c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

15 Desember 2017

17:38 WIB

Perluas Pasar, BNI Gandeng ‘Truemoney’ dan ‘Marketplace Mentimun’

Lewat 62 ribu Agen46 BNI, masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening, setoran, tarik tunai, pembelian pulsa dan token listrik, pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, PDAM hingga transaksi 'e-commerce'

Perluas Pasar, BNI Gandeng ‘Truemoney’ dan ‘Marketplace Mentimun’
Perluas Pasar, BNI Gandeng ‘Truemoney’ dan ‘Marketplace Mentimun’
Penandatangan kerjasama antara PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dengan PT Witami Tunai Mandiri (True Money) dan PT Dinamika Mitra Sukses Makmur (DMSM) dalam upaya mengoptimalkan transaksi Agen46 BNI. Dok Humas BNI

JAKARTA- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menggandeng PT Witami Tunai Mandiri (True Money) dan PT Dinamika Mitra Sukses Makmur (DMSM) dalam upaya mengoptimalkan transaksi Agen46 BNI. Keduanya dinilai bisa memperpanjang jangkauan layanan perbankan kepada masyarakat pedesaan.

Untuk Truemoney, melalui kerja sama ini terbuka kesempatan bagi 16.000 agen Truemoney untuk memperluas layanannya dengan menjadi Agen46. Sinergi BNI dengan True Money ini dimulai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilaksanakan di Jakarta, Jumat (15/12).

SEVP IT dan Digital Banking BNI Dadang Setiabudi, menuturkan, sebagai Agen46 BNI, agen aktif True Money Indonesia dapat memberikan layanan perbankan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. “Dengan demikian, kerja sama ini akan semakin memperluas jangkauan layanan perbankan BNI hingga ke daerah pelosok pedesaan di seluruh Indonesia,” ujar Dadang dalam keterangannya yang diterima Vaidnews, Jumat.

Dikatakannya, penambahan Agen46 yang juga menjadi Agen True Money ini akan memperkuat jaringan layanan yang saat ini sudah dimiliki BNI. Hingga akhir September 2017, BNI telah memiliki 2.102 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota.

Layanan BNI juga diperkuat oleh 17.966 ATM yang tersebar di 521 kabupaten/ kota, belum termasuk 6 (enam) ATM di Hong Kong dan Singapura. Adapun jumlah branchless banking yang merupakan Agen46 hingga periode yang sama adalah lebih dari 62.000 Agen46.

Sekadar mengingatkan, Agen46 merupakan kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan kepada masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan perbankan. Melalui Agen46, masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening, setoran dan tarik tunai, pembelian pulsa dan token listrik. Kemudian juga pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, hingga PDAM. Layanan ini masih terus berkembang.

”Sinergi dengan True Money merupakan bentuk nyata dari kolaborasi bank dengan Financial Technology (Fintech) serta semakin memperkuat awareness BNI sebagai digital banking,” tuturnya.

Direktur True Money Indonesia Nussy Aryanto mengaku sangat mengapresiasi BNI yang telah memberi kepercayaan kepada Truemoney Indonesia menjadi media kegiatan Laku Pandai. Dengan kerjasama ini, lanjutnya, layanan True Money menjadi semakin lengkap dan agen True Money dapat terus mengembangka  usaha mereka.

“Dari total 16.000 agen aktif yang dimiliki saat ini, saya optimis semuanya siap menjalankan layanan baru ini dan dapat berkontribusi untuk mewujudkan semangat Laku Pandai dalam memperluas layanan keuangan dan perbankan kepada masyarakat Indonesia yang memiliki akses terbatas,” ujarnya.

Sekadar informasi, Truemoney adalah layanan keuangan digital milik PT.Witami Tunai Mandiri, yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi seperti top up saldo, pembayaran tagihan, pembelian di merchant yang telah bekerjasama, dan transfer dana.

Setelah terlebih dulu hadir di Myanmar dan Kamboja, pada September 2015, True Money hadir di Indonesia sebagai bagian dari Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri dengan fokus kepada masyarakat non-banking. True Money merupakan salah satu dari tiga besar uang elektronik yang digunakan di Thailand.

Mentimum
Selain layanan keuangan di atas, lewat agen di pelosok, masyarakat dapat melakukan transaksi e-Commerce melalui Agen46 BNI. Hal ini dimungkinkan setelah BNI menjalin kerjasama dengan PT Dinamika Mitra Sukses Makmur (DMSM).

Asal tahu saja, DMSM merupakan perusahaan e-commerce di bawah PT Indivara Sejahtera Sukses Makmur (Indivara Group) yang bergerak dalam bidang penjualan elektronik, furniture dan consumer goods secara online.

DMSM memiliki program MENTIMUN yang mengelola aplikasi dan saat ini memiliki sekitar 3.000 warung fisik yang berbentuk toko kelontong dan pembelian barangnya menggunakan aplikasi MENTIMUN. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan perluasan bisnis yang dilakukan tim MENTIMUN.

Dadang menyatakan, melalui kerja sama dengan DMSM ini, disamping semakin memperkuat positioning Agen46 BNI di masyarakat khususnya masyarakat pedesaan, juga merupakan bentuk nyata dari kolaborasi Perbankan dengan perusahaan Financial Technology (Fintech). Kerja sama ini juga akan semakin memperkuat BNI sebagai Bank yang berkomitmen mengedepankan Digital Banking.

”Kami ingin menjadikan Agen46 sebagai seorang enterpreneur, tanpa bingung mencari barang dan tempat untuk berjualan dan mereka memiliki motivasi jualan. Lewat Mobile Aplikasi Agen46 yang terintegrasi dengan Aplikasi MENTIMUN semua ada dan apapun bisa di jual,” ungkapnya.

Sementara bagi DMSM, kemitraan ini mengkokohkan posisinya menjadi aplikasi yang handal dan terpercaya bagi pemilik usaha mikro kecil. “Kepercayaan BNI meminang kami sebagai mitra bisnis semakin memperluas jaringan cakupan layanan e- commerce MENTIMUN ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya kepada masyarakat rural,” kata Jusuf Sjariffudin, Presiden dan CEO Indivara Group menyatakan,

Kerja sama ini juga membantu meningkatkan penyerapan KUR (Kredit usaha Rakyat) dari BNI ke seluruh jaringan warung MENTIMUN. Selain itu, bagi Agen46 yang sudah memiliki warung yang bergabung dengan MENTIMUN akan memudahkan mereka untuk mendapatkan kebutuhan warung dengan harga yang lebih murah dan juga menambah jenis barang dagangan tanpa harus menambah modal.

“Benefit ini sesuai dengan tujuan lahirnya MENTIMUN yaitu meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan rakyat Indonesia sampai kepelosok negeri,” tambah Jusuf.

Saat ini MENTIMUN sudah terhubung dengan beberapa supplier besar di daerah-daerah yang tentunya akan dapat memenuhi barang-barang kebutuhan pokok di setiap warung Agen46. Terhubungnya MENTIMUN dengan supplier besar di daerah akan memudahkan pendistribusian kebutuhan barang pokok kesetiap warung Agen46. Sehingga warung Agen46 dapat menyediakan dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di masing-masing daerah.

Agen46 BNI nantinya dapat menjual sekitar 64.000 barang melalui aplikasi MENTIMUN dengan risiko sangat kecil. Barang yang dijual mulai dari elektronik, consumer goods, gadget, fashion, hingga accesoris gaming.

Pembeli dapat mencari barang yang dibutuhkan pada Aplikasi MENTIMUN yang telah terintegrasi dengan Aplikasi Agen46 kemudian memesan dan membayar kepada Agen46. Barang akan dikirim dan dipastikan aman karena pembeli sudah mengenal Agen46 BNI. (Faisal Rachman)

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar