c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

25 Mei 2024

11:43 WIB

AgenBRILink, Raih Cuan Sembari Dekatkan Akses Perbankan Warga di Sumbawa Besar 

  AgenBRILink merupakan perluasan layanan BRI, di mana agen menyediakan layanan perbankan secara langsung termasuk di wilayah 3T.

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Fin Harini

<p id="isPasted">AgenBRILink, Raih Cuan Sembari Dekatkan Akses Perbankan Warga di Sumbawa Besar&nbsp;</p>
<p id="isPasted">AgenBRILink, Raih Cuan Sembari Dekatkan Akses Perbankan Warga di Sumbawa Besar&nbsp;</p>

Ilustrasi. Gerai BRILink milik Wahyu Agusrianda di Jalan Delima, Pekanbaru. ANTARA/Bayu Agustari Adha

JAKARTA – Menggeluti profesi sebagai AgenBRILink menjadi hal yang tidak disangka-sangka oleh Merry Nurazizah. Perempuan yang kerap disapa Merry ini semula sangat awam tentang transaksi perbankan dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Kini, Merry menjadi AgenBRILink yang sukses di daerahnya, Desa Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya merasakan berbagai manfaat layanan perbankan, Merry juga mendapatkan penghasilan dengan menjadi AgenBRILink.

Salah satunya berupa program THR yang ia kantongi saat Lebaran lalu. "Selama Lebaran tetap jalan tidak ada tutup, dan alhamdulilah semakin ramai selama liburan. Karena ingin mengejar program THR, jadi tidak ada libur," ungkap Merry dalam keterangan resmi, Sabtu (25/5). 

Baca Juga: Bos BRI Pamer Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.400 Triliun

Seperti diketahui, AgenBRILink merupakan perluasan layanan BRI, di mana agen menyediakan layanan perbankan secara langsung. Layanan ini mencapai seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). 

Meskipun baru digeluti Merry sejak Maret 2023, terbukti ia mampu mendekatkan akses perbankan untuk warga di daerahnya. 

Dengan demikian, warga Desa Maluk tak perlu lagi bersusah payah menempuh perjalanan berkilo-kilo meter dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk setor tunai, tarik tunai, mencairkan dana bantuan sosial (Bansos), maupun melakukan pembayaran tagihan lain sebagainya ke kantor BRI Unit Sumbawa Besar. Hal ini lantaran adanya fitur Electronic Data Capture (EDC) mini ATM BRI di AgenBRILink tersebut.  

Meski begitu, menurut Merry, yang namanya membuka usaha di desa, tetap ada pasang surut, ditambah dengan minimnya modal tentu ini menjadi kendala yang tak bisa dihindari. 

Oleh karena itu, selain melayani setor tunai, tarik tunai, transfer, bayar tagihan listrik, pulsa, top up dompet digital dan sebagainya, Merry juga menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). 

Merry pun bisa menyalurkan pinjaman kepada warga sekitar, seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp10 juta kepada masyarakat di sana. 

Berkat inovasi yang dilakukan, Merry pun berhasil menarik minat para nasabah untuk menggunakan layanan AgenBRILink.  

“Untuk mencari para nasabah, bersosialisasi bersama masyarakat sekitar menjadi kunci utama yang harus dilakukan. Selain itu, kami aktif dalam melakukan promosi program-program BRILink,” imbuhnya.

Belajar dari para agen lainnya juga menjadi modal berharga dalam mengembangkan usahanya. Ia juga berupaya menjaga kepercayaan para nasabah. Bagi Merry, kepercayaan itu adalah modal utama yang harus dijaga dengan penuh integritas dan dedikasi. 

Economic Sharing
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, layanan AgenBRILink hadir untuk memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses layanan perbankan. 

Selain transaksi tarik tunai, juga terdapat layanan untuk kebutuhan harian masyarakat, seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lainnya. 

Baca Juga: BRI Catat Jumlah Agen BRIlink Lampaui Target 2023

“AgenBRILink merupakan bukti nyata economic sharing yang dilakukan oleh BRI, karena fee yang diperoleh para agen bisa mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima oleh BRI. Dengan menjadi agen, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan dan pada ujungnya dapat meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial mereka,” tutur Supari.  

Tercatat, sepanjang Kuartal I/2024, agen ini berhasil membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari 252,5 juta transaksi per Kuartal I/2023. Peningkatan tersebut diiringi dengan volume transaksi mencapai Rp370 triliun pada periode ini. 

Jumlah AgenBRILink juga meningkat 22,4% yoy dari 650.780 agen per akhir Maret 2023 menjadi 796.836 agen per Maret 2024.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar