Selamat

Senin, 23 Mei 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

13 Mei 2022

20:36 WIB

BI Luncurkan Buku Kajian Stabilitas Sistem Keuangan

Buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) menyatakan stabilitas sistem keuangan Indonesia terjaga.

Penulis: Rheza Alfian,

Editor: Fin Harini

BI Luncurkan Buku Kajian Stabilitas Sistem Keuangan
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Antara Foto/Muhammad Adimaja

JAKARTA – Stabilitas sistem keuangan diklaim tetap terjaga, di tengah pemulihan perekonomian global dan domestik yang masih dibayangi berbagai tantangan.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam peluncuran buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No.38 “Sinergi dan Inovasi Untuk Mengakselerasi Pemulihan Intermediasi dan Menjaga Ketahanan Sistem Keuangan” menyampaikan tiga poin penting.

Pertama, optimisme pertumbuhan intermediasi yang semakin membaik di tahun 2022 di tengah dinamika ekonomi global yang masih dibayangi berbagai tantangan.

Kedua, transformasi kebijakan untuk menjaga ketahanan sistem keuangan dengan tetap mendorong intermediasi yang seimbang.

“Ketiga, sinergi dalam membangun ekonomi yang inklusif melalui pembiayaan dan gerakan penggunaan produk dalam negeri,” katanya dalam peluncuran buku KSK, Jakarta, Jumat (13/5).

Dalam rangkaian acara yang sama, Deputi Gubernur Senior Destry Damayanti menekankan pentingnya kebijakan otoritas yang dikalibrasikan, direncanakan dan dikomunikasikan dengan baik untuk menjawab berbagai tantangan yang masih akan mewarnai pemulihan ekonomi global dan domestik ke depan.

Adapun beberapa tantangan dimaksud, di antaranya ketegangan geopolitik Rusia Ukraina yang masih berlanjut dan dampak luka memar (scarring effect) pandemi covid-19 yang bersifat struktural.

“Untuk itu, Bank Indonesia terus berupaya menjaga momentum pemulihan melalui penguatan sinergi kebijakan nasional, termasuk didalamnya kebijakan makroprudensial akomodatif,” imbuhnya.

Dalam buku tersebut disebutkan sinergi kebijakan menjadi kunci stabilnya sistem keuangan, yang diwujudkan melalui bauran kebijakan nasional yang akomodatif.

Sistem keuangan tetap berdaya tahan, dan intermediasi melanjutkan perbaikan seiring dengan membaiknya kinerja korporasi dan rumah tangga (RT) serta persepsi risiko.

Dalam rangka mendorong fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas, BI melanjutkan bauran kebijakan yang mendukung pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan inovatif bersinergi dengan kebijakan KSSK.

Seiring dengan prospek pemulihan ekonomi, stabilitas sistem keuangan Indonesia diperkirakan tetap terjaga pada 2022, meskipun masih dihadapkan pada sejumlah tantangan yang perlu diwaspadai.

Adapun uraian lengkap buku KSK No.38 dapat diunduh dalam format digital melalui website Bank Indonesia.

Buku KSK adalah publikasi utama BI di bidang stabilitas sistem keuangan (SSK) yang diterbitkan setiap semester. Buku ini memberikan informasi yang komprehensif tentang hasil asesmen dan riset mengenai SSK Indonesia, serta memberikan informasi sinyal risiko kepada publik untuk melakukan upaya mitigasi risiko. KSK juga bertujuan membangun keyakinan publik terhadap SSK Indonesia saat ini dan ke depan.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER