai 95 juta pada triwulan I-2021, atau meningkat 50,4% dibandingkan periode sama 2020 yang mencapai 63 juta transaksi. 
 


 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER