Selamat

Rabu, 1 Februari 2023

EKONOMI

25 Januari 2023

18:15 WIB

Blue Bird Targetkan 30% Armada Berbahan Bakar Gas Pada 2030

Blue Bird siap jalankan visi keberlanjutan setelah ekspansi terhambat pandemi covid-19

Penulis: Yoseph Krishna,

Editor: Fin Harini

Blue Bird Targetkan 30% Armada Berbahan Bakar Gas Pada 2030
Ilustrasi blue bird. Pengemudi menunggu pengisian daya mobil taksi listrik Bluebird (e-Taxi) di Kantor Pusat Bluebird Gro up, Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu (13/7/2022). Antara Foto/Galih Pradipta

JAKARTA - PT Blue Bird Tbk mematok target pada 2030 mendatang sebanyak 10% armada menggunakan kendaraan listrik, dan lebih dari 20% berbahan bakar Compressed Natural Gas (CNG).

Hal itu diungkapkan oleh Chief Marketing Officer PT Blue Bird Tbk Mediko Azwar dalam peresmian estabilishment Blue Bird di KidZania. Ia menerangkan ekspansi perusahaan telah dimulai pada 2019 lewat pengadaan 100 armada listrik.

"Sayangnya memang pandemi covid-19 di 2020 menghambat kita dan mengubah rencana awal. Setelah mobilitas membaik, kita rencanakan visi berkelanjutan hingga 2030," ujarnya di Jakarta, Rabu (25/1).

Baca Juga: Bluebird Luncurkan Generasi Keenam MyBluebird Akhir Januari

Inisiatif itu, lanjut Mediko, sejalan dengan upaya pemerintah yang terus menggaungkan kendaraan listrik. Misalnya saja pada KTT G20 lalu, pemerintah berupaya membuat kendaraan listrik setidaknya terlihat di Indonesia.

Dalam hal ini, dia optimis infrastruktur yang dibangun dan regulasi yang diterbitkan pemerintah akan mendukung pengembangan kendaraan listrik secara total.

"Kalau ditanya dengan jumlah 100 armada, memang belum cukup. Tapi alasan pandemi mengubah kami untuk ekspansi mobil listrik. Kita percaya bahwa semua berjalan dengan lancar jika ke depan tidak ada pandemi," tandas Mediko.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono menjelaskan Blue Bird berkomitmen memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan sosial. Hal ini dirumuskan dalam visi keberlanjutan perusahaan yang dituangkan dalam tiga pilar, yakni BlueSky, BlueLife, dan Bluecorp.

Komitmen tersebut untuk mendukung penuh transisi energi terbarukan lewat beragam inisiatif secara berkelanjutan. Salah satunya, ialah penyediaan mobil listrik sebagai kendaraan atau transportasi umum di Indonesia, serta pengadaan mobil berbahan bakar CNG yang ditengarai 25% lebih ramah lingkungan.

"Kami juga mengimplementasikannya dalam pemeriksaan emisi atau pembuangan bahan bakar pada setiap armada secara rutin dan berkala," ujarnya.

Baca Juga: Bluebird Dukung Transisi Energi Berkelanjutan

Peresmian estabilishment Blue Bird di KidZania juga menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam mengedukasi anak-anak soal manfaat kendaraan listrik. Dengan adanya Blue Bird di KidZania, perusahaan akan berbagi wawasan soal energi baru terbarukan kepada anak-anak.

"Estabilishment ini diharapkan meningkatkan kesadaran generasi muda soal pemanfaatan EBT untuk menanggulangi dampak perubahan iklim," tegas Andrianto.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER